Sirkuit Lombok Mandalika Dikonfirmasi Siap untuk WSBK 2022 - WisataHits
wisatahits

Sirkuit Lombok Mandalika Dikonfirmasi Siap untuk WSBK 2022

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memastikan event sport tourism kelas dunia World Superbike (WSBK 2022) siap digelar untuk kedua kalinya di Sirkuit Mandalika.

Ajang wisata olahraga kelas dunia akan digelar pada 11-13 November 2022.

Menparekraf Pastikan Sirkuit Lombok Mandalika Siap untuk WSBK 2022Sirkuit Lombok Mandalika Siap WSBK 2022, foto: Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Senin (10/10/2022), menyampaikan beberapa hal.

Persiapan pelaksanaan WSBK 2022 terus dilakukan bersama semua pihak, mulai Dorna Olah Raga, MGPA, ITDC, Pemprov NTB dan seluruh pihak terkait.

“Saya mengapresiasi persiapan yang terus dilakukan dengan baik antara lain Pemprov NTB bersama pemerintah daerah, stakeholders, industri pariwisata di NTB dan banyak pihak dalam mempersiapkan acara ini” ,

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Deputi Produk Pariwisata dan Event Organizer Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani menjelaskan, Kementerian Pariwisata sebelumnya telah menandatangani kesepakatan dengan Dorna Sports selaku promotor dan pemegang lisensi WSBK untuk penyelenggaraan WSBK 2022 di sirkuit Mandalika. .

“Tiga minggu lalu kami menandatangani dengan Dorna untuk pelaksanaan WSBK ini dan mereka sangat menghargai koordinasi yang baik dengan ITDC, MGPA dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”,

kata Rizki Handayani.

Dari berbagai persiapan tersebut, salah satu hal yang menjadi perhatian Dorna Sports dan FIM (Fédération Internationale des Sports Motocyclistes) adalah perbaikan lintasan sirkuit.

Yakni, pembenahan permukaan lintasan utama dengan pengaspalan lintasan, penambahan jarak bebas di beberapa tikungan yaitu 10, 11 dan 12, serta mengubah tepi jalan di beberapa sudut trotoar biasa di Misano Curb guna meningkatkan standar keselamatan.

“Mereka sangat senang dengan acara di Indonesia dan dengan sirkuit yang terus ditingkatkan dan ditingkatkan, mereka senang dan menganggapnya standar.

Setelah MotoGP dan WSBK berkembang, tentunya penggemar motor di Indonesia akan semakin banyak,”

kata Rizki Handayani.

Sementara itu, Ketua Pelaksana MGPA Priandhi Satria menjelaskan, dengan meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan, pihaknya tengah mempersiapkan upaya mitigasi untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin timbul.

Seperti diketahui, dalam penyelenggaraan MotoGP hal ini menjadi salah satu sorotan.

Saat ini, ITDC dan MGPA telah menyiapkan 9.116 tempat parkir untuk menampung kendaraan penonton sehingga bisa diparkir lebih dekat ke sirkuit.

“Di WSBK, kami mencoba mendekatkan tempat parkir.

Jadi kami telah membuat cukup tempat parkir yang dapat menampung lebih banyak kendaraan.

dia berkata.

Bekerja sama dengan Pemprov NTB, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai kegiatan pendukung. Salah satunya adalah “Lombok Sumbawa Fair” yang akan mempromosikan kerajinan tangan, seni kuliner, seni pertunjukan dari budaya lokal dan nilai kearifan lokal Indonesia.

Saat ini, tiket WSBK 2022 dapat dibeli secara online melalui aplikasi Xplorin dan mitra tiket.

Wakil Sekjen MGPA Joko Santosa menambahkan, nantinya pengunjung akan merasakan menyaksikan acara balap motor kelas dunia sekaligus hiburan.

Pertama-tama, kata Joko, dalam hal balap, masyarakat akan merasa lebih dekat dengan motor, pebalap dan juga tim balap. Nantinya juga akan ada paddock show dimana pengunjung bisa mendekati panggung penyerahan piala.

“Selain itu, ada acara sampingan lain berupa penampilan artis yang akan kami umumkan pada waktu yang tepat,”

kata Joko.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang hadir secara online pada kesempatan tersebut mengajak semua pihak untuk mendukung dan berpartisipasi menggemakan pelaksanaan WSBK agar terselenggaranya event sport tourism kelas dunia ini dapat memberikan dampak yang luas bagi masyarakat NTB. .

“Kami mengajak semuanya untuk datang ke Lombok dan Lombok siap mempersembahkan World Superbike”,

ujar Zulkiefliemansyah.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button