Hari Museum Indonesia, Ini Tiga Museum yang Diluncurkan Kemendikbudristek - WisataHits
Jawa Timur

Hari Museum Indonesia, Ini Tiga Museum yang Diluncurkan Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan membuka tiga museum baru bertepatan dengan Hari Museum Indonesia yang diperingati setiap 12 Oktober.

Ketiga museum tersebut adalah Museum Batik Indonesia di Jakarta, Museum Semedo di Tegal, dan Museum Song Continue di Pacitan. Ketiga museum dibuka secara bersamaan konferensi telepon dari tiga situs resmi dibuka untuk umum.

Museum Batik, Jakarta. Foto: kemdikbud.go.id
Lanjutan Museum Lagu, Pacitan. Foto: kemdikbud.go.id

“Selamat Hari Museum Indonesia, khususnya kepada pengelola museum yang telah memberikan kontribusi luar biasa,” kata Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, pada pembukaan tiga museum Museum Batik Indonesia di Jakarta, Rabu (12/10/2022). . , Dikutip dari kemdikbud.go.id.

Selain itu, Dirjen Hilmar mengatakan museum merupakan ruang publik yang terbuka bagi siapa saja yang ingin memajukan ilmu pengetahuan dan budaya. Ia mengajak semua pihak, baik itu pemerintah, sekolah, masyarakat, terutama generasi muda, untuk bekerja sama di museum.

“Museum sebenarnya adalah sumber ilmu pengetahuan dan kami berharap anak-anak yang tinggal di sekitar dapat memanfaatkan museum sebagai sumber belajar dan inspirasi. Dan semua ini harus menguatkan kita sebagai negara yang beradab,” kata Hilmar.

Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk mengapresiasi dan meningkatkan perannya dalam melestarikan dan memajukan budaya sejalan dengan tema Hari Museum Indonesia 2022 “Museum sebagai Sumber Inspirasi Bangsa”.

“Museum dapat menjadi sumber inspirasi, rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya daya pikir dan kreativitas masyarakat, pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta tanah air, serta daya tarik wisata yang merupakan salah satu unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya yang diprioritaskan. Yang tidak kalah penting tentunya menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa,” pungkasnya. (rum/ipg)

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button