Ironman 70.3 Triathlon Championship, peserta terkesan dengan alam Lombok - WisataHits
Jawa Tengah

Ironman 70.3 Triathlon Championship, peserta terkesan dengan alam Lombok

TEMPO.CO, Mataram – Sebanyak 406 peserta berlaga di Ironman 70.3 Lombok Triathlon pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Mereka dilepaskan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah setelah matahari terbit di pantai Malimbu Lombok menempuh rute 110 kilometer.

Peserta terdiri dari peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Sebanyak 156 peserta berasal dari 33 negara.

Anda harus menyelesaikan tantangan berenang hingga 1,2 mil atau 1,9 kilometer di depan Holiday Resort Hotel. Kemudian bersepeda 56 mil atau 90 kilometer di sepanjang jalan di Malimbu, Senggigi ke Lombok Barat dan Lombok Tengah dan kembali ke Malimbu. Begitu sampai di Malimbu, lari dan/atau jalan kaki 13,1 mil atau 21,1 kilometer Malimbu – Senggigi – Malimbu.

M Arie S. Sukirno, Eksekutif Indonesia Sport & Events Management, mengatakan Ironman 70.3 merupakan wujud dari event olahraga internasional di Lombok. “Sebagai destinasi wisata olahraga kelas dunia setelah sukses penyelenggaraan MotoGP, WSBK dan MotoX World Championship,” ujarnya.

Dalam kejuaraan tersebut, Andy Wibowo dari Indonesia menjadi pesaing yang mencapai gol pertama. Dia berhasil menyelesaikan tiga tahap triathlon dalam waktu kurang dari lima jam. Andy juga tercatat sebagai yang tercepat di tiga cabang olahraga sekaligus, dimulai dari renang, bersepeda, dan lari.

Menurut Andy, medan ski saat event Ironman 70.3 Lombok cukup menantang, ditambah trek di kawasan Senggigi yang menanjak. “Saya sangat bangga karena Ironman 70.3 Lombok diadakan untuk pertama kalinya.untuk mengatur oleh penyelenggara dari Indonesia dan bisa sukses,” ujarnya.

Untuk putri, Inge Prasetyo menjadi peserta pertama yang juga berasal dari Indonesia.

Ironman 70.3 berlangsung di tiga kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat yaitu Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram dan Lombok Tengah. Selain berenang, berlari dan bersepeda, peserta juga dapat menikmati alam Lombok yang mempesona di sepanjang lintasan.

Galih Wisnu Jatmiko, salah satu peserta lomba dari Semarang, mengatakan lomba triathlon Lombok sangat menarik. “Trek di Lombok ini bisa dibilang tantangan mutlak. Berenang di laut yang berarus dan bersepeda di Senggigi memiliki kemiringan,” katanya.

Peserta dari Jepang, Takayuki dan 12 temannya yang bekerja di Jakarta mengaku sangat puas dan tidak putus asa mengulangnya. “Saya jatuh dari sepeda di kilometer 84,” katanya.

Andy Hadianto yang sudah tiga kali berlaga di triathlon, termasuk di luar NTB, mengaku trek di Ironman 70.3 Lombok sangat nyaman. “Di Lombok, jalan aspal sangat nyaman. Jalannya sangat bagus. Dia tidak mengecewakan,” katanya.

Baca juga: Ironman 70.3 Lombok Triathlon Sports Tour dapat diselenggarakan, peserta dari 33 negara

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button