Petrokimia Gresik mendukung pengembangan pertanian di Bali dan menjadi salah satu cara untuk mendongkrak magnet pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Petrokimia Gresik mendukung pengembangan pertanian di Bali dan menjadi salah satu cara untuk mendongkrak magnet pariwisata

SURYA.CO.ID, GRESIK – Petrokimia Gresik mendukung program pemulihan Desa Agrowisata Keliki di Gianyar, Bali dengan mengoptimalkan produktivitas pertanian, Jumat (25/11/2022). Diharapkan dengan hasil panen yang melimpah dapat menjadi “magnet” bagi wisatawan.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada minimnya jumlah kunjungan wisatawan selama lebih dari dua tahun.

“Untuk menjadi destinasi wisata, Keliki harus memiliki teknologi pertanian yang modern serta hasil pertanian yang melimpah. Petrokimia Gresik sebagai perusahaan Agro-Industry Solutions akan mendorong Keliki menjadi destinasi wisata dengan meningkatkan produktivitas pertanian,” ujar Dwi Satriyo pada Humas Petrokimia Gresik.

Dwi Satriyo menambahkan, Petrokimia Gresik akan melengkapi sistem pertanian modern yang kini ada di Keliki, yakni sistem irigasi yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energi. Teknologi ini telah menarik minat delegasi G20 untuk berkunjung.

“Dengan cara ini, pengunjung mendapatkan pengetahuan baru, pengalaman pertanian dan memahami hubungan bisnis di bidang pertanian. Jadi tidak hanya sebatas menikmati pemandangan sawah yang indah saja,” terangnya.

Bentuk dukungan yang diberikan Petrokimia Gresik adalah dengan menanam demplot (demplot) tanaman padi di tujuh Subak dengan menggunakan pupuk komersial Petrokimia Gresik.

Tujuh subak yang menjadi daerah percontohan adalah Subak Kambing Tain, Subak Lauh Batu, Subak Uma Keliki Desa, Subak Uma Desa Sebali, Subak Jungut, Subak Malikoda dan Subak Bangmangsidem. “Total luas demplot ini 3,5 hektare,” imbuhnya.

Selain itu, Petrokimia Gresik memberikan dukungan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa tujuh alat penyemprot listrik dan tujuh pompa air kepada tujuh Subak di Desa Keliki untuk menyelesaikan demplot. Bantuan ini bertujuan untuk lebih membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

“Dalam demplot ini, Petrokimia Gresik akan memberikan pendampingan secara menyeluruh. Diawali dengan uji tanah Autoservice untuk mengetahui kandungan unsur hara tanah agar komposisi pupuk lebih akurat. Petrokimia Gresik juga melakukan pemeriksaan pest control,” jelasnya.

Ditambahkannya, pengelolaan demplot ini juga sebagai media edukasi bagi para petani di Keliki agar tidak bergantung pada pupuk bersubsidi karena alokasinya terbatas. Sementara itu, penggunaan pupuk komersial Petrokimia Gresik terbukti dapat meningkatkan hasil panen dan pendapatan petani di beberapa daerah.

“Kami berharap petani Keliki menduplikasi demplot ini sehingga peran pertanian Keliki sebagai agrowisata dengan hasil berlimpah dapat lebih optimal dan menarik minat pihak luar untuk berkunjung,” harap Dwi Satriyo. *****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button