Menteri Desa PDTT RI melantik Bumkalma Puri Mataram Kalurahan Tridadi - WisataHits
Yogyakarta

Menteri Desa PDTT RI melantik Bumkalma Puri Mataram Kalurahan Tridadi

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar, meresmikan Badan Usaha Milik Bersama Desa (Bumkalma) di Puri Mataram, Kalurahan Tridadi, Kabupaten Sleman pada Jumat (18/11/2022).

Halim pun menyampaikan apresiasinya atas capaian Sleman.

Menurutnya, konversi Bumkalma Sleman menjadi bukti bahwa Sleman sedang dalam proses penghematan dana Rp 49,9 miliar yang sebelumnya dikelola tanpa atap yang jelas.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DIY, Bupati Sleman, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda atas upaya percepatan transformasi pengelolaan dana bergulir eks masyarakat PNPM-MPD di Bumkalma, dan Saya harap ini bisa dikembangkan lebih lanjut,” kata Menteri Halim dalam keterangan resmi Pemerintah Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Jangan Cuma Kejar Uang! Mendes PDTT mengingatkan, desa wisata di Yogyakarta juga harus menjaga kelestarian alam

Dalam kesempatan tersebut Mendes PDTT juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 10 Kapanewon atas konversi 100 persen pengelolaan dana bersama eks PNPM-MPD di Bumdes.

Selain itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Emigrasi Republik Indonesia juga menyerahkan Award of Merit to Economy beserta sertifikat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Emigrasi Republik Indonesia Indonesia kepada Bupati Sleman.

Pada kesempatan itu Mendes PDDT didampingi Bupati dan Wakil Bupati Sleman membuka Bumkalma secara simbolis dengan pemukulan gong.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melaporkan seluruh Bupati di Sleman yang berhasil mengalihkan Program PNPM Mandiri Perdesaan ke Bumkalma juga telah mendapatkan legalitas Badan Hukum LKD Bumkalma.

Keberadaan Bumkalma dimaksudkan sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan menampung tenaga kerja dari wilayah Kabupaten Sleman.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi angka kemiskinan di Sleman dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Mendes PDTT Imbau Masyarakat Desa Tidak Bermigrasi ke Kota Saat Listrik Kembali

“Kami berharap keberadaan Bumkalma dapat menjadi kekuatan pendukung dalam pengelolaan berbagai potensi sumber daya yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. “Semoga dengan adanya Bumkalma dapat menyerap tenaga kerja dan menjadi wadah pemberdayaan masyarakat yang sehat, produktif, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman,” kata Kustini.

Selain itu, Kustini juga mengingatkan komitmen seluruh pendukung baik manajemen maupun Panewu kepada Lurah.

Karena keberhasilan Badan Usaha Milik Desa dapat dicapai melalui komitmen yang kuat.

Selain itu, Bupati berharap Bumkalma dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Sleman.

“Semoga dengan komitmen semua pihak, Bumkalma dapat tumbuh, berkembang dan maju di Kabupaten Sleman sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan Kabupaten Sleman,” pungkasnya. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button