Situ Ciburuy yang lebih menawan sekarang - WisataHits
Jawa Barat

Situ Ciburuy yang lebih menawan sekarang

Bandung Barat

Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini memiliki facelift setelah dipoles. Objek wisata pinggir jalan ini menjadi andalan baru di sepanjang Lembang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalya Praratya datang langsung pada Sabtu (13/8/2022) untuk meresmikan Situ Ciburuy yang telah dihidupkan kembali sejak 2019.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga terlibat penaburan benih ikan di Situ Ciburuy. Lalu berjalan menyusurinya sehingga tiba-tiba diserang oleh orang-orang yang sudah berkerumun sejak pagi.

“Alhamdulillah, Agustus 2022 Situ Ciburuy diresmikan. Jadi tempat yang dulunya tidak tertata dan booth yang lusuh sekarang bisa terlihat rapi dan bersih,” kata Kang Emil kepada wartawan.

Situ Ciburuy yang kini telah dipugar akan menjadi tempat peristirahatan atau peristirahatan bagi para pelancong yang melakukan perjalanan ke Bandung baik dari Sukabumi, Cianjur, Bogor, Jakarta dan sekitarnya atau sebaliknya.

“Jadi lagi-lagi tempat peristirahatan bagi yang dari Cianjur, Sukabumi, Bogor, Jakarta atau sebaliknya bisa singgah dulu karena ada kegiatan UMKM di sini serta warung kuliner sambil melihat Situ Ciburuy, tempatnya sudah representatif,” ujarnya. .

Ia mengungkapkan, total anggaran yang dikeluarkan untuk memoles situs bersejarah tersebut mencapai 32 miliar rupiah dari APBD Provinsi Jabar yang dilaksanakan dalam dua tahun anggaran, 2019 dan 2020.

“Agak macet karena COVID-19 tapi Alhamdulillah tahun 2022 semua sudah ready dan siap pakai. Nanti Dinas Sumber Daya Alam Jabar dan KBB akan merumuskan seperti apa keramaian di Situ Ciburuy akan membuat orang datang,” katanya.

Selain Danau Ciburuy, Kang Emil mengatakan masih banyak tempat lain yang bisa dijadikan sarana rekreasi masyarakat karena melewati pemukiman padat penduduk.

“Jadi konsepnya kalau danau jauh dari pemukiman, bisnisnya hanya ekosistem air. Tapi ketika (danau/situ) melintasi pemukiman, ada fungsi tambahan yaitu fungsi sosial dan rekreasi,” kata Emil.

Di Situ Ciburuy, pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil berwisata kuliner. Ada juga wahana permainan seperti perahu kayuh, perahu, dan spot foto.

(mso/mso)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button