Sejarah Balai Kota Bandung yang pernah kebakaran dulunya kafe - WisataHits
Jawa Barat

Sejarah Balai Kota Bandung yang pernah kebakaran dulunya kafe

jakarta

Sejarah Balai Kota Bandung disajikan di bawah ini. Balai Kota Bandung adalah gedung administrasi utama Pemerintah Kota Bandung yang terletak di Jalan Wastukancana No. 2 Bandung. Bangunan ini dulunya dikenal sebagai gudang kopi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Balai Kota Bandung, baca sejarah lengkap Balai Kota Bandung dan berikut ini.

Seperti dilansir situs resmi Portal Bandung, Balai Kota Bandung beralamat di Jalan Wastukancana No 2 Bandung. Balai Kota Bandung merupakan kompleks perkantoran Pemerintah Kota Bandung.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Menurut catatan sejarah, Balai Kota Bandung dulunya bernama Gedung Kopi (Koffie Pakhuis). Gedung ini merupakan gudang hasil pertanian dan stasiun pengepakan kopi milik Andries de Wilde, pemilik tanah pertama di kawasan Priangan.

kutipan dari buku Rumah Meente (Balai Kota) Bandung dan sekitarnya dari waktu ke waktu: Bandung baheula jeung kiwari dari Sudarsono Katam, Rumah Meente (Balai Kota) Bandung merupakan salah satu bangunan yang bernilai sejarah dan memiliki nilai arsitektur klasik yang tinggi di kota Bandung saat itu.

Sebelum pemasangan Rumah MeenteGedung ini merupakan gudang kopi milik Asisten Residen daerah Priangan saat itu.

Dulu, Taman Merdeka (Taman Dewi Sartika) yang terletak di kompleks perkantoran Pemkot Bandung kini telah menjadi taman asri dengan pepohonan rindang yang banyak dikunjungi warga kota untuk rekreasi.

Kisah Balai Kota Bandung yang terbakar Senin kemarinKisah Balai Kota Bandung yang Terbakar Senin Lalu | Foto: detikcom/Avitia Nurmatari/detikcom

Tentang Balai Kota Bandung sebagai destinasi wisata warga

Pembahasan sejarah Balai Kota Bandung ini membawa kita pada keadaan Balai Kota Bandung saat ini. Perlu diketahui Balai Kota Bandung juga sering dijadikan sebagai tempat tujuan wisata warga Bandung maupun wisatawan dari luar Kota Bandung.

Sejak kepemimpinan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Balai Kota Bandung mulai memperbaiki taman dan fasilitas Balai Kota. Hal ini agar Balai Kota Bandung dapat digunakan secara gratis oleh warga yang ingin mengunjunginya.

Ada berbagai fasilitas umum yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh warga yang berkunjung ke Balai Kota Bandung. Beberapa fasilitas ini berkisar dari taman labirin, kolam ikan dan air mancur hingga kolam renang anak-anak.

Kebakaran di Balai Kota Bandung, Senin 7 November 2022

Seperti diberitakan sebelumnya, Balai Kota Bandung terbakar pada Senin, 7 November 2022. Kondisi saat ini pasca kebakaran di kantor Bapelitbang, Balai Kota Bandung, kini sudah bersih.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran di Balai Kota Bandung. Polisi juga telah menangkap tiga orang untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam peristiwa kebakaran di gedung Bapelitbang di kota Bandung.

Ridwan Kamil juga sempat menyambangi kawasan kantor Bappelitbang Kota Bandung yang terbakar. Dalam kesempatan itu, dia mengimbau warga setempat untuk tidak mengutuk orang yang ditangkap polisi saat kebakaran terjadi.

“Kita tidak bisa tutup karena polisi masih menyelidiki, yang viral belum tentu, jangan menilai dulu, itu bisa jadi masalah teknis,” kata Ridwan Kamil di lokasi kebakaran, seperti detikJabar, Selasa. 8/11/2022).

Demikian informasi mengenai sejarah Balai Kota Bandung yang pernah mengalami kebakaran pada Senin 7 November 2022.

(via/imk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button