Dibalik mitos tersebut terdapat legenda Galunggung yang kini menjadi tempat wisata alam dan asal usul Tasikmalaya - WisataHits
Jawa Barat

Dibalik mitos tersebut terdapat legenda Galunggung yang kini menjadi tempat wisata alam dan asal usul Tasikmalaya

Dibalik mitos tersebut terdapat legenda Galunggung yang kini menjadi tempat wisata alam dan asal usul Tasikmalaya

BERITA BANTEN – Gunung Galunggung yang terkenal di kawasan Tasikmalaya menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik.

Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.168 meter dan merupakan gunung berapi yang terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya di Jawa Barat.

Baca Juga: Asal Usul Tanjung Baca, Ada Kisah Cinta yang Hilang Akibat Perbuatan Terlarang

Seperti dikutip Kabarbanten.com dari channel YouTube Berbagi Tahu, berikut legenda Galunggung dan asal usul Tasikmalaya.

Gunung Galunggung membangun tangga dengan 620 anak tangga. Gunung ini memiliki dua puncak yakni Puncak Tembok Ari dan Puncak Beaticapar.

Kedua puncak tersebut dapat dicapai dengan mendaki melalui jalur yang tersedia. Beberapa atraksi ditawarkan di kawasan ini. Atraksi wisata dan atraksi ekowisata, antara lain.

Mencakup sekitar 120 hektar di bawah arahan Perum Perhutani, properti lain seluas sekitar 3 hektar adalah sumber air panas dengan kolam renang, pemandian, dan jacuzzi.

Tercatat Gunung Galunggung meletus pada tahun 1822. Tanda-tanda letusan pertama diketahui pada Juli 1822, ketika perairan Cikunir menjadi keruh dan berlumpur. Hasil pemeriksaan kawah menunjukkan bahwa air keruh itu panas dan terkadang muncul gumpalan asap dari dalam kawah.

Kemudian, pada 8-12 Oktober, letusan tersebut menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas, abu halus, awan panas, dan aliran lahar yang bergerak ke tenggara mengikuti aliran sungai.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button