Sosper menahan dua anggota Fraksi PPP DPRD Gresik yang bermasalah dengan terminal bus wisata - WisataHits
Jawa Timur

Sosper menahan dua anggota Fraksi PPP DPRD Gresik yang bermasalah dengan terminal bus wisata

Tampilan postingan: 177

BESAR (Kemerdekaan. com) – Dua anggota Fraksi PPP DPRD Gresik, Jawa Timur, Lilik Hidayati dan Khoirul Huda saat Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan (Sosper) Tahap IV Tahun 2022.

Keluhan warga Desa Lumpur, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik yang mengeluhkan bus jemaah yang hendak menuju makam Syeh Maulana Malik Ibrahim tak kunjung tiba di halte yang dijadwalkan.

Sebenarnya lokasi halte yang dibuat dan diatur oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Dengan harapan bisa memecah kepadatan atau kemacetan saat jemaah haji membludak.

“Bus-bus wisata dengan jemaah haji yang ingin ke makam Maulana Malik Ibrahim kini jarang mau ke tempat parkir yang disediakan,” ujarnya saat mengikuti Sosper, Sabtu (23 Juli) di kediaman anggota DPRD Gresik Lilik Hidayati. .

“Meskipun alun-alunnya luas dan banyak pedagang kaki lima, bus jarang masuk. Begitu banyak pedagang di terminal yang mengeluh karena barangnya tidak laku, tidak ada pengunjung. Mohon bapak-bapak dewan, bagaimana solusinya agar para pedagang tidak bangkrut,” ujarnya.

Mendengar pengaduan tersebut, Lilik Hidayati dan Khoirul Huda menegaskan akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Misalnya Kementerian Perhubungan (Dishub) untuk masalah bus dan Disparekrafbudpora Gresik untuk mencari solusi terbaik.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Pak Huda untuk mencari solusi terbaik untuk masalah ini. Karena keberadaan terminal dimaksudkan untuk mendukung wisata religi di Gresik dan meningkatkan perekonomian masyarakat kecil,” kata Lilik Hidayati, digaungkan Khoirul Huda.

“Kalau tidak ada kendaraan yang berhenti atau masuk di terminal bus wisata religi, di mana mereka berhenti? Kami akan mencari tahu dengan meminta penjelasan kepada dinas perhubungan karena ujung makam Syekh Maulana Malik Ibrahim selalu ramai dikunjungi pengunjung atau peziarah dari berbagai daerah,” kata Khoirul Huda.

Foto: Anggota Fraksi PPP DPRD Gresik Jawa Timur, Khoirul Huda Penyelenggara Sosper

“Penetapan lokasi halte wisata dan akses terkait telah diatur oleh Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Peraturan Daerah (Perda). Kemudian ketika terjadi hal-hal yang tidak direncanakan, maka harus ditangani,” ujarnya.

Kepada yang hadir, Lilik Hidayati dan Khoirul Huda menekankan pentingnya masyarakat mengetahui dan memahami seperangkat peraturan daerah (Perda) agar dapat memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu di daerah.

“Peraturan daerah bertujuan untuk mengatur, mengayomi, dan mengayomi hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Jadi kalau ada yang melanggar atau tidak melaksanakan, tentu masyarakat bisa menegur atau melaporkannya ke pihak terkait atau ke kita,” imbaunya.

“Ketika Perda keempat disosialisasikan pada 2022, kami mengumumkan tiga Perda. Yang pertama menyangkut ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Ordonansi kedua menyangkut pemberdayaan masyarakat atas desa mandiri. Dan yang ketiga tentang desa wisata,” lanjut Lilik.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak yang hadir untuk menggunakan regulasi dengan sebaik-baiknya. Terutama peraturan daerah tentang hal-hal yang dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya menjadikan daerah tersebut sebagai daerah tujuan wisata.

“Melalui pembicaraan ini, kami berharap dapat melanjutkan kontak dengan warga lain di daerah untuk diajak mengembangkan desa atau daerah masing-masing menjadi desa wisata. Dampaknya akan mempengaruhi pendapatan ekonomi Anda secara keseluruhan,” jelas Huda.

“Lumpur bisa disebut kawasan wisata karena ada halte wisata. Oleh karena itu, ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

“Tentunya kami akan menindaklanjuti semua permintaan yang diajukan kepada kami. Karena dari masukan warga ini bisa menjadi kemajuan Kabupaten Gresik,” pungkasnya. (lebih)

Diunggah oleh: Muhammad Reno

Source: independensi.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button