Sejak Natal, jumlah wisatawan di Bantul meroket hingga tiga kali lipat, Parangtritis masih menjadi idola - WisataHits
Yogyakarta

Sejak Natal, jumlah wisatawan di Bantul meroket hingga tiga kali lipat, Parangtritis masih menjadi idola

Harianjogja.com, BANTUL — Selama liburan Natal 2022 hingga saat ini, Kamis (29/12/2022), kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul meningkat 3 kali lipat dibanding hari biasa.

Jumlah kunjungan hampir merata di antara sejumlah tempat wisata di Bantul, namun Parangtritis masih menempati urutan pertama kunjungan wisatawan terbanyak.

Peningkatan tersebut terjadi sejak 20 Desember 2022 dan diperkirakan kunjungan wisatawan akan terus meningkat hingga puncak malam tahun baru 2023.

“Hasil observasi menunjukkan jumlah kunjungan ke Bantul meningkat tiga kali lipat dibanding hari biasa,” kata Markus Purnomo Adi, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata Bantul, Kamis.

BACA JUGA: Bersama dan memajukan pariwisata di Bantul

Menurut Markus, jika wilayah kota tidak diguyur hujan sejak sore hari, kunjungan wisatawan akan terus meningkat hingga puncak malam tahun baru 2023.

“Diperkirakan pada puncak malam pergantian tahun, wisatawan akan memenuhi objek wisata mulai pukul 18.00 WIB dan tiba menjelang malam. Apalagi di Pantai Parangtritis yang hingga kini masih menjadi daya tarik wisata andalan para wisatawan,” kata Ipung, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, ada delapan lokasi wisata berbayar di Bantul dan sekitar 220 lokasi wisata gratis lainnya. Dari tanggal 26 hingga 29 Desember, jumlah pengunjung Pantai Parangtritis sekitar 9.000 per hari.

“Jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis sekitar 9.000, belum lagi jumlah pengunjung di tujuh destinasi wisata lainnya. Diperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis bisa mencapai 30.000 orang mulai 31 Desember hingga puncak malam pergantian tahun,” ujarnya.

Terlepas dari banyaknya wisatawan yang akan memenuhi tempat wisata di Bantul, Markus mengimbau kepada wisatawan untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, menjadi wisatawan yang bijak, memperhatikan kebersihan dan menaati rambu-rambu di tempat wisata.

“Seperti di Pantai Parangtritis, ada rambu-rambu terutama posisi parit yang harus diperhatikan lagi.”

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button