Jatiluhur Water World, destinasi liburan keluarga seru di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

Jatiluhur Water World, destinasi liburan keluarga seru di Purwakarta

Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jatimkar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara karena memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu destinasi wisata yang patut Anda nikmati di kawasan ini adalah Jatiluhur Water World. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki berbagai pesona yang menakjubkan.

Jatiluhur Water World sendiri merupakan salah satu tempat wisata air yang paling populer di mata masyarakat Indonesia. Dengan konsep wisata bahari, wisatawan yang datang ke sana bisa dari segala usia, terutama anak-anak. Tak heran jika dunia air selalu ramai dan ramai dikunjungi wisatawan.

Wisatawan yang berada di Jawa Barat tepatnya di Purwakarta sebaiknya singgah di Jatiluhur Water World untuk bersantai. Ada kegiatan tertentu yang harus dilakukan di sana karena sangat menyenangkan. Anda bisa berlibur di tempat ini bersama kerabat atau teman.

Atraksi Jatiluhur Water World

Objek Wisata Jatiluhur Water WorldKredit gambar: Google Maps Mine de Raras

1. Suguhan utama berupa kolam renang

Seperti namanya, Jatiluhur Water World memiliki konsep wisata air yang kenikmatan utamanya adalah kolam renang. Pengelola tur menyediakan kolam renang yang bagus dengan total 5 kamar. Ada 2 kolam untuk dewasa dan 3 kolam dangkal untuk anak-anak.

Khusus untuk kolam renang anak, ukurannya tidak terlalu besar, namun sangat berguna untuk menyejukkan diri dan bermain bersama anak. Kolam renang memiliki kedalaman yang disesuaikan dengan ukuran umum anak-anak. Sementara itu, kolam yang disediakan untuk wisatawan dewasa berstandar olimpiade.

Dengan ukuran standar ini, wisatawan dewasa tidak hanya bisa bermain air tapi juga berolahraga. Sama halnya dengan kolam renang anak, kolam dewasa juga memiliki shower yang dipasang di sekitar kolam dengan fungsi body wash.

2. Pemandangan alam yang indah

Sambil meluncur di papan selancar di kolam, Anda akan melihat panorama alam di sekitar sana berupa Bendungan Jatiluhur. Selain itu, Jatiluhur Water World juga menawarkan pemandangan alam lainnya seperti pepohonan yang hijau dan asri, perbukitan pegunungan dengan 3 menara dan air tawar di waduk.

Beberapa pemandangan alam ini bisa dilihat dalam 1 gambar, sangat indah dan asri. Bahkan, wisatawan bisa melihat Waduk Jatiluhur seluas 8.300 hektar dengan fungsi pembangkit listrik tenaga air.

Waduk tersebut berguna untuk mengairi sawah seluas 240.000 hektar. Air dari waduk juga digunakan untuk kehidupan warga yang tinggal di sekitarnya. Untuk itu, wisatawan yang bermain seluncuran kolam dapat menikmati panorama waduk dan alam sekitarnya.

3. Wahana Waterboom yang Mendebarkan

Menariknya, destinasi wisata Jatiluhur Water World menawarkan seluncuran air atau seluncuran di kolam renang anak-anak. Namun ukuran perosotan kolam anak lebih pendek dari ukuran perosotan kolam dewasa. Kolam renang anak juga dilengkapi dengan taman bermain berupa ember terbalik dan pancuran air.

Selain itu, terdapat juga water dam setinggi 11,5m di kolam dewasa yang bisa digunakan wisatawan jika ingin menantang adrenalin. Sebelum menyelam ke dalam kolam, Anda akan meluncur di atas waterboom dengan panjang 43 m. Soal keamanan, dijaga oleh pengelola yang ada disana.

Jadi dalam wisata ini terdapat water dam sebagai wahana utamanya. Ada 2 jenis seluncuran air yaitu trek lurus dan trek berkelok-kelok. Anda dapat dengan nyaman merasakan kedua jenis slide.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Jatiluhur Water WorldKredit gambar: Google Maps Dwi Agus

Lokasi destinasi wisata yang menawarkan wisata bahari terletak di Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Untuk mengunjungi Jatiluhur Water World yang terletak di desa Jatimkar, wisatawan dapat mengendarai kendaraan berupa mobil atau motor. Lokasinya yang strategis memudahkan akses.

Jika melalui Jalan Pramuka, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Atau dengan kata lain jarak dari Jalan Pramuka ke sirkuit ini sekitar 8 km. Sedangkan wisatawan luar kota dapat melewati pintu keluar tol Jatiluhur kemudian belok kiri.

Kemudian masuk ke Jalan Ciganea melalui Jembatan Citarum. Setelah itu belok kiri menuju Jalan Pramuka. Saat menemukan pertigaan, langsung menuju bundaran. Dari bundaran, Anda bisa belok kiri dan berkendara menuju Waduk atau Bendungan Jatiluhur. Di sini Anda akan menemukan pintu gerbang ke tempat-tempat wisata.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Jatilahur Water WorldKredit gambar: Google Maps Mine de Raras

Mengenai tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan yang disuguhkan di sebuah waterpark bernama Jatiluhur Water World ini terbagi menjadi beberapa jenis. Harga berbeda pada hari kerja, akhir pekan dan hari libur. Pada hari kerja, harga tiket masuk adalah 30.000 per orang.

Kemudian di akhir pekan, harga tiket masuknya ada 45.000 per orang. Sedangkan khusus pada hari libur, harga tiket masuk wisata 65.000 per orang. Kemudian biaya parkir motor 5.000, mobil 10.000 dan bus 15.000.

Aktivitas menarik di Jatiluhur Water World

Aktivitas Menarik Jatiluhur Water WorldKredit gambar: Saluran Umi Google Maps

1. Wisata kuliner

Datang ke Jatiluhur Water World, tentunya sayang jika tidak mencicipi makanan di sana. Terdapat restoran terapung di tengah waduk dimana wisatawan harus menyewa perahu nelayan untuk mencapai restoran tersebut. Menu yang ditawarkan sebagian besar terdiri dari bahan utama ikan, seperti bandeng, lele dan nila, serta ikan segar lainnya.

2. Kunjungi peternakan ikan

Selain wisata kuliner, Anda juga bisa belajar langsung cara beternak ikan. Anda bisa belajar dari budidaya ikan, perawatan ikan, panen hingga budidaya ikan. Kawasan ini berada di tengah waduh dan wisatawan bisa mengaksesnya dengan menyewa perahu nelayan.

3. Berburu Foto

Panorama kawasan wisata ini begitu indah dan menarik sehingga Anda bisa menyiapkan kamera atau smartphone untuk mengabadikan setiap momen lucu bersama teman dan keluarga selama liburan.

Apalagi setiap sudut tempat wisata ini memiliki visual yang terlihat begitu Instagramable. Tempat paling populer bagi wisatawan adalah kolam renang dengan bendungan air. Kegiatan ini terutama dilakukan oleh wisatawan muda dan tua.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Water Word JatilahurKredit gambar: Google Maps Anastasya Clara Miracle Touwelly

Jatiluhur Water World memiliki fasilitas yang memadai seperti toilet umum, mushola dan tempat parkir kendaraan. Karena kesenangan utamanya adalah kolam renang, tentunya juga akan ada fasilitas berupa ruang bilas dan ruang ganti. Beberapa fasilitas tersebut siap membuat Anda nyaman selama perjalanan.

Hal yang paling menarik di kolam renang yang tersedia disana adalah terdapat seluncuran air berupa seluncuran lurus dan berkelok-kelok. Dengan wahana-wahana tersebut tentunya dapat memberikan sensasi yang berbeda bagi wisatawan, namun keduanya sama-sama menyenangkan.

Selain itu, ada juga tempat persewaan perahu nelayan bagi wisatawan untuk mengunjungi waduk, mengunjungi lokasi budidaya ikan atau berwisata kuliner. Restoran yang tersedia di tempat wisata ini juga cukup unik karena lokasinya yang terapung di tengah waduk.

Jatiluhur Water World merupakan tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa alam dengan penawaran konsep modern dan kekinian. Ingat juga untuk selalu membawa baju ganti jika memang berniat melakukan aktivitas berenang disana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button