Pantai Sawangan, pesona pantai pasir putih eksotis dan indah di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Sawangan, pesona pantai pasir putih eksotis dan indah di Bali

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Gunung Payung I, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Ada banyak tempat wisata yang bisa anda temukan di pulau Bali. Salah satunya terletak di Nusa Dua Selatan, namanya Pantai Sawangan. Pantai ini memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Meski tidak sepopuler pantai lainnya, destinasi bahari ini memiliki keindahan alam yang indah. Saat anda merencanakan liburan di kawasan Bali khususnya di kawasan Kuta bagian selatan, sebaiknya anda menjadikan pantai ini sebagai tujuan liburan anda. Dijamin pemandangan yang disajikan oleh pantai ini tidak akan membuat Anda bosan.

Beragam aktivitas seru juga bisa Anda lakukan saat berlibur di Pantai Sawangan Badung. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak pergi ke sana.

Objek Wisata Pantai Sawangan

Objek Wisata Pantai SawanganKredit gambar: Google Maps

1. Pantai yang Tenang dan Tenang

Pantai Sawangan memang tidak sepopuler pantai-pantai lain di Bali. Karena itulah, pantai ini selalu cenderung jarang dikunjungi wisatawan. Jadi, saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menemukan suasana yang sangat sepi.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, terutama kota besar yang sudah penat dari hiruk pikuk dan aktivitas bisnis, pantai ini bisa Anda jadikan tempat untuk mencari ketenangan.

Suasana perkantoran di sekitar Nusa Dua cenderung sepi pengunjung. Ini karena lokasinya memang cukup tersembunyi.

Karena tempat ini belum terlalu populer, tidak heran jika Anda berkunjung ke tempat ini tidak akan menemukan kafe atau warung yang menjual makanan. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang ingin mencari ketenangan bersama pasangan atau keluarga, pantai ini bisa Anda kunjungi saat berlibur.

2. Pasir putih halus

Daya tarik Pantai Sawangan yang perlu Anda ketahui adalah pasir putihnya. Sebagian besar pasir pantainya berwarna hitam, namun tidak demikian dengan pantai Nusa Dua ini. Pantainya memang sangat putih dan mulus.

Ini adalah daya tarik lain dari pantai ini. Berjalan-jalan di pantai menikmati pasir yang lembut dan indah tentu menjadi ide yang menarik untuk dilakukan. Apalagi jika Anda melakukannya saat matahari mulai terbenam. Maka pemandangan yang bisa Anda dapatkan akan sangat luar biasa.

3. Pantai dengan air yang jernih dan hijau

Tentu itu hal yang sangat menyenangkan ketika anda berlibur di pantai yang cenderung sepi dan tenang serta kondisi sekitar yang sangat bersih. Kenyamanan tersebut tentunya bisa anda rasakan saat berada di pantai. Air di pantai ini sangat jernih dan memiliki warna hijau kebiruan.

Selain itu, ombak di pantai ini cukup kecil dan kontur pantainya cukup landai. Hal ini membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang paling aman dan bisa berenang untuk Anda dan keluarga.

Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini memang akan melakukan aktivitas berenang ini. Karena itu, Anda tidak boleh melewatkannya saat berada di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Petunjuk arah menuju Pantai SawanganKredit gambar: Google Maps

Bagi anda yang berencana mengunjungi Pantai Sawangan, pantai ini terletak di Kabupaten Badung, Bali. Jika Anda memulai dari kawasan wisata Denpasar, jarak tempuh menuju pantai ini sekitar 22 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dibutuhkan waktu kurang lebih 43 menit.

Sedangkan lokasi kawasan wisata Kintamani cukup jauh untuk menjangkau pantai ini. Setidaknya Anda akan menempuh jarak sekitar 81 km atau jika ditempuh dengan kendaraan akan memakan waktu dua setengah jam.

Jarak dari pantai ke pelabuhan Ngurah Rai atau hotel-hotel di dekat bandara cukup dekat, hanya 16 km. Dan waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai pantai dari bandara sekitar 28 menit.

Pantai di Nusa Dua Bali ini buka setiap hari dan bisa anda kunjungi selama 24 jam setiap harinya. Lokasinya sendiri masih berada di pesisir Nusa Dua. Oleh karena itu, untuk bisa mengakses lokasi ini kurang lebih sama dengan saat ingin ke Pantai Nusa Dua.

Untuk menuju Pantai Sawangan, Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Namun lebih disarankan bagi Anda untuk membawa kendaraan sendiri. Namun jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil yang banyak terdapat di daerah Bali.

Bagi Anda yang berkendara secara pribadi, Anda bisa menuju kawasan wisata dengan mengikuti petunjuk arah yang disediakan Google Maps. Menggunakan bantuan fitur-fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk menemukannya.

Namun nyatanya, di pinggir jalan, Anda bisa menemukan papan penunjuk arah pantai. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan diincar saat mencari lokasi pantai cantik itu.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pantai SawanganKredit gambar: Google Maps

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Pantai Sawangan, tentu ini adalah keputusan yang tepat. Karena nantinya kamu tidak perlu membayar biaya masuk apapun alias disini kamu bisa masuk gratis sesuka hatimu.

Namun, meskipun biaya masuk ke pantai Nusa Dua gratis, namun ketika membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk setiap sepeda motor.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sawangan

Aktivitas Seru di Pantai SawanganKredit Gambar: Instagram Hui Xian Kwee

1. Refleksologi

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Sawangan, termasuk pijat refleksi. Di pantai ini nantinya Anda akan menemukan layanan pijat dan pijat refleksi yang ditawarkan oleh ibu-ibu yang merupakan masyarakat yang tinggal di sekitar pantai.

Tentunya kegiatan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan. Terutama bagi Anda yang merasa lelah di sekujur tubuh. Nantinya, Anda bisa menikmati pijat sambil menikmati pemandangan pantai. Itu pasti sesuatu yang bisa membuat Anda bahagia.

2. Keliling pantai menggunakan perahu nelayan

Pemandangan alam yang seru dan unik tentunya tidak akan lengkap jika Anda menginap di sekitar pantai ini. Untuk bisa menikmatinya dengan lebih memuaskan, Anda bisa menjelajahi kawasan pantai dengan menggunakan perahu.

Di sekitar pantai Anda akan menemukan perahu nelayan yang bisa disewa untuk berkeliling kawasan. Biaya sewanya sendiri cukup terjangkau.

Dan Anda dapat menjelajahi pantai hanya dengan harga yang terjangkau ini. Apalagi bagi anda yang sengaja datang ke pantai eksotik ini untuk mengabadikan keindahan pantainya.

3. Naik unta

Aktivitas Seru di Pantai SawanganKredit gambar: Google Maps Lil Valz

Untuk aktivitas selanjutnya yang wajib dilakukan juga saat berada di Pantai Sawangan yaitu menunggang unta. Ini mungkin kegiatan yang cukup unik dan hanya bisa ditemukan di pantai ini.

Ada unta yang siap ditunggangi. Untuk memanfaatkan layanan ini, Anda harus membayar biaya. Karena besaran biayanya sendiri berbeda-beda, karena sangat tergantung dengan durasinya.

Namun sekedar informasi, kisaran harga bagi yang ingin naik unta selama 1 jam adalah sekitar Rp175.000. Sedangkan jika ingin browsing selama 30 menit, biaya yang dibutuhkan adalah Rp 120.000. Namun perlu diketahui bahwa ini adalah tarif yang ditetapkan untuk penumpang anak.

Anda juga bisa menggunakan unta untuk foto prewedding. Pemotretan pernikahan menggunakan layanan ini juga memiliki tarif tersendiri. Namun dibandingkan dengan hasil yang bisa Anda dapatkan, harga yang harus dibayar tetap cukup terjangkau. Oleh karena itu, Anda tidak akan merasa rugi saat harus mengeluarkan uang.

4. Berenang dan bermain air

Aktivitas yang wajib dilakukan di pantai selanjutnya adalah berenang dan permainan air. Kegiatan tersebut tentunya akan membuat liburan Anda semakin seru. Karena ombak yang dimiliki pantai ini tidak terlalu besar, kegiatan ini memang sangat memungkinkan untuk dilakukan dan juga akan aman.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Sawangan BaliKredit gambar: Google Maps

Fasilitas yang disediakan Pantai Sawangan memang tidak selengkap pantai lainnya. Hal ini dikarenakan pantai ini belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Akibatnya, pengelolaannya sendiri tidak dilakukan secara maksimal.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi tempat ini, pastikan untuk membawa makanan sendiri. Karena Anda tidak akan menemukan warung yang menjual makanan di sana.

Itulah tadi ulasan lengkap Pantai Sawangan di Bali yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi tentang objek wisata, harga tiket, lokasi, dll. Mengenai tempat wisata tersebut, tentunya Anda tidak perlu ragu lagi ketika ingin mengunjunginya. Oleh karena itu, saat anda berada di pulau Bali, jadikan pantai ini sebagai tempat liburan anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button