Seharian renungan di Curug Cilember Bogor - WisataHits
wisatahits

Seharian renungan di Curug Cilember Bogor

Apakah Anda merasa sangat lelah dan ingin merenung sejenak dengan alam untuk keluar dari rutinitas? Nah, Curug Cilember yang berlokasi di Bogor adalah solusi cerdas untuk Anda.

Sehari renungan di Curug Cilember Bogor 1Sumber gambar: Instagram.com/paska_Siagian

Jam buka: 24 jam
Harga tiket: Rp20.000/orang
Kontak: (0251) 8258890
Aktivitas: Berenang, makan, bermain, bersantai
Waktu kunjungan: 3 jam
Alamat: Jl.Desa Cilember, Cilember, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Fasilitas umum: Mushola, Toilet, Belvedere, Akomodasi, Bat buah
Peta daring: Tampilkan peta

Curug sendiri merupakan kata yang berarti air terjun. Tentu sangat menyenangkan bukan, berwisata ke air terjun dimana akan menemukan kesejukan dan pemandangan hutan yang indah yang bisa membuat betah dan tidak ingin pulang.

Apakah itu benar? mungkin anda akan menemukan jawabannya sendiri ketika anda pergi ke Curug Cilember yang memiliki lokasi di Jl. Raya Puncak no KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Air Terjun CilembreSumber gambar: Instagram.com/har.fik

Air terjun dingin Cilembre Sumber gambar: Instagram.com/adi_wibowo30

Air terjun Cilember saja Sumber gambar: Instagram.com/hawamuuuu

Air terjun dingin Cilembre Sumber gambar: Instagram.com/rosmiilla

Curug Cilember Bogor

Jika anda berkunjung ke kota Bogor, jangan lupa mampir ke sebuah lokasi wisata air terjun dimana di tempat ini terdapat 7 air terjun yang berbeda. Jangan lupa bahwa Anda akan merasa sejuk dengan suhu sekitar 18 hingga 23 derajat.

Air terjun ini memiliki tujuh tingkat, dari Cilember 1 hingga Cilember 7. Tentunya yang paling rendah di dekat loket adalah Cilember1, sedangkan yang tertinggi adalah Cilember 7. Pengunjung harus melakukan ini. diikuti untuk mencapai puncak air terjun yaitu dengan berjalan kaki melewati bebatuan dan jalanan yang sangat licin.

Karena semakin tinggi level air terjun, semakin banyak akses ke tempat Destinasi menjadi lebih sulit. Curug Cilember ini memiliki jalur yang cukup aman dan mudah dari Cilember 1 hingga Cilember 4. Sedangkan setelah itu, akses semakin sulit karena jalan setapak yang curam dan licin serta bebatuan.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai Curug Cilember 7 jika Anda tidak terampil, karena keselamatan tetap menjadi prioritas utama.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cilember Bogor Terbaru 2019

wisatawan nusantara

Rp20.000

Turis asing

Rp 70.000

Parkir motor saja

Rp 3.000

Tempat parkir mobil

Rp 10.000

Berkemah

Rp 30.000

rubah terbang nusantara

Rp25.000

Rubah terbang di luar negeri

Rp 50.000

Foto sebelum pernikahan

Rp 500.000

Pembuatan film/sinetron

Rp 3.000.000

Tenda Besar Kapasitas 8 Orang (Kasur + Sleeping Bag)

Rp 350.000

Tenda Kecil Kapasitas 4 Orang (Kasur + Sleeping Bag)

Rp 180.000

Selain itu, ada juga hadiah akomodasi yang bisa Anda gunakan untuk bermalam di Curug Cilember.

1. Meranti (kapasitas 6 – 20 orang).

  • Hari dalam seminggu Rp 1.500.000
  • Akhir pekan Rp 2.000K

2. Mercure (kapasitas 6 – 20 orang)

  • Hari dalam seminggu Rp 1.250.000
  • Akhir pekan Rp 1.600K

3. Damar (kapasitas 4 – 6 orang)

  • Hari dalam seminggu Rp 1.050.000
  • Akhir pekan Rp 1.200K

4. Rasamala I & II (Kapasitas 4 – 6 orang)

  • Hari dalam seminggu Rp 1.050.000
  • Akhir pekan Rp 1.200K

5. Aula/ruang rapat (kapasitas 12 – 40 orang)

  • Hari dalam seminggu Rp 1.050.000
  • Akhir pekan Rp 1.200K

Rute dan Akses Lokasi Air Terjun Cilember

Nah, untuk memulai perjalanan menuju Curug Cileber, untuk kalian, penjelajah yang menggunakan kendaraan pribadi, menempuh rute dari Depok menuju Jalan Raya Jakarta-Bogor. Kemudian jika sudah sampai di Ciawi terus ikuti jalan menuju Pic.

Selain itu, jika Anda sudah sampai di depan Hotel USSU Cisarua atau Kedai Sate H. Kadir, ikuti saja rambu yang akan mengarahkan Anda ke jalan utama menuju Curug Cilember. Jika ada pertigaan, belok kanan dan sekitar 1,5 km Anda akan segera sampai di lokasi.

Adapun kamu penjelajah yang menggunakan jasa angkutan umum menuju Jakarta dapat menggunakan Commuter Line atau KRL menuju Stasiun Bogor. Sampai di stasiun Bogor naik angkot jurusan Bubulak – Sukasari, kemudian lanjut naik angkot jurusan Sukasari – Cisarua.

Terakhir bisa turun di desa Cilember, biasanya banyak pangkalan ojek dan menawarkan ongkos perjalanan sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Instalasi air terjun Cilembre

Selain fasilitas Standar tempat wisata seperti toilet dan mushola. Anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas seperti gubuk kayu, taman kupu-kupu, kios wisata, taman keluarga, jungle tracking, kelelawar buah dan juga camping ground. Menyenangkan bukan?

Sejarah Singkat Curug Cilember

Curug Cilember mulai didirikan sebagai tempat wisata pada tahun 1990. Saat itu Perhutani bekerja sama sebagai pengelola untuk membangun fasilitas seperti jalan dan lain-lain. sehingga aksesnya lebih mudah. Nah, di awal 2000-an, tempat peristirahatan dan taman dibangun.

Untuk menamai tempat wisata, Mama Cilember diambil dalam bahasa Sunda yaitu lembaran, yang berarti sejenis jamur coklat yang tumbuh pada pohon atau batang kayu yang busuk dan mati. Sedangkan di Indonesia, jamur ini dikenal sebagai jamur kuping.

Karena udara dan suhu yang lembab, tempat itu mungkin memiliki banyak jamur.

Mitos Air Terjun Cilember

Yah itu tidak menyenangkan Baik jika kita belum mengetahui asal usul dan mitos tempat wisata yang kita kunjungi. Tujuannya agar kita lebih berhati-hati dan bisa menghargai sejarah.

Mitos telah berkembang sejauh ini jika kita mencuci muka dan di Curug Cilember akan membuat kita awet muda. Tak hanya itu, mayoritas juga percaya bahwa air Curug Cilember juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Juga, jika kita memutuskan untuk mandi di sebelah kanan air terjun, itu akan meningkatkan kekuatan, jika ke kiri, air terjun akan meningkatkan awet muda dan berkah.

Hal ini didasarkan pada sebuah mitos kuno dimana dikatakan bahwa Curug Cilember merupakan tempat persembunyian Putri Kerajaan Pasundan yang dikenal baik dan sangat cantik. Putri ini sering cuci muka disini dan mitos selama ini juga memelihara air terjun Cilember.

Apalagi mayoritas juga percaya bahwa air terjun ini merupakan tempat pemandian raja-raja Siliwangi. Inilah mitos yang berkembang hingga saat ini, percayakah Anda?

Baca juga: Curug Leuwi Hejo

secara global, Curug Cilember menjadi rekomendasi wisata yang menarik untuk diisi akhir pekan yang mungkin tidak punya rencana. Ajak teman atau pasangan bahkan keluarga Anda untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak, bermain air di air terjun Cilember ini. Lanjutkan!

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button