Rumah Zakat NU menyelenggarakan kegiatan Manasik Umrah bersama anak yatim piatu - WisataHits
Jawa Timur

Rumah Zakat NU menyelenggarakan kegiatan Manasik Umrah bersama anak yatim piatu

Rumah Zakat NU menyelenggarakan kegiatan Manasik Umrah bersama anak yatim piatu

Rumah Zakat NU bersama Biro Umrah PT Kautsar Wisata melakukan ritual pelaksanaan ibadah umrah bersama anak yatim piatu

READMALANG.COM – Rumah Zakat NU bersama Biro Umrah PT Kautsar Wisata melakukan ritual ibadah umrah bersama anak yatim piatu.

Manasik dilaksanakan di lantai 4 gedung rektorat kampus Universitas Islam Malang (Unisma) yang dihadiri oleh seluruh peserta umrah yakni anak yatim piatu, mitra Rumah Zakat NU dan penggagas Rumah Zakat NU KH Noor Shodiq Askandar. Umrah bersama anak yatim akan dilaksanakan selama 12 hari mulai dari tanggal 04 Februari 2022 sampai dengan tanggal 15 Februari 2022.

Acara manasik diawali dengan kata sambutan oleh penggagas Rumah Zakat NU dan perwakilan Kantor Umrah, PT Kautsar Wisata Malang.

“Umrah adalah undangan dari Allah SWT maka kita termasuk anak yatim yang ditinggal telah diundang oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Jadi, karena Allah sedang mengundang, maka Allah SWT menjamin bagi kita yang pergi dan keluarga yang ditinggalkan. Kami bersama para mitra Rumah Zakat NU nantinya akan mengasuh anak yatim selama umrah. Semoga program ini menjadi berkah bagi seluruh peserta dan panitia yang mengurus semua aspek program umrah,” ujar Pemrakarsa Almshouse NU KH Noor Shodiq Askandar dalam sambutannya.

Sementara itu, perwakilan biro KH Ali Ashari, M.Pd., mengatakan ritual ini nantinya akan mempersiapkan para peserta untuk menunaikan ibadah umrah dengan lancar.

Pihak Umrah mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat NU dan mitranya yang telah mempercayakan kepada pihak Umroh untuk mengawal program umrah anak yatim.

“Ibadah umrah bukanlah pengganti haji, tetapi pahala umrah sama dengan haji yaitu surga. Semoga umrah bersama anak yatim lancar dan semua peserta mendapat kesehatan dan keselamatan,” ujar KH Ali Ashari, M.Pd membuka wisata ritual umrah.

Ritual dilanjutkan dengan penjelasan materi pokok tuntunan manasik umrah, termasuk penjelasan cara memakai baju ihram.

Setelah pokok-pokok materi dijelaskan, seluruh peserta melakukan ritual atau latihan langsung rangkaian ibadah umrah oleh seluruh peserta umrah yang dipimpin oleh KH. Ali Ashari, M.Pd.

Rangkaian ibadah umrah meliputi rukun umrah yaitu: niat/ihram, tawaf, sa’i, tahallul, tertib. Semua peserta melakukan ritual di bawah bimbingan kantor umroh hingga selesai. Acara diakhiri dengan makan bersama seluruh peserta umrah dan panitia.

“Program umrah bersama anak yatim ini merupakan salah satu program besar Rumah Zakat NU dimana kami bisa umrah bersama guru kami Gus Shodiq dan anak yatim piatu. Sebelumnya anak yatim piatu ini telah melalui proses seleksi, sehingga terpilih 9 anak yatim piatu. Kami berharap umrah ini lancar dan membawa manfaat bagi kita semua,” ujar salah satu peserta yang juga merupakan mitra di Rumah Zakat NU sekaligus koordinator kegiatan, Agus Susanto.

Acara ritual berjalan dengan lancar hingga akhir dan diharapkan seluruh peserta dapat menjalankan semua rukun umrah dengan sempurna selama menjalankan umrah.(*/an)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button