PANTAI MATRAS Harga tiket, aktivitas dan tempat - WisataHits
wisatahits

PANTAI MATRAS Harga tiket, aktivitas dan tempat

PANTAI MATRAS Harga tiket, aktivitas dan tempat

Harga tiket masuk Pantai Kasur : Rp 5.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung, Indonesia, 33212.

Tikar Pantai terkenal sebagai pantai terpanjang di Bangka Belitung. Panjang pantainya mencapai 3 kilometer, dengan wilayah berpasir yang luas. Sekitar 20-30 meter permukaan beraspal dengan pasir putih halus. Wisatawan bisa saja bermain di pantai dari satu ujung ke ujung lainnya.

Di sini wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan berbagai permainan air. Uniknya, tidak hanya pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki sungai air tawar. Itu mengalir di dekat pantai dan membentuk cekungan dangkal di dekatnya. Berbagai fasilitas umum juga tersedia bagi para wisatawan untuk membuat perjalanan semakin nyaman di sini.

Harga tiket masuk ke pantai Matras

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Meski ada penginapan di dekat pantai, tidak lantas membuat tempat ini mahal.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Pantai Batu Bedaun

Jam Buka Pantai Kasur

Pantai Matras bisa dinikmati sepanjang hari. Bahkan, wisatawan juga bisa menginap di hostel terdekat atau mendirikan tenda di tepi pantai.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati keindahan Pantai Mat

Tikar PantaiPantai Mat. Foto: Gmap/Willem

Pantai Matras memiliki semua definisi pantai yang eksotik. Hamparan pasir putih pantai yang lembut akan menyambut wisatawan saat menginjakkan kaki di sini. Hamparannya luas dan memanjang hingga 3 kilometer dari satu ujung pantai ke ujung lainnya. Terlihat begitu mengkilat saat terkena sinar matahari.

Air lautnya terlihat begitu tenang, dengan air yang jernih. Wisatawan hanya bisa melihat dasar perairan berupa pasir dari permukaan. Warnanya juga terlihat seperti gradasi, putih di pantai, lalu hijau dan memudar menjadi biru menuju tengah laut.Deburan ombak seakan menyambut mereka dengan tenang, gulungannya perlahan menyapu pantai.

Pantai ini juga cukup indah, dimana banyak pohon tumbuh di sekitar pantai. Pohon kelapa juga menjadi primadona di sini, karena tumbuh sangat tinggi dan jaraknya cukup baik. Batu granit berukuran besar juga menghuni kawasan pesisir. Ini memberikan tampilan yang khas ke pantai di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Baca: PANTAI TUING Tiket Murah ke Pantai Pasir Putih Menakjubkan

Dari bebatuan hingga pantai yang tak ada habisnya

batu granit di pantaiBatu granit di pantai. Foto: Gmap/Apeade_e

Nama pantai terpanjang di Bangka Belitung ini sepertinya cocok untuk pantai Matras. Dengan keindahan pantai yang terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian selatan dan utara. Di bagian utara inilah wisatawan akan melihat pantai yang seolah tak berujung. Itu membentang sampai Anda tidak bisa melihat ujungnya.

Sedangkan di bagian selatan, wisatawan akan melihat bongkahan batu granit berukuran besar. Sebuah batu granit coklat muda menonjol setinggi beberapa meter. Wisatawan bisa memanjat bebatuan ini dengan aman. Karena permukaan batunya kasar tapi tidak tajam, jadi lebih aman.

Tak sedikit yang datang untuk berfoto di bebatuan tersebut. Mengingatkan pada film Laskar Pelangi yang dirilis pada tahun 2008 lalu. Wisatawan juga bisa berlomba di antara bebatuan besar tersebut.

Sungai air tawar di pantai

Aliran sungai air tawar di pantaiAliran sungai air tawar di pantai. Foto: Gmap/Joss Kiki

Selain bebatuan granit, di sisi selatan juga terdapat sungai. Sungai air tawar mengalir dengan air jernih. Sungai tersebut membentuk sebuah kolam dengan kedalaman yang dangkal. Dasarnya adalah pasir putih yang sama dengan pasir pantai.

Biasanya sungai ini digunakan untuk membilas setelah berenang dan bermain di pantai. Aliran airnya tenang dan tampak jernih. Tidak sedikit anak-anak yang menggunakan kolam air tawar ini sebagai tempat bermain, karena dangkal sehingga cukup aman untuk dimainkan anak-anak.

Dahulu, kolam ini digunakan oleh anak-anak setempat untuk menambang timah. Dengan cara mengeruk pasir, kemudian digoyang-goyangkan hingga muncul timah. Anak-anak ini menggunakan panci atau piring kecil untuk menyaring timah. Harganya juga fantastis yakni Rp 100.000 per kilogram.

Berenang di laut lepas Pantai Mat

Pantai Matras memiliki ombak yang tenang, menjadikannya tempat yang tepat untuk berenang. Selain itu, di dekat pantai, perairannya masih tergolong dangkal. Wisatawan bisa berenang bebas di laut lepas pantai ini. Untuk berenang lebih nyaman, sebaiknya pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terik.

Anak-anak pun tampak berenang ditemani oleh orang tuanya. Berenang dan bermain air menggunakan pelampung kecil. Beberapa tampak bersantai di pantai, membiarkan ombak membasuh air dan menghanyutkannya.

Bersantai di bawah pohon yang rindang

Di sekitar pantai terdapat pepohonan yang sengaja ditanam oleh pihak pengelola. Selain pohon kelapa, ada juga pohon pinus yang tumbuh. Pohon-pohon itu berjarak sekitar satu meter dari pohon-pohon lainnya.

Di sebelah pohon ada tempat tidur gantung, yang terhubung di kedua pohon. Wisatawan dapat bersantai di tempat tidur gantung mereka. Berbaring menikmati belaian lembut angin sepoi-sepoi.

Jadi pastikan untuk piknik di bawah pohon-pohon ini. Dengan membawa karpet sederhana atau tenda. Serta menikmati kuliner yang dijual di sekitar pantai.

Senja dan malam di pantai Matras

Senja yang indah di pantai MatrasSenja yang indah di pantai Matras. Foto: Gmap/Irwan Syah

Obyek wisata ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Apalagi jika cuaca sedang bagus, saat matahari terbenam di ufuk barat. Matahari bersinar, perlahan turun dan mulai bergulir ke barat. Langit cerah, perlahan gelap dan berubah menjadi malam.

Pada malam hari, suasana pantai menjadi lebih tenang. Wisatawan dapat menikmati lautan sambil menonton perahu layar. Dengan makan ubi goreng keju, kolak labu merah dan pisang goreng keju panas.

Mitos Pantai Mat

Pantai di Pulau Jawa bukan satu-satunya yang menyimpan cerita mistis. Di pantai Matras juga terdapat cerita mistis dan mitos yang dipercaya masyarakat setempat. Salah satu mitos tersebut adalah adanya penjaga wanita di pantai. Yang sering mencari korban laki-laki untuk menjadi suaminya.

Ketika ada wisatawan yang tenggelam, maka akan dikaitkan dengan mitos tersebut. Percaya atau tidak, mitos ini sudah berkembang di masyarakat secara turun-temurun. Padahal, hal tersebut dibenarkan oleh dukun setempat.

Lokasi pantai kasur

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button