Parangkusumo Fashion Week, fashion show yang meriah di gumuk pasir Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Parangkusumo Fashion Week, fashion show yang meriah di gumuk pasir Bantul

TEMPO.CO, jakarta – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Parangkusumo Fashion Week atau Fashion Show di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo, Parangtritis.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat Bantul dalam jaringan Kota Kreatif Dunia versi UNESCO.

“Kabupaten Bantul terus kita persiapkan menjadi kabupaten yang kokoh dengan ekosistem kreatif khususnya di bidang kerajinan dan kesenian rakyat,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat pembukaan Parangkusumo Fashion Week di Gumuk Pasir Bantul, Kamis, 15 April 2018. Desember 2022 .

Abdul Halim mengatakan, Bantul berkomitmen untuk melangkah menuju World Creative Cities Network versi UNESCO tahun 2023 dengan menyelenggarakan kegiatan internasional yaitu pameran, seminar, workshop, pagelaran seni dan budaya dari tanggal 12 hingga 20 14 Desember 2022.

Seperti diberitakan Antara pada Kamis, 15 Desember 2022, puncak kegiatan Bantul untuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO (UCCN) antara lain penampilan Parangkusumo Fashion Week dengan model dan manekin internasional di Gumuk Pasir Parangkusumo pada 15 Desember 2022.

Menurutnya, model dari berbagai daerah didatangkan untuk menggunakan karya busana yang dirancang oleh insan kreatif Bantul. Selain pakaian, juga dipamerkan produk-produk industri kreatif kerajinan tangan para pengrajin Bantul.

Lebih lanjut Bupati mengatakan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada Senin, 12 Desember 2022 mencanangkan Bantul untuk menjadi kota kreatif global dan khususnya upaya Bantul untuk menjadi bagian penting dari UCCN, didukung penuh.

“Tinggal beberapa langkah, kita bawa ke tingkat dunia, kita daftarkan ke UCCN, jaringan kota kreatif sedunia,” ujarnya.

Namun menurutnya untuk mencapai UCCN, Kabupaten Bantul harus terus berinovasi, beradaptasi dan bersinergi dengan semangat 3G yaitu Gercep (Bergerak Cepat), Geber (Bergerak Bersama) dan Gaspol.

“Harus diakui keberadaan industri kreatif di sektor kerajinan dan kesenian rakyat yang terus berkembang akan berdampak signifikan terhadap kemungkinan pengurangan kesenjangan sosial,” ujarnya.

Ia berharap Parangkusumo Fashion Week bisa menjadi model sinergi dan kolaborasi bagi Bantul untuk mendapatkan sertifikasi dari UCCN.

Baca juga: Image Berubah, Bantul Magic Parangkusumo Jadi Wisata Malam

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button