Kaleidoskop Wisata Solo 2022: Magnet MICE pada Pementasan Seni di Kota Budaya - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Kaleidoskop Wisata Solo 2022: Magnet MICE pada Pementasan Seni di Kota Budaya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kontingen Kamboja melintas di depan panggung utama saat parade penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (8/6/2022) malam. APG XI 2022 akan berlangsung mulai 31 Agustus hingga 6 Agustus 2022. (Solopos/Niculous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dipimpin Walikota muda Gibran Rakabuming Raka, Solo terus berkembang dan bergerak positif. Seakan tidak akan pernah mati, event-event di tingkat nasional hingga internasional terus berulang hampir setiap bulan.

Solo tidak hanya semakin dikenal sebagai kota Pertemuan, insentif, kongres dan pameran (MICE), tetapi juga kota acara seni, musik dan olahraga.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Sebut saja konser musik rock Dream Theater yang membekas mendalam, disusul Rock in Solo dan perayaan 3 dekade Dewa 19. Didukung Edutorium UMS yang mampu menampung hampir 10.000 penonton.

Ada juga Asean Para Games 2022, melalui ajang bergengsi ini Solo berhasil membuktikan perkembangan sport tourism yang sebelumnya dibahas sebagai program unggulan.

Keberhasilan event-event tersebut tentunya tidak terlepas dari sinergi dan kerjasama antara Pemerintah Kota Solo, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Solo.

Baca Juga: Menteri Airlangga Ingatkan Gibran Tentang Potensi Kota Solo

BPPD Solo yang diketuai oleh Retno Wulandari sangat serius menginisiasi program-program yang selalu diawali dengan penelitian. Diantaranya Surakarta City branding menuju wisata kesehatandan riset potensi pasar untuk destinasi Solo Raya.

Pengembangan wisata koperasi tentunya juga dilakukan dengan pihak luar. Diantaranya kerjasama dengan BPPD Jatim, BPPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan BPPD Yogyakarta.

Retno menilai ada tiga komponen penting untuk mendorong pengembangan pariwisata di Kota Solo. Ketiganya membentuk atraksi, fasilitas, dan Aksesibilitas.

Satu hal yang terus ia dorong adalah akses, khususnya penerbangan internasional, untuk menarik wisatawan mancanegara. Untuk mewujudkan impian Solo menjadi kota pariwisata.

Berikut agenda wisata di Solo yang cukup berpengaruh selama setahun terakhir:

Baca juga: Penerbangan Langsung ke Solo dari Luar Negeri Dipercepat

Pameran UMKM ke-1 dan pentas Java in Paris
Pameran tunggal dan pentas seni UMKM di pusat perbelanjaan Le BHV Marais, Paris, bertema Java in Paris, Juli 2022.

Wisata kota tunggalKGPAA Mangkunagoro (MN) X (kiri) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di depan Taman Mangkunegaran. (Istimewa/Pura Mangkunegaran).

2. Asean Para Games 2022
Ajang olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara, Juli-Agustus 2022. Diikuti 1.648 atlet dari 11 negara

3. Konser Dream Theater Metal
Konser grup metal asal Negeri Paman Sam di Stadion Manahan, Rabu (10/8/2022). Nikmati ribuan pecinta musik rock dari berbagai kota di seluruh negeri.

4. Seni Pertunjukan Internasional Solo 2022
acara Rutin Kota Solo berlangsung offline 8-10 September 2022 di Benteng Vastenburg.

5. Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48
Solo dipilih sebagai kota tuan rumah Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah. Dari Jumat hingga Minggu (18-20 Desember 2022) hampir 3 juta peserta datang dan bersorak.

Baca juga: Selamat! Inilah para pemenang Lomba Makeover Logo dan Maskot Kota Solo

6. Masjid Agung Sheikh Zayed Solo
Destinasi Wisata Religi di Gilingan, Banjarsari. Peresmian tersebut dihadiri pada Senin (14/11/2022) oleh Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) dan Presiden Joko Widodo beserta jajarannya.

Forum Perdamaian Dunia ke-7 2022
Acara internasional The 8th World Peace Forum (WPF) di The Sunan Hotel Solo, Kamis (17/11/2022). Diikuti oleh tokoh lintas agama dari berbagai negara.

8.TIIWG G20
Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty (G20), awal Juli 2022. Presentasi oleh 39 delegasi dari 39 negara di seluruh dunia.

IWCT ke-9 2022
Ikuti program wellness tourism berupa International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022 di Hotel Alila Solo pada Agustus 2022

10. Taman megah Candi Mangkunegaran
Taman Pracima dibangun di kompleks candi Mangkunegaran Solo dan dijadwalkan selesai pada Desember 2022.

Baca juga: KA Batara Kresna Hadirkan Sensasi Travelling Solo-Wonogiri

11. Atraksi Prajurit Keraton Solo
Atraksi Solo Palace Warriors merupakan objek wisata utama bagi kota Solo. Diadakan setiap akhir pekan di Kompleks Keraton Kasunanan.

12. Kendaraan Wisata Listrik
Wisata Solo dilengkapi dengan keberadaan kendaraan wisata bertenaga listrik yang beroperasi setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

13. Desain ulang logo dan maskot solo
Pemerintah Kota Solo pada Sabtu (12/3/2022) mengumumkan penggantian nama logo Solo The Spirit of Java dan desain maskot Canthik Rojomolo 2022. Logo baru ini bertujuan untuk menjadikan kota Solo lebih fresh, up-to-date, lebih dinamis, lebih kreatif dan lebih modern.

15. Kerjasama lintas daerah
Penandatanganan MoU Pariwisata dengan BPPD Jatim, BPPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan BPPD Yogyakarta.

Baca juga: Gibran: Promosi wisata tanpa penerbangan langsung ke luar negeri percuma

16. Tur Virtual Tunggal 360 derajat
Konsep virtual tour ini berbasis panorama 360 derajat, memberikan anda pengalaman seperti di tempat wisata.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button