Seru! Ada tiga museum baru di Hari Museum Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Seru! Ada tiga museum baru di Hari Museum Indonesia

Sonora.ID – Bertepatan dengan Hari Museum Indonesia yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan telah membuka tiga museum yang baru berdiri yaitu Museum Batik Indonesia di Jakarta, Museum Semedo di Tegal dan Museum Lanjutkan Lagu di Pacitan.

Pembukaan ketiga museum tersebut dilakukan secara serentak melalui conference call dari tiga lokasi, sekaligus menandai dibukanya secara resmi untuk masyarakat umum.

“Selamat Hari Museum Indonesia, khususnya kepada pengelola museum yang telah memberikan kontribusi luar biasa,” kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid saat membuka tiga museum Museum Batik Indonesia di Jakarta, Rabu (10 Desember). .

Dirjen Hilmar mengatakan museum merupakan ruang publik yang terbuka bagi siapa saja yang ingin memajukan ilmu pengetahuan dan budaya.

Ia mengajak semua pihak, baik itu pemerintah, sekolah, masyarakat, terutama generasi muda, untuk bekerja sama di museum.

Baca Juga: Destinasi Wisata Edukasi Museum Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi

“Museum sebenarnya adalah sumber ilmu pengetahuan dan kami berharap anak-anak yang tinggal di sekitar dapat memanfaatkan museum sebagai sumber belajar dan inspirasi. Dan semua ini harus menguatkan kita sebagai negara yang beradab,” kata Hilmar.

Sejalan dengan tema Hari Museum Indonesia 2022 yaitu “Museum sebagai Sumber Inspirasi Bangsa”, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk mengapresiasi dan mengoptimalkan perannya dalam melestarikan dan memajukan budaya.

“Museum dapat menjadi sumber inspirasi, rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya daya pikir dan kreativitas masyarakat, pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta tanah air, serta daya tarik wisata yang merupakan salah satu unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya yang diprioritaskan. Tentu tidak kalah pentingnya menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa,” kata Hilmar.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Fikri Faqih, Anggota Komisi X DPR RI, mengingatkan masyarakat sekitar museum perlu memahami pentingnya museum.

TERBARU

13 Oktober 2022 14:40 WIB

13 Oktober 2022 14:39 WIB

13 Oktober 2022 14:30 WIB

13 Oktober 2022 14:10 WIB

Source: www.sonora.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button