Rute Toraja-Balikpapan Dibuka, Wings Air Pakai Pesawat ATR Pesawat - WisataHits
Jawa Timur

Rute Toraja-Balikpapan Dibuka, Wings Air Pakai Pesawat ATR Pesawat

TEMPO.CO, jakarta – Penerbangan langsung (direct flight) dari Toraja ke Balikpapan serta dari Balikpapan ke Toraja akan dimulai pada hari Jumat 7 Oktober 2022.

Penerbangan perdana dengan pesawat ATR 72-500/600, ditandai dengan percikan pada pesawat di apron Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja.

Keberadaan layanan penerbangan langsung ini didukung oleh tiket pesawat bersubsidi melalui bantuan dana Provinsi Sulawesi Selatan untuk tahun anggaran 2022. Gubernur Andi Sudirman menginginkan kemudahan perjalanan udara untuk mendongkrak perekonomian Toraja.

“Alhamdulillah hari ini dibuka penerbangan bersubsidi rute Tana Toraja-Balikpapan dan Balikpapan-Tana Toraja dengan Wings Air,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Jumat, 7 Oktober 2022.

Adapun penumpang pada penerbangan ini, 29 penumpang berangkat dari Toraja menuju Balikpapan. Dan 28 penumpang tiba di Toraja dari Balikpapan.

Penerbangan pada rute ini rutin setiap hari Jumat dan Minggu. Penerbangan ini terhubung dengan penerbangan ke Tarakan (Kalimantan Utara) dan ke Berau (Kalimantan Timur).

“Semoga rute penerbangan ini semakin mendongkrak pariwisata dan perekonomian di Toraja,” ujarnya.

Bantuan dana sebesar Rp22,5 miliar itu diserahkan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dalam Sidang Umum DPRD Kabupaten Tator sebagai bagian dari 775 tahun Kabupaten Toraja dan 65 tahun Kabupaten Tator pada 31 Agustus 2022.

Dukungan dana diberikan untuk pembangunan infrastruktur objek wisata Ollon untuk memberikan subsidi tiket pesawat rute Toraja-Kalimantan.

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button