Situ Ciburuy Jawa Barat direvitalisasi total - WisataHits
Jawa Barat

Situ Ciburuy Jawa Barat direvitalisasi total

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Tempat Wisata Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat pada Sabtu 13 Agustus 2022. Tempat wisata tersebut telah dihidupkan kembali sejak tahun 2019 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 32 miliar.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil, proses resusitasi Situ Ciburuy sempat terhenti akibat pandemi COVID-19. Namun, proyek tersebut akhirnya selesai setelah menggunakan anggaran dua tahun dari APBD Provinsi Jawa Barat.

“Anggaran sebesar Rp 32 miliar dari APBD provinsi itu kemudian dilaksanakan pada dua tahun anggaran 2019 dan 2022. Agak lambat gara-gara Covid-19, tapi alhamdulillah bisa dipakai tahun 2022,” kata Emil dari Situ Ciburuy, KBB, Jawa Barat, Sabtu 13 Agustus 2022. .

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Emil mengatakan wajah baru Situ Ciburuy merupakan upaya meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, seringkali menjadi magnet bagi wisatawan yang datang untuk berekreasi.

“Untuk tempat-tempat yang dulu tidak tertata, warung-warung lusuh terlihat bersih dan rapi, warga bisa berinteraksi,” ujarnya.

Situ Ciburuy mampu menampung hingga 1,2 juta meter kubik air baku bahkan menjadi sumber irigasi bagi persawahan di sekitarnya. Karena letaknya yang dekat dengan pemukiman, danau tersebut harus dimanfaatkan oleh warga karena memiliki nilai ekonomi.

“Ini merupakan hadiah bagi warga KBB untuk menambah pusat-pusat pariwisata yang sudah luar biasa,” kata Emil.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan wajah baru Situ Ciburuy tentu akan mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Apalagi saat ini pariwisata di KBB masih sering terkonsentrasi di kawasan Lembang, sehingga kehadiran wajah baru di sana bisa menjadi daya tarik wisata.

“Situ Ciburuy sudah berubah, semakin cantik dan indah. Semoga menjadi kebanggaan masyarakat Desa Ciburuy dan menambah pendapatan daerah,” kata Hengky.

(MEL)

Source: www.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button