Sejumlah destinasi wisata di Lumajang berpotensi menjadi sumber energi terbarukan - WisataHits
Jawa Timur

Sejumlah destinasi wisata di Lumajang berpotensi menjadi sumber energi terbarukan

Sejumlah destinasi wisata di Lumajang berpotensi menjadi sumber energi terbarukan

Lumajang, Jawa Timur saat ini – Destinasi wisata alam di Kabupaten Lumajang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Terutama wisata air, seperti di Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis yang dikenal dengan Ranu Segitiga.

Diantaranya adalah pemandian alam Selokambang Lumajang, Waterpark dan B29 yang dijuluki negeri di atas awan.

Destinasi wisata alam yang dikelola Dinas Pariwisata Lumajang telah sesuai dengan Peraturan Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Kepala Biro Pariwisata Yuli Harismawati, SP mengatakan, sumber mata air di Kabupaten Lumajang memang luar biasa. Selain itu, banyak yang dijadikan tempat wisata.

Sumber ini memiliki potensi untuk dikelola sebagai sumber energi terbarukan. Yakni melalui pemanfaatan teknologi mikrohidro atau minihidro.

“Harapan kami dengan melimpahnya air dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan di tempat wisata. Bisa juga dijadikan sebagai tempat pendidikan. Ini passion kami,” kata Yuli kepada jatimhariini.co.id. Jumat (27/01/2023).

Namun, hal tersebut masih menjadi kendala hingga saat ini, karena asosiasi pariwisata belum dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Ke depannya, pihaknya akan mempertimbangkan untuk merealisasikan potensi tersebut dan menjadikannya destinasi wisata yang berkelanjutan. Meski demikian, Yuli mengaku belum berani membidik kapan hal itu bisa terwujud.

“Yang pasti kami akan terus berinovasi untuk melengkapinya,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button