Rute menuju kawasan kota tua di Delanggu, Klaten, eks pabrik Goni Sack - WisataHits
Yogyakarta

Rute menuju kawasan kota tua di Delanggu, Klaten, eks pabrik Goni Sack

KOMPAS.com – Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sebenarnya berada di tengah jalan raya Solo-Yogyakarta atau sebaliknya.

Alhasil, jalan raya di Delanggu hampir selalu penuh dengan pengendara, terutama di akhir pekan.

Namun, tidak jauh dari jalan utama, tepatnya di perlintasan Pasar Delanggu, terdapat kompleks bangunan berarsitektur Belanda kuno, sehingga terlihat seperti kota tua.

Baca juga: Ada Kota Tua di Delanggu, Klaten, Ini Tempat dan Sejarahnya

Dikutip dari Kompas.comSabtu (24/12/2022), lingkungan mirip kota tua ini memiliki banyak rumah dengan arsitektur kuno yang sudah lama ditinggalkan.

Rumah-rumah semakin banyak ditumbuhi semak belukar, karena sudah lama tidak dihuni dan dirawat.

Padahal, jalanan di depan rumah-rumah itu beraspal mulus dan penuh dengan kendaraan. Aktivitas di sekitar Lapangan Merdeka Delanggu juga ramai menjajakan aneka jajanan.

Bekas pabrik karung linen di Delanggu, Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bekas pabrik karung goni di Delanggu, Klaten.

Selain rumah kosong, juga terdapat bangunan besar yang sudah lama tidak digunakan, seperti pabrik. Namun di pintu masuk, petugas masih berjaga-jaga.

Menurut Sekretaris Desa Delanggu Heri Sutomo yang lahir pada 1970-an, kompleks bangunan tua itu merupakan bekas pabrik karung goni.

Namun keberadaan karung plastik menyebabkan permintaan karung goni menurun sehingga pabrik harus tutup bahkan sebelum reformasi sekitar tahun 1997.

Baca Juga: Wahana Soko Alas, Wisata Baru di Desa Ponggok Klaten yang Instagramable

Sejak ditutup, hingga saat ini bangunan pabrik dan rumah pekerja tidak berpenghuni sehingga tampak sepi. Lokasi bekas pabrik karung goni saat ini dimiliki oleh perorangan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button