Pantai Samas Bantul, pesona wisata tepi laut yang eksotis dan taman bunga matahari - WisataHits
wisatahits

Pantai Samas Bantul, pesona wisata tepi laut yang eksotis dan taman bunga matahari

Harga tiket: Rp 4.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Samas dikenal sebagai destinasi wisata favorit anak muda sejak boomingnya pantai ini pada tahun 2019. Pasir hitam berpadu dengan ombak yang menggulung menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Pengunjung yang berkunjung ke pantai ini bisa bersantai dengan pemandangan yang indah. Panorama yang ditawarkan pantai ini menunjukkan luasnya lautan yang jauh dari kata ramai. Lelah setelah bekerja, atau bosan dengan aktivitas yang sama.

Anda bisa menghilangkan rasa bosan tersebut dengan mengunjungi wisata Pantai Samas Bantul. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin datang dan menenangkan diri sambil bersantai.

Atraksi Pantai Samas

Pantai SamasKredit gambar: Google Maps Susatyo Budi Widagdo

1. Panorama indah yang disajikan

Tidak heran jika pantai Samas memiliki pemandangan yang indah. Ombak besar bergulung-gulung di birunya lautan. Sehingga menjelang siang pun udara di sekitar pantai tetap sejuk. Ombak ini membawa angin sepoi-sepoi yang bisa menenangkan jiwa wisatawan yang datang. Banyak pengunjung yang betah berlama-lama di pantai ini.

Tidak hanya ombaknya yang indah, perpaduan biru laut dan pasir hitam juga menambah keindahan pantai ini. Belum lagi tempatnya yang tidak ramai menambah keunikannya. Banyak wisatawan yang datang ke sini bersama keluarga dan menjadikannya sebagai tempat rekreasi wisata yang indah.

Senja menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat senja. Nah, jika waktu sore sudah dekat, tepatnya sebelum matahari terbenam. Pantai ini akan menawarkan Anda ketinggian keindahannya. Pemandangan eksotis tak luput dari pantai pasir hitam ini. Banyak orang mengabadikannya dalam foto.

2. Ada kawasan konservasi penyu

Penyu adalah hewan yang kini terancam punah. Dijuluki kura-kura Asia Tenggara, ia terancam punah karena berbagai faktor buatan manusia. Perusakan habitat akibat eksploitasi laut secara besar-besaran, perburuan penyu dan perubahan iklim akibat pemanasan global merupakan faktor-faktor yang membuat penyu terancam punah.

Untuk mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi, pemerintah juga telah membuat kawasan konservasi penyu. Konservasi penyu ini bertujuan untuk menyelamatkan populasi penyu dari kepunahan. Di kawasan konservasi ini, sistem kekebalan penyu akan diperkuat dan akan menjauhkan penyu dari predator.

Konservasi penyu juga tersedia di Pantai Samas. Ada empat jenis penyu yang biasa bertelur di sini, yaitu penyu sisik, penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing. Dengan adanya konservasi penyu, pengunjung yang datang bersama keluarganya dapat menambah wawasan sekaligus kepedulian terhadap populasi penyu. Dengan adanya konservasi penyu juga mendatangkan banyak wisatawan.

3. Ada taman bunga matahari

Tempat wisata lain yang juga menjadi daya tarik pantai ini adalah taman bunga matahari yang indah. Sebelumnya, taman indah ini tidak dibuka untuk umum. Pemilik taman bunga matahari yang indah ini memiliki hobi menanam bunga matahari untuk melindungi cabainya dari hembusan angin. Namun karena keindahannya yang tidak kalah dengan objek wisata utama, taman ini juga menjadi populer.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Samas

Alamat Pantai SamasKredit gambar: Google Maps Sumantyo Kartika Nugroho

Pantai Samas merupakan tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati ketenangan yang disajikan disana. Pantai ini terletak di Yogyakarta dengan jarak sekitar 35 km jika diukur dari Yogyakarta. Akses menuju pantai ini cukup mudah karena jalannya sudah dibuat dengan baik. Bahkan pengunjung tidak akan menemui kerusakan atau lubang.

Waktu tempuh untuk mengunjungi pantai eksotis ini sekitar 1 jam jika dihitung dari pusat kota Yogyakarta. Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan kemacetan yang akan datang jika liburan mendatang. Pantai ini memiliki akses jalan yang cukup kosong, yang akan meminimalisir kemacetan lalu lintas. Meski tidak ramai, liburan akan menyambut banyak wisatawan.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta bisa langsung menuju ke Jalan Bantul. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa melalui Jembatan Janti. Setelah sampai di Jalan Bantul, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke simpang empat di Palbapang kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Samas. Begitu sampai di tempat wisata, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan setapak untuk kemudian sampai di tempat wisata.

Tidak hanya terkenal dengan pasir hitamnya yang berpadu dengan ombak yang menggulung. Pantai Samas juga terkenal dengan tarifnya yang terjangkau. Mungkin itu sebabnya di tahun 2019 pantai ini sedang booming di kalangan anak muda. Karena panorama yang disuguhkan begitu memanjakan mata dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi objek wisata ini juga terbilang terjangkau.

Bagi pengunjung yang berniat bersantai di sini menggunakan angkutan umum seperti bus, pengunjung bisa menyiapkan dana sekitar Rp 70.000. pengunjung akan dibawa dari Yogyakarta ke tempat-tempat wisata. Tidak perlu memikirkan kebosanan di dalam bus, jalan menuju pantai ini cukup indah karena pengunjung akan diajak melihat luasnya persawahan, perbukitan, hingga pegunungan yang sangat indah.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Samas

Aktivitas Seru di Pantai SamasKredit gambar: Google Maps Hartono Budi

1. Bersantai dikelilingi panorama yang luar biasa

Hal yang paling dicari oleh wisatawan yang ingin datang ke Pantai Samas adalah keindahan yang disuguhkannya. Pasir hitam dengan ombak yang besar menggulung dan birunya lautan seakan dipuja oleh semua orang yang berkunjung ke sini. Meski jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini tidak begitu ramai, namun karena tidak ramai itulah yang membuat pantai ini menjadi favorit para pencari ketenangan.

Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan yang disuguhkan dengan bersantai di pinggir pantai. Di kawasan ini juga ditumbuhi pohon pinus yang tampak anggun tersapu oleh angin yang ditimbulkan oleh ombak. Santai tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak sekaligus makan, wisatawan bisa bersantai dan menyantap makanan olahan yang dijual oleh warung makan di sini.

2. Menambah pengetahuan konservasi penyu

Edukasi tentang pentingnya memelihara hewan yang termasuk dalam status terancam punah adalah suatu keharusan. Menyadari hal ini akan membuat seseorang lebih peduli terhadap hewan yang terancam punah. Tidak hanya peduli dengan hewan-hewan ini, tetapi juga meningkatkan kesadaran tentang habitat hewan langka yang terancam punah.

Di tempat wisata ini juga terdapat konservasi penyu. Pengunjung yang datang ke Pantai Samas juga bisa mengunjungi tempat konservasi penyu ini. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang berencana membawa keluarga. Karena selain liburan yang menyenangkan, anak-anak juga akan dididik dengan adanya kawasan konservasi penyu di sini.

3. Berfoto di taman bunga matahari yang indah

Seperti namanya, bunga ini berbentuk seperti matahari. Tidak sedikit orang di dunia ini yang menyukai bunga matahari. Warnanya yang cerah seolah membawa keceriaan bagi setiap orang yang melihatnya. Mengikuti tren saat ini, yang terutama bertema estetika, telah meningkatkan peringkat bunga matahari dan semakin dicintai oleh banyak orang.

Untuk melihat keindahan bunga matahari, wisatawan pantai tidak perlu melenceng jauh dari kawasan wisata. Wisatawan bisa mendapatkannya di area dekat pantai. Di sini terdapat taman bunga matahari yang sangat indah, banyak orang memanfaatkannya sebagai area selfie.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiKredit gambar: Google Maps IR Aprianto

1. OYO 1533 The Ocean of Paris

Hostel ini mengusung tema alam yang dibalut dengan minimalis. Di area relaksasi terdapat area terbuka hijau dengan pepohonan dan beberapa tanaman yang mengelilinginya. Area kamar tidur juga didesain minimalis namun tidak ketinggalan tema kemewahan. Tempatnya yang bersih juga menjadikan hostel ini ideal bagi wisatawan Pantai Samas yang ingin menghadirkan suasana pantai di dalam hostel.

2. Hostel Kinasih Puncak

Hostel ini mengusung tema sederhana. Di sini terdapat gazebo kayu dan bambu yang memberikan nuansa tradisional pada hostel ini. Spot foto juga tersedia disini, di rooftop bermalam tamu bisa melihat laut biru sambil menyantap menu.

3. Resor & Galeri Puri Brata

Hotel berbintang dua ini mengusung tema tradisional Jawa yang sangat kental. Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai karya seni Jawa di sekitar area hotel. Menu yang ditawarkan juga merupakan menu tradisional, namun dengan gaya yang khas dan rasa yang lezat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Samas Bantul

Fasilitas di Pantai Samas BantulKredit gambar: Google Maps Mukdin Manik

Meski pantai Samas relatif sepi pengunjung, namun fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Berbagai fasilitas yang disediakan pengelola bertujuan agar pengalaman liburan wisatawan bersama keluarga semakin menyenangkan. Dengan demikian, wisatawan yang datang tidak perlu khawatir dengan berbagai hal terkait fasilitas di sini karena lengkap.

Fasilitas umum seperti mushola, toilet, tempat parkir, warung makan dan kafetaria. Sementara itu, fasilitas pendukung seperti kawasan konservasi penyu, taman bunga matahari, dan taman bermain tersedia di sini. Pengunjung yang datang kesini bisa membawa keluarga untuk berlibur, selain pemandangannya yang indah, berbagai keuntungan lain juga bisa didapatkan.

Inilah hal tentang Pantai Samas di Bantul yang telah dirangkum di atas. Meski jarak pantai ini tidak terlalu jauh dari kota, namun kebersihan pantai ini patut diacungi jempol. Begitu juga dengan adanya konservasi penyu yang dapat membawa manfaat bagi penyu serta banyak orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button