Pemkot Jakarta Selatan ajak wisatawan luar Jabodetabek kenali city tourism - WisataHits
Jawa Barat

Pemkot Jakarta Selatan ajak wisatawan luar Jabodetabek kenali city tourism

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mengundang wisatawan dari luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengidentifikasi wisata perkotaan kontemporer di wilayah tersebut.

“Fam trip ini diharapkan bisa menjadi pilihan wisatawan lokal untuk memilih Jakarta Selatan sebagai kawasan yang menarik, mudah dan terjangkau bagi pengunjung,” kata Munjirin, Wali Kota Pemerintah Jakarta Selatan, di Jakarta, Selasa.

Munjirin menjelaskan: Familiarization Trip (Famtrip) merupakan acara yang diadakan untuk memperkenalkan destinasi perkotaan (urban) di Jakarta Selatan.

Perkenalan tersebut dilakukan Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Selatan kepada para influencer media sosial, mahasiswa dan duta pariwisata dari Ciamis, Garut dan Cirebon (Jawa Barat).

Menurut Kasubag Parekraf Jakarta Selatan Rus Suharto, kegiatan ini dilakukan untuk menampilkan destinasi wisata urban, kontemporer, dan media sosial (Instagram-enabled) di wilayah Jakarta Selatan.

“Sebanyak 50 peserta akan diajak ke destinasi seperti Agro Edu Wisata Ragunan, mencoba transportasi MRT, mengunjungi JPO Phinisi, mengunjungi Tebet Eco Park dan masih banyak destinasi menarik lainnya,” kata Rus Suharto.

Baca Juga: Sudin Parekraf Jakarta Selatan Pelajari lebih lanjut tentang ekonomi kreatif pariwisata Cirebon

Rus mengatakan rangkaian kegiatan ini dimulai dengan mengunjungi Agrowisata Pendidikan Wisata Ragunan dan menanam pohon bersama di lokasi, antara lain picung, cipedak, aren, manggis, jambu biji dan durian.

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bagian dari Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November 2022. Oleh karena itu, setiap daerah juga berkesempatan membawa oleh-oleh berupa pohon untuk ditanam di Agrowisata Pendidikan Wisata Ragunan.

Dari Ragunan, peserta kemudian berjalan menuju kawasan Kemang, kawasan Blok M yang menampilkan berbagai taman dan mengajak peserta merasakan transportasi seperti MRT dan TransJakarta.

Mereka kemudian menghadiri pameran seni dan desain kontemporer Indonesia Contemporary Art and Design (ICAD) tahunan.

Baca Juga: Setu Babakan Prediksi Puncak Kunjungan Wisatawan Akan Terjadi pada Hari Minggu

Selama dua hari, para peserta Famtrip diantar dengan dua bus dari daerah asal untuk perjalanan pulang, akomodasi, konsumsi dan oleh-oleh.

Rus menjelaskan maksud dan tujuan famtrip ini untuk mempromosikan kebanggaan masyarakat Indonesia dalam berwisata, mendorong pertumbuhan pemulihan ekonomi nasional dan mencegah krisis global.

“Selanjutnya, tujuan utama Famtrip adalah untuk memperkenalkan city tourism di Jakarta Selatan melalui influencer, duta pariwisata dan mahasiswa dari daerah di luar Jakarta Selatan sehingga semakin meluas,” ujarnya.

Famtrip 2022 dilaksanakan sebanyak tiga kali pada tanggal 2-3 November 2022 untuk peserta dari wilayah Kabupaten Ciamis.

7-8 November Kabupaten Garut dan 16-17 November 2022 untuk peserta dari Kota Cirebon.

Reporter: Luthfia Miranda Putri
Penerbit: Sri Muryono
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button