Curug Cilember Bogor, air terjun yang indah dengan 7 tingkat - WisataHits
wisatahits

Curug Cilember Bogor, air terjun yang indah dengan 7 tingkat

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Air Terjun Cilembre salah satu air terjun indah di Puncak Cisarua, Bogor. Air terjun 7 tingkat ini memiliki panorama alam yang menawan dan menyegarkan, taman kupu-kupu dan jembatan cinta.

Harga tiket: Rp6.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Raya Puncak-Gadog No.KM 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Cilember merupakan kawasan wisata di wilayah Bogor yang sering menjadi tujuan utama orang-orang yang akan pergi ke air terjun. Tempat wisata ini memang menjadi favorit bukan tanpa alasan karena tempat ini sangat mudah dijangkau, berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya.

Apalagi pesona keindahannya bisa dikatakan sangat menakjubkan dan tidak akan mengecewakan Anda. Dengan pemandangan yang sangat indah dan asri, tempat ini juga menjadi pilihan yang banyak disukai oleh sebagian besar wisatawan.

Oleh karena itu, Curug Cilember adalah tempat wisata yang paling sempurna ketika Anda mengunjungi Bogor. Tidak hanya indah, tempat ini juga akan menawarkan berbagai atraksi lainnya.

Objek wisata air terjun Cilember

Objek wisata air terjun CilembreKredit gambar: Google Maps Faqih Santanu

Cilember merupakan wisata air terjun yang selalu diminati banyak wisatawan. Ada berbagai atraksi yang dimiliki tempat wisata ini, yang tentunya mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

1. Wahana Jembatan Cinta

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Curug Cilember adalah wahana Jembatan Cinta yang begitu menarik. Jembatan ini memiliki bentuk yang sangat menarik untuk ukuran jembatan gantung. Apalagi seperti namanya, jembatan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai background photoshoot bagi pasangan yang ingin mengabadikan momen bersama di tempat wisata ini.

2. Peternakan Kupu-Kupu

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tempat ini juga memiliki tempat yang sangat berguna untuk membantu wisatawan mengedukasi diri tentang satwa di kawasan penangkaran kupu-kupu. Di kawasan ini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang diternakkan oleh pengelola.

Area penangkaran ini adalah tempat yang tepat untuk belajar lebih banyak tentang pengunjung dengan anak-anak. Memang, mereka bisa belajar tentang siklus hidup kupu-kupu dari awal hingga akhir.

Jika Anda masih merasa bingung, Anda tidak perlu khawatir karena akan ada staf yang ramah untuk membantu Anda menjelaskan proses makeover kepada anak Anda. Dari telur hingga transformasi menjadi kepompong dan kupu-kupu, semua proses akan dijelaskan secara detail menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

3. Ada 7 air terjun

Yang membuat wisata air terjun cilember ini berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya adalah terdapat beberapa air terjun tersendiri. Semakin tinggi lokasi air terjun, semakin sulit untuk mencapainya, sehingga sebagian besar pengunjung hanya bisa mendaki air terjun hingga level 5.

Curug level 7 adalah yang paling mudah diakses karena dekat dengan pintu masuk. Inilah sebabnya mengapa banyak pengunjung berduyun-duyun ke daerah ini untuk menikmati keindahan yang ditawarkan air terjun ini.

Bagi Anda yang menginginkan suasana damai dan tentram, Anda bisa mendaki ke air terjun level 5. Aksesnya juga cukup mudah dan suasana air terjunnya sangat damai bagi siapa saja yang mengunjunginya.

4. Mitos yang menarik

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug CilemberKredit Gambar: Google Maps Fitri Yuliama

Bisa dibilang tempat wisata ini begitu terkenal karena memang ada beberapa mitos menarik yang melingkupinya. Menurut cerita warga sekitar, air terjun ini dikenal sebagai tempat pemandian Putri Kerajaan Pasundan yang baik hati dan memiliki paras yang cantik. Hingga akhir hayatnya, ia terus menggunakan tempat ini sebagai tempat mandi.

Karena cerita rakyat, banyak yang percaya bahwa siapa pun yang mandi di air terjun ini pasti akan mendapatkan bentuk kulit yang lebih baik dan terlihat lebih muda. Apalagi ada juga yang percaya bisa menemukan jodoh seumur hidup atau sembuh dari segala penyakit dengan mandi di air terjun ini.

5. Taman Cinta

Sebelum bertemu dengan Jembatan Cinta, Anda pasti akan melewati Taman Cinta terlebih dahulu. Taman ini merupakan taman yang terdiri dari beberapa bunga yang disusun membentuk hati.

Karena bentuknya yang lucu, tempat ini juga menjadi tempat yang sangat populer bagi pengunjung maupun pasangannya masing-masing. Selain lucu, taman ini juga memiliki papan ucapan yang penuh dengan kata-kata manis dan sangat emosional.

6. Dikelilingi oleh hutan lebat

Karena berada di dalam hutan yang cukup lebat, tak heran jika air terjun ini memiliki beberapa area yang cukup sulit untuk diakses. Namun, hal inilah yang membuat tempat wisata ini begitu menarik. Pengunjung yang sangat menyukai fenomena alam dan menginginkan ketenangan pikiran di udara segar akan menganggap tempat ini sebagai surga.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Curug Cilember

Alamat Curug CilemberKredit gambar: Google Maps Irwan Japardi

Air terjun yang indah ini memiliki lokasi yang tidak sulit untuk ditemukan karena terletak di desa Cilember, salah satu desa di Puncak Bogor. Juga, jika Anda ingin pergi ke tempat wisata ini, Anda tidak perlu merasa bingung karena akan ada petunjuk yang bisa Anda temukan dalam perjalanan menuju tempat ini.

Untuk rutenya sendiri, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Bogor di Jawa Barat. Anda dapat menyewa mobil atau menggunakan jasa transportasi lainnya dan menuju ke Puncak Bogor. Setelah itu, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke Taman Matahari dan Anda akan segera sampai di tempat tujuan.

Perjalanan untuk mencapai tempat ini mungkin tidak terlalu mudah karena Anda harus menghadapi jalan yang penuh kerikil dan banyak tikungan berbahaya. Namun, pemandangan alam tujuan yang ramah tentu tidak akan membuat Anda menyesal meski merasa sedikit lelah di perjalanan.

Untuk masuk ke tempat wisata Curug Cilember, Anda hanya perlu membayar 6.000 rupee. Jika Anda membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor, Anda akan dikenakan biaya Rs 5.000 untuk parkir dan Rs 10.000 jika Anda membawa mobil.

Selain itu, jika ingin memasuki kawasan penangkaran kupu-kupu, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5.000 per orang. Bagi Anda yang ingin berkemah, akan ada biaya sewa lapangan juga. berkemah sebesar 30 ribu rupiah. Anda juga harus membayar biaya sewa tenda yang akan digunakan saat camping tergantung kapasitas dan ukurannya.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Cilember

Aktivitas Seru di Air Terjun CilemberKredit gambar: Google Maps nabilla ramadhana

1. Mainkan flying fox

Aktivitas menarik pertama yang bisa kamu lakukan di Curug Cilember adalah dengan menggunakan beberapa fasilitas keluar disediakan oleh tempat ini. Salah satu fasilitas tersebut adalah rubah terbang, yang mampu menantang adrenalin Anda di ketinggian sekaligus memberikan sensasi yang begitu mendebarkan.

2. Fotografi

Tentu kurang memuaskan jika tidak mengabadikan momen mengunjungi tempat wisata tersebut. Karena terdapat berbagai spot foto menarik sambil dikelilingi pemandangan alam yang menakjubkan, berfoto di tempat ini juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.

3. Berenang di Curug

Bisa dikatakan air yang mengalir di air terjun ini sangat bersih dan segar. Bagi Anda yang sudah lelah berwisata di tempat ini, mandi di air terjun adalah pilihan yang tepat untuk Anda mengembalikan tubuh ke kondisi semula.

Terlepas dari mitos yang beredar, air di tempat ini berkualitas tinggi karena berasal dari mata air pegunungan. Mandi di air tawar pasti bisa membuat Anda rileks dan meringankan beban pikiran dalam sekejap.

4. Jelajahi keindahan semua curug

Karena tempat ini memiliki beberapa air terjun di lokasi yang berbeda, mungkin ada pengunjung yang merasa tertantang untuk menaklukkan semua air terjun yang ada hingga ke puncak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air terjun ini memiliki beberapa daerah yang sulit dijangkau.

Oleh karena itu, Anda selalu membutuhkan bantuan pemandu untuk membawa Anda ke puncak air terjun tertinggi. Meski terkesan sulit dan sedikit berbahaya, pemandangan luar biasa yang bisa Anda temui tentu akan mengusir rasa lelah.

5. Berkemah di area air terjun

Aktivitas Seru di Air Terjun CilemberKredit gambar: Google Maps nabilla ramadhana

Tidak hanya berfoto atau menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berkemah di Curug Cilember. Telah disediakan lahan yang luas untuk membangun beberapa tenda dengan ukuran yang berbeda-beda, dan keamanannya terjamin.

Banyak turis menggunakan area ini berkemah Ini adalah tempat untuk beristirahat ketika mereka tidak punya waktu untuk mencari akomodasi. Tidak hanya itu, banyak lembaga pendidikan juga menyewakan tempat ini sebagai tempat untuk melakukan kegiatan perkemahan pramuka.

6. Duduk Santai Di Bawah Pohon Pinus

Di tempat wisata ini terdapat beberapa pohon pinus yang sangat tinggi. Itu juga yang membuat tempat ini begitu sejuk dan memiliki udara segar yang tidak akan terasa di kota manapun.

Untuk ini, Anda bisa mencoba duduk di bawah pohon pinus yang sebelumnya memiliki tempat untuk beristirahat. Tidak hanya mendapatkan ketenangan, Anda juga bisa merasakan sensasi dikelilingi pepohonan pinus yang lebat yang bisa menghilangkan beban pikiran Anda.

7. Trekking Menikmati Keindahan Sekitar

Karena lokasi air terjun ini cukup sulit dijangkau, satu-satunya cara yang harus dilakukan wisatawan adalah melakukan melakukan perjalanan atau berjalan kaki dari tempat parkir ke lokasi utama. Kenakan sepatu yang nyaman agar Anda tidak merasa terlalu lelah dan terpeleset di jalan yang licin dan berliku.

Fasilitas wisata yang tersedia di Curug Cilember Bogor

Perlengkapan Curug Cilember BogorKredit gambar: Google Maps Irwan Japardi

Tidak kalah dengan wisata populer lainnya, Curug Cilember sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Di tempat ini sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti jalan setapak, kamar mandi, area parkir, tempat ibadah dan petunjuk arah yang memudahkan Anda saat menjelajahi tempat ini.

Juga, bagi Anda yang ingin beristirahat, Anda bisa duduk di bangku taman terdekat. Tidak perlu khawatir jika lapar karena sudah ada beberapa warung makan yang menjual masakan khas daerah Bogor dan makanan lain yang bisa mengenyangkan.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kamu ketahui tentang Curug Cilember. Tempat wisata ini memang sangat indah dan menyenangkan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi ketika ingin liburan keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button