5 Destinasi Wisata Dekat Gunung Merapi Cocok untuk Manjakan Mata Anda Bersama Keluarga - WisataHits
Yogyakarta

5 Destinasi Wisata Dekat Gunung Merapi Cocok untuk Manjakan Mata Anda Bersama Keluarga

Liputan6.com, Yogyakarta – Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Pemandangan di sekitar Gunung Merapi tak pernah berhenti memukau para pengunjungnya.

Sejak letusan besar pada tahun 2010, Gunung Merapi masih menjadi tujuan wisata yang populer bagi semua orang termasuk para pecinta alam. Padahal, saat ini banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sekitar lereng Gunung Merapi. Di bawah ini adalah rekomendasi wisata di dekat Gunung Merapi:

1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan salah satu tempat wisata di lereng Merapi. Sesuai dengan namanya, tempat ini awalnya berfungsi sebagai tempat berlindung warga saat erupsi Merapi terjadi.

Destinasi ini memungkinkan pengunjung untuk melihat lebih dekat keindahan dan kemegahan Gunung Merapi. Bunker Kaliadem terletak di sebelah selatan Gunung Merapi dan tepat di atas rumah Mbah Maridjan.

Bunker Kaliadem menyuguhkan keindahan sekaligus sisi magis. Saat pengunjung memasuki area bunker, mereka akan merasakan sisi magis dari kisah dahsyat erupsi Merapi 2010 lalu.

2. Ekowisata Kalitalang

Ekowisata Kalitalang cocok bagi Anda yang tidak terbiasa dengan panjat tebing. Tempat wisata ini berada di atas ketinggian 1.600 mdpl.

Puncak dan kawah Gunung Merapi terlihat begitu dekat dari tempat wisata ini. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus melewati jalur aliran lahar Merapi.

3. Jembatan Plunyon Kalikuning

Jembatan Plunyon Kalikuning memiliki aliran air sungai yang jernih. Tempat ini juga memiliki beberapa spot foto yang menarik.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa menikmati jeep lava tour. Harga sewa lava jeep tour adalah Rp 300.000.

4.Nawang Jagad

Berada di kawasan Kaliurang, Nawang Jagad menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi yang diapit oleh perbukitan Turgo dan Plawangan. Tempat ini sangat cocok untuk berkemah bersama teman dan keluarga.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata karena memiliki area yang sangat luas. Terkait perangkat keluar, manajemen telah menyediakan sejumlah fasilitas pendukung.

5. Taman Alam Tankaman

Taman Wisata Alam Tankaman merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang menampilkan pemandangan Gunung Merapi. Lokasinya yang masih di rimbunnya pepohonan membuat suasana di sini semakin sejuk.

Taman Wisata Alam Tankaman terletak di kawasan Kaliurang. Salah satu destinasi wisata di dekat Gunung Merapi ini juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti berkemah, bersepeda dan berkumpul dengan keluarga atau teman dekat.

Pengarang: Resla Aknaita Chak

Desa Wisata Karanganyar merupakan salah satu penerima Penghargaan Desa Wisata Tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari kota Yogyakarta dan 10 menit dari Candi Borobudur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button