Bunga Rafflesia yang bermekaran di Kebun Raya Bogor dapat dilihat oleh semua pengunjung - WisataHits
Jawa Barat

Bunga Rafflesia yang bermekaran di Kebun Raya Bogor dapat dilihat oleh semua pengunjung

KOMPAS.com – bunga Rafflesia arnoldii R.Br, atau dikenal juga dengan nama Teratai Raksasa, pertama kali mekar di luar habitatnya di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. Bunga ini juga bisa dilihat oleh wisatawan dengan sejumlah aturan.

“Meskipun diameternya tidak lebih dari 60 cm, jenis ini dapat diidentifikasi Rafflesia arnoldii R.Brkata Sofi Mursidawati, peneliti dan kurator koleksi Rafflesia di Kebun Raya Bogor (KRB). Kompas.com diterima, Rabu (14/9/2022).

Baca juga:

Lokasi bunga Rafflesia ada di Plant Collection pendaki Area Jalan Kenari Dua, dekat Taman Astrid.

Bunga ini bisa dilihat langsung oleh para pengunjung. Namun, pengunjung yang berada di lokasi tidak diperbolehkan melewati pagar yang telah didirikan.

“Untuk menjaga proses mekarnya bunga dari kuncup hingga bunga mekar sempurna, kami melakukan tindakan perlindungan bunga.” Rafflesia arnoldii melalui perlindungan berlapis agar pengunjung tidak langsung masuk ke lokasi, namun pengunjung tetap bisa melihat secara langsung, hanya beberapa meter dari lokasi bunga,” ujar GM Corporate Communication Kebun Raya Zaenal Arifin. Kompas.comRabu.

Selain peneliti yang terus mengawasi 1 x 24 jam, juga ada pemandu yang ditempatkan untuk membantu pengunjung dan memantau agar proses pelestarian perkembangan bunga Rafflesia sempurna.

Saat ada kerumunan pengunjung yang ingin melihat bunga rafflesia, rombongannya juga telah menyediakan layar besar yang menampilkan penampakan bunga tersebut.

“Kami menyediakan layar LCD besar yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung melalui layar besar tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor Resmikan Wahana Anggrek Griya Baru

Upaya pelestarian Rafflesia di luar habitatnya telah berlangsung sejak tahun 1818

Pemandu bersama pengunjung Kebun Raya Bogor yang ingin melihat bunga Rafflesia ArnoldiDokumentasi Kebun Raya Bogor Pemandu bersama pengunjung Kebun Raya Bogor yang ingin melihat bunga Rafflesia Arnoldi

Sofi menyampaikan upaya perlindungan bunga di luar habitatnya di Bengkulu (di tempat) sudah berjalan sejak tahun 1818 dan belum juga membuahkan hasil.

Kemudian, pada tahun 2006, para peneliti di Kebun Raya Rafflesia Bogor melakukan upaya penanaman benih Rafflesia arnoldii R.Br dari Bengkulu di vac. XVII, yaitu kumpulan spesies menjalar (pendaki). Ini mencakup tujuh spesies Tetrastigma, yang merupakan inang Rafflesia.

Setelah 16 tahun usaha budidaya, beberapa umbi bunga muncul pada awal September 2022, salah satunya mekar pada 12 September 2022.

Baca juga:

Dikenal, Rafflesia Arnoldi R.Br pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold, yang mengikuti ekspedisi Thomas Stamford Raffles.

Nama bunga ini juga berasal dari nama penemunya yang merupakan gabungan dari Raffles dan Arnold.

Diketahui terdapat 33 spesies Rafflesia di dunia dan 14 spesies di antaranya tumbuh di Indonesia, 11 spesies di antaranya endemik Sumatera.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Bogor Bergaya Eropa, Terasa Mancanegara

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button