Sektor pariwisata di Cianjur tidak terlalu terdampak gempa - WisataHits
Jawa Barat

Sektor pariwisata di Cianjur tidak terlalu terdampak gempa

Kabupaten Bandung

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, sektor pariwisata di wilayah Cianjur tidak terlalu terpengaruh oleh kerusakan akibat gempa beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah destinasi wisata tidak terlalu terpengaruh karena persiapan,” kata Sandiaga dari Politeknik Pariwisata NHI, Jalan Radio Palasari, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (24/11/2022).

Meski demikian, kata Sandiaga, saat ini semua pihak harus bekerja sama mendukung rekonstruksi di wilayah Cianjur. Sehingga masyarakat Cianjur dapat segera menjalani kehidupan normal kembali.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Namun, kita juga harus tetap mendukung kesiapan infrastruktur pascagempa yang harus segera dibangun. Maka kehidupan masyarakat harus segera dipulihkan,” katanya.

Dia menyebutkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini sedang mengambil langkah-langkah untuk memerangi gempa. Salah satu caranya adalah dengan mendirikan posko bencana yang berbeda untuk korban.

“Tentu akan segera kami pindahkan, kami sudah menyiapkan 14 posko untuk membantu warga,” ujarnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan transisi untuk mempersiapkan pemulihan pasca gempa Cianjur. Terutama di destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif.

“Selama ini kita mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat yang diwujudkan melalui konsep desa wisata yang memiliki keunggulan dalam menghadapi ancaman bencana,” jelasnya.

Sandiaga Uno mengatakan salah satu desa wisata di lokasi Gunung Padang tidak terlalu parah terkena dampak gempa. Menurutnya, hanya sampai lima persen saja yang terkena dampak.

“Alhamdulillah alhamdulillah. Salah satunya karena kita punya protokol CHSE, kebersihan, kesehatan, keselamatan, kelestarian lingkungan. Saya garis bawahi kita terus memberikan pelatihan dan dukungan serta memastikan destinasi termasuk hub industri kreatif tersertifikasi.” dia menjelaskan.

Ia menambahkan, ke depan, pelatihan dan pendampingan pengurangan risiko bencana akan ditingkatkan. Selain itu, Cianjur menurutnya memiliki peluang dan potensi wisata yang luar biasa.

“Dari daerah Cipanas sampai daerah Cugenang. Kemarin juga baru ke kota Cianjur, disana ada pusat ekonomi kreatif yang kita latih di Hotel Ginoferuci,” pungkas Sandiaga Uno.

Saksikan video Ekraf Indonesia bersiap menyalip Korea Selatan dalam 5 tahun ke depan
[Gambas:Video 20detik]
(www www)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button