Trisakti Sadarehe, Jalur Pendakian Baru Gunung Ciremai - WisataHits
Jawa Barat

Trisakti Sadarehe, Jalur Pendakian Baru Gunung Ciremai

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) pada Kamis (25/8/2022) meresmikan jalur pendakian baru ke Gunung Ciremai, yaitu Trisakti Sadarehe. Saat ini total ada lima jalur pendakian di gunung tertinggi di Jawa Barat itu.

“Hari ini kami meresmikan jalur pendakian Trisakti Sadarehe di Majalengka,” kata Direktur BTNGC Teguh Setiawan seperti dikutip DiantaraJumat (26/822).

Baca juga:

Ia menjelaskan, jalur baru ini sebelumnya merupakan jalur ilegal karena tidak ada pos dan pengawasan, namun sudah terlanjur dilewati pendaki.

“Dulu, jalur pendakian baru selalu dijadikan jalur ilegal oleh para pendaki, yakni Jalur Sadarehe. Untuk meminimalisir angka kecelakaan akibat panjat tebing ilegal, kelompok masyarakat Desa Payung, Kecamatan Raja Galuh, Kabupaten Majalengka mengusulkan agar wisata panjat tebing diteruskan ke jalur Sadarehe,” jelasnya.

Baca Juga: 8 Tips Mendaki Gunung Ciremai Lewat Jalur Linggarjati

Menikmati sunset di kota Cirebon, Gunung Ciremai bisa terlihat dari kejauhanShutterstock/Akhmad Dody Firmansyah Menikmati sunset di kota Cirebon, terlihat seperti Gunung Ciremai dari kejauhan

Jejak baru ini, menurutnya, memiliki padang rumput yang luas dan menawarkan panorama matahari terbit (sunrise).matahari terbit) dan matahari terbenam (matahari terbenam).

Teguh mengatakan, pihaknya menjadikan jalur ini sebagai jalur premium karena keindahan alamnya.

Baca Juga: Terpesona dengan Pesona Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Perlu diketahui, tiga jalur pendakian Gunung Ciremai berada di Kabupaten Kuningan, yakni jalur Linggajati, jalur Linggasana, dan jalur Palutungan. Selain itu, sisanya berada di Kabupaten Majalengka yaitu jalur Apuy dan jalur Trisakti Sadarehe.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button