Stone garden, lihat pesona taman batu kuno di Padalarang Bandung - WisataHits
wisatahits

Stone garden, lihat pesona taman batu kuno di Padalarang Bandung

Stone Garden, tempat wisata alam yang menghadap ke hamparan bebatuan di Padalarang Bandung. Bebatuan tua yang unik dan indah bisa menjadi alternatif tujuan liburan.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Wisata ini sangat istimewa dengan bebatuan purba di padang rumput yang luas dan nuansa alam purba yang penuh dengan kekayaan alam. Ya, apalagi kalau bukan Stone Garden. Destinasi wisata yang terletak di Padalarang, Bandung ini memang menjadi tempat yang menarik, apalagi bagi yang ingin memamerkannya di media sosial.

Anda bisa menikmati sensasi alam terbuka yang langka dan hanya ada di Indonesia. Selain unit, Padalarang Bandung juga menjadi saksi sejarah kehidupan purba. Di sini pengunjung bisa melihat bongkahan batu yang kokoh berdiri di tengah lapangan yang luas.

Bagi Anda yang menyukai suasana alam, memilih mengunjungi destinasi ini adalah pilihan yang tepat. Selain untuk berwisata, tempat ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau rekan kerja untuk melepas penat.

Atraksi Taman Batu Padalarang

Atraksi Taman Batu PadalarangKredit gambar: Instagram Aucy

1. Fosil Manusia

Kedengarannya menakutkan, tapi itu benar. Setiap pengunjung dapat menemukan manusia berupa fosil di situs ini. Tepatnya saat memasuki Gua Pawon. Di sini, pengunjung bisa melihat fosil manusia dengan mata telanjang.

2. Pesona alam yang unik

Bagi anda yang sangat tertarik dengan wisata alam yang unik, Stone Garden Padalarang cocok sebagai destinasi wisata yang anda kunjungi. Anda dapat menikmati batu-batu besar yang berdiri di padang rumput yang luas.

Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Banyak pengunjung yang datang ke sini membandingkan Rock Garden ini dengan Pulau Christmas di Australia.

3. Danau di tengah bukit

Wisatawan yang datang ke Batu Park juga bisa melihat danau yang menganga dari ketinggian. Bahkan pengunjung bisa menikmati situs bersejarah ini dari ketinggian. Namun, pengunjung disarankan untuk tidak turun di dekat area danau. Karena itu, Anda hanya dapat menikmatinya di ketinggian.

4. Perasaan tenang

Suasana yang tenang adalah pereda stres yang andal. Jadi, tempat ini bisa menjadi pilihan saat Anda ingin bersantai. Anda bisa menikmati suasana alam tanpa keramaian.

Anda juga dapat menikmati kopi atau minuman panas di ketinggian. Tentunya hal ini akan menambah keseruan liburan Anda. Namun, jangan membuang sampah sembarangan, oke?

5. Suasana sejuk

Sama seperti wisata di kawasan Bandung, di taman Batu ini juga Anda akan mendapatkan kesejukan yang tidak akan Anda temukan di tengah kota. Pemandangan indah dari atas bukit berpadu dengan kesejukan alam di sekitar lokasi. Jadi, sayang sekali jika Anda tidak mengunjungi tempat wisata ini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk Stone Garden

Alamat taman batuKredit gambar: Google Maps andre yoke himawan

Destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tepatnya di Gunungmasigit. Pertama-tama, Anda harus berhati-hati saat menuju ke destinasi ini. Pasalnya, untuk mencapai destinasi ini dibutuhkan kondisi fisik yang prima. Untuk sampai ke puncak, Anda harus melakukannya dengan berjalan kaki.

Untuk sampai ke sana, pengunjung harus menempuh jarak minimal 8 km. Jika Anda menggunakan kendaraan bermotor, Anda bisa sampai di sana dalam waktu sekitar 20 menit. Namun, jika Anda datang dari daerah Padalarang, hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk sampai ke sana karena jaraknya hanya sekitar 5 km.

Bagi yang datang dari Jakarta bisa masuk melalui tol Padalarang hingga Padalarang. Sedangkan dari Bandung bisa langsung menuju Tol Cipularang hingga mencapai Tol Padalarang. Nah, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju kota Parahyangan.

Untuk memasuki kawasan Batu Padalarang Bandung, Anda hanya perlu membayar 3.000 rupee. Sangat terjangkau bukan? Namun, biaya tersebut belum termasuk tiket masuk Gua Pawon.

Jika ingin menikmati sensasi memasuki Gua Pawon, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 6.000 dan biaya parkir kendaraan bermotor. Biasanya biaya parkir di area taman Batu Padalarang berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 10.000 tergantung kendaraan yang dibawa. Namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim liburan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Stone Garden Bandung

Kegiatan Stone Garden BandungKredit gambar: Google Maps Deddi Hariprawira

1. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas yang menarik untuk dilakukan wisatawan di Taman Batu Padalarang adalah menikmati sunset atau menikmati sunset matahari terbenam. Anda bisa duduk di antara bebatuan bersama teman-teman sambil melihat matahari. Sinar hangat senja akan memanjakan kulit Anda.

Namun, perlu diingat bahwa pengunjung wisata alam yang indah ini tidak dapat menikmatinya matahari terbenam saat langit mendung. Jadi cek cuaca dulu sebelum nonton matahari terbenam.

2. Mendaki

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa mencobanya saat ke Taman Batu Padalarang, Bandung. Pasalnya untuk bisa mencapai titik tertinggi harus dipaksa berjalan kaki. Maka tak heran jika destinasi ini sangat cocok bagi para pecinta hiking.

Medan yang dilalui juga cukup menanjak, sehingga dibutuhkan stamina yang prima untuk sampai dengan selamat. Tentu saja, Anda perlu menyiapkan sepatu yang bagus. Tidak jarang Anda menghadapi medan yang licin. Namun, pemandangan sekitar yang indah selama perjalanan akan menyembuhkan rasa lelah Anda.

3. Foto sebelum pernikahan

Banyak pengunjung yang sering memanfaatkan pemandangan unik dan langka ini untuk foto pernikahan. Ya, untuk mengabadikan momen bersama pasangan yang akan menjadi pendamping seumur hidup. Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk mengabadikan momen spesial itu.

Anda akan sering menjumpai pengunjung berpose mesra di tengah-tengah situs ini. Tanpa melupakan fotografer yang siap memotret kemesraan pasangan.

4. Bermain dengan anak-anak

Bermain bersama anak-anak tentunya menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan Stone Garden Bandung. Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga bisa menikmati momen bersama.

Namun perlu diperhatikan bahwa destinasi ini bukanlah area yang cocok untuk membawa anak di bawah 5 tahun. Karena medannya menanjak dan menghabiskan banyak tenaga.

5. Memotret Ria

Aktivitas yang wajib dilakukan saat berlibur di Taman Batu Padalarang Bandung adalah selfie. Memang, tanpa selfie Di mana alur tentu saja liburan tidak berkesan. Batuan padat dan tidak beraturan sangat eksentrik sebagai spot foto.

6. Minum minuman panas

Minum kopi atau minuman panas pasti oke buat kamu setelah sampai di puncak. Anda bisa beristirahat sejenak sambil menikmati minuman hangat. Energi dan stamina Anda pasti akan pulih dengan cepat.

Anda juga bisa minum air mineral untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Ini sangat penting agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Jadi kapan lagi bisa menikmati pemandangan dari atas sambil ditemani segelas kopi panas?

7. Nikmati Kuliner Khas Bandung

Anda tidak perlu khawatir dengan sajian kulinernya. Bahkan ketika Anda lupa membawa perbekalan. Taman Batu Padalarang Bandung juga memiliki sejumlah warung yang siap mengisi perut Anda. Berbagai menu menarik ditawarkan bagi Anda yang sedang lapar.

Tak hanya kuliner, warung juga menawarkan minuman hangat. Jadi Anda tidak perlu khawatir membawa banyak perbekalan, bukan?

8. Buatlah Jurnal Sejarah Kuno

Anda bisa mengikuti wisata sejarah dengan menyimak setiap situs yang ada di sini. Jangan lupa untuk menuliskannya di jurnal Anda. Pasalnya, situs ini banyak menyimpan pengetahuan sejarah kuno. Di sini Anda bisa melihat fosil manusia purba, fosil karang dan peninggalan purbakala yang menarik lainnya.

Juga, sangat disarankan untuk mengunjungi Gua Pawon. Di sini Anda dapat menemukan berbagai hal unik dan artefak sejarah yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

9. Pelajari jenis batuan

Sia-sia kalau hanya berfoto-foto. Anda bisa mulai memperkaya wawasan Anda dengan mempelajari jenis-jenis bebatuan di situs ini.

Tekstur bebatuan di Batu Park mirip dengan bebatuan laut pada umumnya. Memang, para ahli mengatakan bahwa Stone Garden adalah sisa-sisa puing-puing dasar danau tua di Bandung.

Konon, Bandung adalah hamparan danau yang luas. Pada abad berikutnya, danau itu menyempit dan menjadi kota Bandung yang kita kenal sekarang.

Akomodasi murah dekat Stone Garden

Penginapan Stone GardenKredit Gambar: Google Maps Mason Pine Hotel

1. Mason Pine Bandung Hotel

Dengan tempat parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir. Hotel bintang 4 ini terkenal dengan suasananya yang nyaman dan bersih. Anda juga dimanjakan dengan suasana yang nyaman. Selain itu, hotel ini sangat mudah diakses dari pusat kota Bandung. Bagi Anda yang memiliki budget berlebih, Anda bisa memilih hotel ini sebagai pilihan yang tepat.

2. Slot jempol

Terletak di Jalan H. Amir Mahmud Cimahi Bandung, Anda bisa menginap waktu singkat di sini. Meski murah, Anda bisa menikmati kamar yang bersih dan nyaman. Anda juga dapat menikmati wifi gratis dan televisi. Pastikan untuk memesan terlebih dahulu agar Anda tidak kehabisan tempat.

3. Cafe dan tenda Meloh

Jika Anda ingin mencari suasana baru untuk menginap, Anda bisa mencoba Meloh Cafe & Tents. Deretan tenda hangat dengan lingkungan asri siap memanjakan Anda. Jumlah tenda yang disediakan juga banyak, jadi tidak perlu khawatir kehabisan tenda.

4. Homestay Permata Cimahi

Jika Anda datang dengan rombongan, menginap di Permata Cimahi Homestay bisa menjadi pilihan yang tepat. Homestay ini menawarkan kamar yang bersih dengan kasur yang nyaman dan empuk. Anda juga bisa menikmati mandi air panas di hotel ini. Hotel ini juga melindungi pengunjung dari Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Fasilitas yang tersedia di Stone Garden Bandung

Fasilitas Stone Garden BandungKredit gambar: Twitter ahli kecantikan

Untuk menunjang aktivitas wisata, pihak pengelola Batu Padalarang Bandung Park menyediakan berbagai fasilitas. Ini termasuk mushola, spot foto tambahan, toilet. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kendaraan Anda. Karena tempat parkir destinasi ini sangat luas.

Parkir aman meskipun jauh dari jangkauan Anda. Karena pengelola juga merawat kendaraan Anda saat berada di atas. Dengan demikian, keamanan kendaraan Anda benar-benar terjamin di tempat wisata ini.

Nah itulah beberapa tempat wisata, fasilitas dan rute menuju Kawasan Wisata Taman Batu Padalarang Bandung Sarana dan prasarana tempat wisata ini tentunya sangat lengkap. Wisatawan dapat berlibur dan menikmati hari dengan lebih menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button