Saya senang Kebun Binatang Loka menambahkan koleksi hewan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Saya senang Kebun Binatang Loka menambahkan koleksi hewan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023

Saya senang Kebun Binatang Loka menambahkan koleksi hewan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023

Monyet percaya Kerjasama Konservasi Sulawesi akan mengisi zona primata GL Zoo.

Yogyakarta (ANTARA) – Pengelola Obyek Wisata Yogyakarta (GL Zoo) Gembira Loka Zoo (GL Zoo) menambah koleksi satwa baru untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Direktur Humas dan Promosi Kebun Binatang GL Fahmi Ramadhan, saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu, mengatakan hewan baru yang akan didatangkan adalah yaki (Macaca nigra), atau monyet jambul hitam, satwa endemik Sulawesi Utara.

“Monyet yakin Koperasi Konservasi Sulawesi akan mengisi zona primata Kebun Binatang GL,” kata Fahmi.

Baca Juga: Sejumlah Tempat Wisata di Yogyakarta Lambat Diserbu Wisatawan

Selain yaki, katanya ada empat satwa lain yang masuk ke zona primata sejak 1 Januari 2023, yakni monyet tupai, marmoset, monyet tonkean hitam, dan lemur.

Beberapa primata, katanya, didatangkan dari Amerika Serikat. “Yang diimpor adalah monyet tupai dan marmoset. Ini hewan dari Amerika Latin,” katanya.

Selain menampilkan primata baru, GL Zoo juga menyiapkan rangkaian program khusus Imlek, mulai dari lomba dengan wisatawan hingga kuis di media sosial Instagram GL Zoo, menurutnya.

Selanjutnya, ada pula teater bertema animal welfare yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI), hingga membagikan ratusan Angpau kepada pengunjung.

“Karena ini Tahun Kelinci, di Instagram akan ada kontes cari stiker kelinci dan kuis. Juga, ratusan paket merah akan dibagikan secara acak kepada wisatawan oleh badut, yang berisi voucher, bukan uang tunai,” katanya.

Baca juga: Kebun Binatang Mini Romokalisari Surabaya Dilengkapi Burung

Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka, kata Fahmi, menargetkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kebun binatang tersebut menjadi antara 5.000 hingga 10.000 orang per hari selama libur Imlek 2023.

“Pada hari biasa biasanya pengunjung mencapai 1.000 hingga 3.000 orang, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 3.000 hingga 5.000 pengunjung,” kata Fahmi.

Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan, dua pintu masuk GL Zoo juga dimaksimalkan, yakni pintu barat di Jalan Veteran dan pintu timur di Jalan Kebun Raya, ujarnya.

Reporter: Luqman Hakim
Penerbit : Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button