Siapkan SDM Pariwisata, Badan Otorita Borobudur latih warga sekitar Dataran Tinggi Menoreh - WisataHits
Yogyakarta

Siapkan SDM Pariwisata, Badan Otorita Borobudur latih warga sekitar Dataran Tinggi Menoreh

YOGYAKARTA, iNews.id – Badan Otorita Borobudur (BOB) melatih 20 pelaku desa wisata di bawah otoritas zona di wilayah Kulonprogo, Magelang dan Purworejo. Peserta juga akan mendapatkan sertifikasi perhotelan dan menjadi pekerja di Borobudur Highlands.

Direktur Industri dan Kelembagaan Pariwisata BOB Bisma Jatmika mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kawasan wisata terpadu di Perbukitan Menoreh. Harapannya menjadi pendongkrak ekonomi di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

“Mereka yang terlatih nantinya akan mengisi kebutuhan tenaga kerja. Kami hanya diterima warga sekitar sehingga ada perputaran ekonomi,” kata Bisma Selasa (22/11/2022).

Pelatihan ini dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata dan Spa Indonesia. Pelatihan dilaksanakan selama tujuh hari dengan materi teori dan praktik. Pada hari terakhir, peserta mengikuti ujian sertifikasi untuk menilai kelayakan mereka sebagai calon destinasi utama tersebut.

Para peserta sebelumnya merupakan bagian dari desa wisata pendukung kawasan otorita Borobudur seperti B. Keluarga angkat dan bisnis lainnya. Setidaknya ada empat program magang yang diselesaikan antara lain Front Office (Bellboy), Waiter, Housekeeping (Public Area Cleaner & Room Attendant).

“Kami bertujuan menyiapkan tenaga parekraf yang berkualitas dan bersertifikat untuk menghadapi resesi global 2023 dan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di daerah tujuan wisata prioritas Borobudur,” ujarnya.

Penerbit : Kuntadi Kuntadi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button