Pantai Air Manis Padang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Air Manis Padang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – pantai air tawar salah satu tempat wisata pantai favorit penuh legenda di kota bidang. Pantai yang indah dengan hamparan pasir berwarna coklat keputihan, ombak yang bersahabat dan pemandangan yang sangat indah.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Air tawar, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pesona yang hadir di seantero nusantara tidak hanya didasarkan pada keunikan tempat-tempat tertentu yang menampilkan alam atau keindahan lainnya. Banyak cerita rakyat atau epos yang beredar di masyarakat Indonesia tercipta karena mengandung bukti fisik atau unsur cerita yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya Pantai Air Manis di Padang yang menjadi latar cerita rakyat yang populer di kalangan anak kecil, yaitu Malin Kundang. Oleh karena itu, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, itulah sebabnya orang berlomba-lomba datang ke sini.

Apalagi panorama alam juga tersaji disana begitu indahnya sehingga setiap orang yang datang akan terpukau dengan keindahannya. Pemandangan di sana dihiasi oleh hamparan pasir lembut yang menyatu dengan bebatuan di sekitarnya. Tanaman di sana juga menghiasi sekitarnya dengan apik, yang membuat pesonanya semakin kuat.

Atraksi di Pantai Air Manis

Atraksi Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Caesario Kisty

1. Kisah Fenomenal Malin Kundang

Kisah anak durhaka yang tidak memikirkan ibunya sudah dikenal masyarakat Indonesia. Pasalnya, cerita tersebut sudah dituturkan sejak zaman SD bahkan pendidikan awal. Kisah tersebut memberikan pelajaran yang sangat mendalam, terutama bagi anak-anak, tentang pengabdiannya kepada orang tua.

Mengapa cerita ini begitu terkait dengan pantai indah di pulau Sumatera ini? Karena bebatuan yang dikatakan sebagai bukti kebenaran cerita itu ada disana. Pengunjung dapat melihatnya dengan leluasa secara langsung saat berlibur di salah satu destinasi utama di kawasan Padang.

Di terumbu karang di sekitar Pantai Air Manis terdapat batu karang yang mirip sekali dengan manusia yang menyatu dengan batu tersebut. Seorang pria tampaknya mengemis tetapi telah berubah menjadi batu. Tempat ini sering menjadi objek yang diserbu wisatawan yang datang.

Tak jarang orang rela datang dari berbagai daerah di Indonesia hanya untuk melihat bebatuan. Apalagi ternyata beberapa turis asing juga tertarik karena sudah mendengar dan mengetahui ceritanya. Tidak bisa dipungkiri keberadaannya menarik banyak orang untuk mengunjungi objek tersebut.

2. Hamparan pasir yang bagus

Inilah salah satu daya tarik pengunjung untuk datang dan berkunjung ke Pantai Air Manis. Pasir pantai di sana berwarna coklat muda. Di beberapa titik pasir tampak semakin cerah sehingga hampir terlihat seperti putih bercampur sedikit cokelat. Teksturnya yang lembut akan membuat kaki langsung nyaman menginjaknya.

Hal itu membuat banyak orang betah berlama-lama di sana. Tak bisa dipungkiri bahwa pasir di sana mampu menghipnotis wisatawan agar betah disana untuk berekreasi. Banyak yang bisa dilakukan dengan lanskap juga. Suasana semakin seru saat air laut membasahi seluruh permukaan.

3. Ombak yang bersahabat

Air laut di sana menghantam pantai dengan cukup kuat. Hal ini membuat ombak dari objek wisata tersebut dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal seperti berselancar. Suara deburan ombak yang kencang juga membuat suasana semakin sejuk dan seru. Namun, tidak perlu khawatir karena ombak di pantai ini tergolong aman dan tidak berbahaya bagi wisatawan.

4. Suasana saat matahari terbenam

Atraksi Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Fauzi ST

Momen saat matahari terbenam memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana. Peristiwa alam sehari-hari ini akan membuat penampilan di sana luar biasa indah. Ini akan memukau orang-orang yang sedang berlibur sambil menghabiskan waktu mereka.

Bentuk pantainya yang landai memungkinkan wisatawan yang hadir untuk melihat matahari dengan jelas dan leluasa. Matahari memancarkan sinarnya ke seluruh penjuru langit sehingga berwarna jingga kuning agak kemerahan.

Dengan suasana ini, pengunjung bisa leluasa hadir menikmati waktu yang berlalu. Ada banyak tempat seperti pondok-pondok untuk beristirahat dan bersantai sejenak untuk semua wisatawan yang hadir.

5. Pulau Pisang Ketek

Di sisi lain pantai Air Manis terdapat lahan kecil yang ditumbuhi berbagai vegetasi alami yang membuatnya hijau. Pulau mini ini berjarak setengah kilometer dari bibir pantai.

Untuk mencapainya, pengunjung tidak memerlukan bantuan alat atau transportasi air. Wisatawan dapat mengunjunginya secara langsung dengan menyusuri laut dangkal. Namun, pada malam hari sedang terjadi pasang surut air laut, sehingga Anda harus menggunakan perahu jika ingin singgah di pulau yang bernama pisang kecil tersebut.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Air Manis

Aktivitas menarik di Pantai Air ManisKredit Gambar: Google Maps euis widianti

Pantai ini terletak di pesisir barat tanah Andalas, tepatnya di provinsi Sumatera Barat. Keberadaannya jika dari jantung ibu kota provinsi, yang berjarak sekitar sepuluh kilometer. Destinasi wisata ini berada di punggung gunung dengan nama yang sama dengan kotanya.

Karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari keramaian Kota Padang, tidak perlu repot saat ingin mencapainya. Pengunjung yang ingin ke sana dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau bus. Selain itu, ada juga angkutan umum yang menyediakan rute menuju ke sana.

Pengunjung hanya perlu menempuh jalan Lubuk Buaya menuju Pasar Raya. Setelah itu lanjutkan melalui bagian atas kota. Untuk melewatinya, Anda harus melewati salah satu jalan raya, yaitu Teluk Bayur. Sampai di perempatan, terus lurus hingga sampai di lokasi Pantai Air Manis.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai di bagian utara Sumatera ini, Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Pihak pengelola atau pemerintah setempat tidak mematok harga khusus untuk bisa leluasa menikmati waktu dan tempat di sana. Namun, hanya biaya tambahan tertentu yang perlu dibayar.

Diantaranya adalah biaya parkir kendaraan pribadi. Jika menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda dua, biaya yang harus dibayarkan hanya Rp2.000. sedangkan jika ingin menggunakan kendaraan roda empat kecil seperti mobil, pemerintah membayar Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Air Manis

Aktivitas menarik di Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Marsanto Hary

1. Berjalan menyusuri pantai

Dengan bentuknya yang landai dan pasir pantai yang lembut, destinasi wisata Pantai Air Manis ini cukup cocok untuk menjernihkan pikiran. Pengunjung dapat menelusuri setiap detail area.

Itu adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang datang ke sana. Pasalnya, dengan garis pantai yang memanjang, tempat ini menjanjikan untuk dinikmati oleh mereka yang menyukai petualangan.

2. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Memotret pemandangan sekitar adalah salah satu hal yang bisa dilakukan di sana. Banyak hal yang bisa menjadi latar belakang yang cocok untuk foto yang diambil. Apalagi beberapa di antaranya juga menjadi objek yang cocok untuk menunjang foto portrait yang akan diambil.

Tidak hanya menampilkan panorama yang sangat indah, ada juga batu karang yang terlihat seperti orang yang sedang memuja. Ya, patung itulah yang dianggap sebagai bukti cerita Malin Kundang. Ini adalah obyek yang cocok untuk menunjang hasil jepretan saat berkunjung ke sana.

Dari segi keindahan alam, pantai ini juga menawarkan pesona yang tak kalah indah dengan tempat lain. Pemandangan alam dapat menjadi latar yang tepat bagi wisatawan untuk berfoto untuk mengabadikan momen di tempat tersebut.

3. Mainkan sepeda gunung

Ada persewaan salah satu kendaraan wisata seru ini di Pantai Air Manis. Tarif untuk menikmati bersepeda gunung sekitar Rp 100.000 per jam. Ini akan sangat berguna bagi siapa saja yang ingin menjelajahi kawasan wisata dengan sesuatu yang berbeda.

4. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Objek wisata pantai selalu menampilkan keanggunan matahari saat bersiap mulai menyinari bumi, hingga selesai melakukannya. Pantai tidak terkecuali. Di sana, pengunjung bisa menikmati fenomena saat matahari hendak muncul menyinari seluruh permukaan bumi. Fenomena alam ini bisa dilihat pada pagi hari.

Sifatnya yang terbuka membuatnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, pengunjung harus mempersiapkan diri terlebih dahulu agar dapat menikmati acara ini. Namun, alternatif lain yang sering disukai wisatawan adalah sunset. Ini akan menampilkan semburan cahaya indah yang menghiasi cakrawala.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Air Manis

Hotel Mercure PadangKredit gambar: Twitter Tempat Wisata Salika

1. Bungalo Bukit Air Tawar

Terletak tidak jauh dari lokasi wisata tersebut, hostel ini disewakan dengan harga kurang dari Rp 400.000. Para tamu yang datang juga diuntungkan dengan berbagai fasilitas seperti restoran, wifi dan tempat parkir yang cukup luas.

2. Hotel murah dekat pelabuhan

Berada di tempat yang cukup dekat dengan pantai, harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan hostel sebelumnya. Para tamu yang ingin menginap juga dapat menikmati fasilitas seperti AC, wifi, parkir, dll.

3. Merkuri Padang

Penginapan ini berjarak lebih dari lima kilometer dari lokasi wisata. Venue kelas menengah ini akan menyediakan berbagai fasilitas bagi para tamu yang ingin bermalam. Diantaranya adalah kolam renang, jaringan wifi, restoran dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Air Manis Padang

Fasilitas Pantai Air Tawar PadangKredit gambar: Google Maps SA

Berkunjung ke sana untuk menghabiskan waktu berlibur bukanlah sesuatu yang rugi bagi wisatawan. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan. Beberapa di antaranya adalah toilet kabin, tempat istirahat, pantai untuk bermain, dll.

Pantai Air Manis yang sarat akan nilai budaya memang menjadi salah satu ikon kota Padang. Lebih dari itu, juga merupakan representasi dari nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat Melayu dan meluas ke seluruh wilayah nusantara. Berlibur ke sana akan membuat pengalaman yang tak terlupakan karena keindahan alam dan patung Malin Kundang di satu sisi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button