Mahasiswa Fisipkom KKN Desa Citapen Maksimalkan Potensi Desa - WisataHits
Jawa Barat

Mahasiswa Fisipkom KKN Desa Citapen Maksimalkan Potensi Desa

BOGOR RADAR BOGOR, Mahasiswa Fisipkom (Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Informatika) Universitas Djuanda mengadakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor pada 18-22 Juli 2022.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Unida Gelar Pelatihan UMKM di Desa Sukakarya

Dari hasil KKN, mahasiswa Fisipkom Unida menemukan potensi desa wisata yang belum banyak diketahui masyarakat dan perlu disosialisasikan melalui media sosial seperti Instagram.

menerima mahasiswa baru di universitas bangsa nusa bogor

Hasil Riset Data Report 2022. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia akan mencapai 99,15 juta orang, atau setara dengan 35,7 persen dari total penduduk tahun 2022. Hal inilah yang melatarbelakangi mahasiswa Fisipkom dalam memberikan edukasi kepada Warga Citapen khususnya penggunaan instagram saat menampilkan potensi desa.

Kegiatan KKN Fisipkom Unida tercantum dalam surat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bogor. Nomor 424/4/21-Bakesbangpol, 14 Juni 2022 Tentang Rekomendasi Permohonan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Jurusan Manajemen dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer Universitas Djuanda, Bogor.

Untuk wilayah Desa Citapen, KKN dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Ilmu Komunikasi Fisipkom Unida, Agustini, yang menyampaikan bahwa KKN ini memiliki tujuan yang sangat penting bagi para pemuda Desa Citapen yaitu untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam menghadapi media sosial. dari Instagram.

“Untuk itu saya membimbing mahasiswa kelompok 2 pagi dan siang ini, dalam menyusun rencana awal survey pendahuluan, dalam penulisan proposal penelitian, dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang hasilnya saya harap dapat diketahui oleh masyarakat. dari desa Citapen bisa,” ujarnya, Senin (18/7/2022) di Kabupaten Ciawi.

Kemudian Dian Septarina selaku Ketua Pelaksana KKN Group menyampaikan bahwa sangat penting untuk menggunakan media Instagram di era digital ini. Penggunaan Instagram memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi apapun bahkan saat mempresentasikan desa.

“Dari hasil evaluasi kami, ternyata anak-anak muda di Desa Citapen memiliki potensi dan sangat aktif di desanya. Seperti organisasi kepemudaan di Desa Cigaok, RI 002/Rw 007, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor yang berbentuk keterampilan berpikir kreatif Di bidang wisata alam, Cigaok River Tubing memiliki taman bermain sungai yang sangat indah, tempat berkemah dan Paviliun Saung. Namun sangat kurang dalam pengenalan pariwisata, sehingga perlu penguatan digital branding bagi pemuda Karang Taruna Desa Citapen,” jelas Dian di Kampung Cigaok Citapen, Sabtu (23/7/2022).

Kegiatan KKN ini juga disambut baik oleh H. Eman Sulaeman selaku pimpinan Desa Citapen. Ia mengatakan mahasiswa harus berperan dalam meningkatkan kapasitas pemuda di Desa Citapen agar hasil perkuliahan di kampus dapat diimplementasikan di kalangan warga.

“Saya sangat senang dengan kedatangan mahasiswa Universitas Djuanda ini, seharusnya peran mahasiswa meningkatkan kapasitas pemuda Desa Citapen dalam hal media sosial,” ujarnya antusias.

Eman juga berharap hasil KKN Mahasiswa Fisipkom ini dapat dilihat oleh seluruh masyarakat desa dan dapat meningkatkan branding Desa Citapen.

Baca Juga: Unida Luluskan 486 S1 dan S2, Membangun Manusia Berilmu dan Setia

Thoriq salah satu pemuda Desa Citapen yang mengikuti kegiatan KKN Fisipkom Unida mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Fisipkom atas ilmu yang dibagikan selama beberapa hari ini.

“Kegiatan ini menyadarkan saya dan pemuda desa Citapen saya untuk lebih sadar akan peradaban dan beradaptasi dengan perubahan. Saya juga berterima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa atas ilmunya tentang pemuda desa kita,” ujarnya. (Fahriza Permana-KKN)

Penerbit: Joseph

Source: www.radarbogor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button