Sportourisme, olahraga dan pariwisata ke Pasar Bersih internasional - WisataHits
Yogyakarta

Sportourisme, olahraga dan pariwisata ke Pasar Bersih internasional

Harianjogja.com, BANTUL– Badan Otorita Borobudur (BOB) kembali digelar BOB Sunset Runsalah satu agendanya wisata olahraga yang berlangsung pada Sabtu (20/822) di pantai selatan Bantul, tepatnya di Laguna View Depok. wisata olahraga terus dirayakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menarik wisatawan internasional.

433 peserta terdaftar BOB sunset run 2022 yang terbagi menjadi dua kategori yaitu 5K dan 10K. Pada kategori 5km, peserta mengikuti rute Laguna View Depok – Runway Pantai Depok – Gumuk Pasir – Pantai Cemara Sewu dan kembali ke Laguna View Depok.

BACA JUGA: Pelepasan IPL Tol Jogja-YIA, Pemda DIY Sedang Pertimbangkan

Kemudian rute untuk kategori 10km dimulai dari Laguna View Depok – Gumuk Pasir – Pantai Parangkusumo – Pantai Barchan – Pantai Cemara Sewu – Pantai Pandan Payung – Pantai Pelangi – Pantai Tall Wulu – Runway Pantai Depok – Pantai Nggrani – Depok Lagoon View.

Hingga pukul 16.00 WIB, waktu tercepat dibukukan oleh peserta kategori 5K putra nomor 0133 Surya Mahardi dengan catatan waktu 24 menit 25 detik. Di kategori 5 km putri finisher Pesaing tercepat adalah nomor dada 0043, Helena, dengan catatan waktu 29 menit 30 detik.

Di kategori 10 km putra finisher Pesaing tercepat adalah nomor dada 0044, Kunala, dengan catatan waktu 32 menit 28 detik. Sedangkan untuk kategori 10K putri, finisher tercepat diraih pesaing dengan nomor dada 0003, Aninda, dengan catatan waktu 41 menit 15 detik.

Selain kompetisi yang sedang berlangsung, di BOB Sunset Run juga diadakan Pakaian tantangan berdasarkan topik Gambar Nusantara. Tak sedikit peserta yang tampil dengan kostum bercorak budaya seperti kebaya, kain jarik, blangkon dan lain-lain.

Presiden Direktur BOB, Indah Juniati, menyatakan dalam acara Peserta ini tidak hanya berlari dengan pakaian olahraga biasa. “Kamu terlihat berbeda dan lebih menarik. Setiap orang lebih kreatif. Peserta dari berbagai latar belakang, dari mana saja, siapa saja bisa ikut,” ujarnya.

Itu yang membuat perbedaan, katanya BOB sunset run 2022 Dengan acara olahraga lainnya. Selain itu juga, BOB Sunset Run juga memilih Pekerjaan yang sangat menarik yaitu Lagoon View Depok dan sepanjang pantai selatan Bantul dengan pemandangan yang indah.

“Yang menarik adalah tempatnya bagus. Kami selalu mencari tempat yang indah untuk ditampilkan, sehingga wisatawan tahu ada tempat yang indah di sini,” katanya.

Potensi besar

kekuasaan wisata olahraga di daerah do-it-yourself dan sekitarnya, menurut dia, sangat besar. BOB mendorong acara semacam ini karena menyebabkan efek pengganda. Olahraga menciptakan perputaran ekonomi yang besar.

Selain BOB Sunset Run, BOB juga memiliki sejumlah acara yang direncanakan wisata olahraga lainnya antara lain downhill di DeLoano, Borobudur Highland dan lomba lari lintas alam yang akan diadakan di Menoreh Hills.

“DeLoano sedang kami kerjakan. Tahun ini juga. Kami juga mengadakan lereng internasional dan buzz cukup bagus. Jadi kami akan menjadwal ulang lagi untuk memungkinkan titik target di wilayah itu naik kembali, ”katanya.

Marketing Manager BOB, Agus Rochiyardi menjelaskan BOB Sunset Run Pilih kategori lari dengan jarak yang tidak terlalu sulit agar lebih banyak orang yang bisa berpartisipasi. “Saat treknya panjang, agak sulit. Makanya kami sengaja buat short track biar fun dulu,” ujarnya.

wisata olahraga mampu, menurutnya, untuk menarik pengunjung dan mencapai perputaran ekonomi yang signifikan. Dia mencontohkan Formula E di Jakarta, MotoGP di Mandalika, dan Tour de Singkarak di Padang yang menarik ribuan orang ke kota tempat acara itu digelar.

“Mereka bersepeda keliling Danau Singkarak. Hotel penuh, semua jajanan pasar dijual. Ini [BOB Sunset Run] Kami mendorong ke arah itu,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisaat Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan: BOB Sunset Run lengkapi objek wisata di pantai selatan Jawa (Pansela). Pemerintah Kabupaten Bantul saat ini fokus pada kawasan Pansela karena sejalan dengan pertumbuhan di sekitar Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

“Kami berharap masyarakat datang ke YIA dengan atraksi yang menarik, datang ke Jogja dulu sebelum yang lainnya. acara Ini bagian dari kerja sama untuk memperkuat ruang DIY dan sekitarnya menjadi destinasi wisata unggulan,” ujarnya.

BACA JUGA: Puluhan Layang-Layang Warna-warni Warnai Langit Pantai Samas

Kerumunan wisata olahraga yang juga terjadi di Bantul BOB Sunset Run adalah Jogja Airshow dan Biaya Coast Trail Run. acara Ratusan peserta dari berbagai negara menghadiri acara yang juga berlangsung dari tahun ke tahun.

“Bantul menjadi daya tarik internasional. Salah satu yang menarik di samping Olahraga adalah budaya. Jika kita gabungkan ini, Bantul ke depan akan lebih menarik, tidak hanya untuk wisatawan domestik tetapi juga untuk wisatawan asing, “katanya.

Pemerintah Kabupaten Bantul saat ini membidik wisatawan mancanegara yang masih fokus ke Candi Borobudur. Ia mengungkapkan, saat Arief Yahya masih menjabat Menteri Pariwisata, dua juta wisman ditargetkan berkunjung ke DIY.

Namun, target tersebut belum tercapai hingga saat ini, karena tahun ini jumlah wisman yang berkunjung ke DIY masih sekitar 500.000. Menurutnya, DIY bisa menjadi penambah pariwisata Borobudur.

“Ada cerita Mataram yang sangat kental di Bantul. Kami menyatukannya. Di Borobudur ada Sailendra, di sini Mataram menjadi salah satu pelengkap, tidak ada saingan. Saat ini kami sedang mempersiapkan desain Bantul Bumi Maatram untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman,” katanya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button