Rumah Zakat NU tempatkan manasik umrah bersama anak yatim piatu - WisataHits
Jawa Timur

Rumah Zakat NU tempatkan manasik umrah bersama anak yatim piatu

Rumah Zakat NU tempatkan manasik umrah bersama anak yatim piatu

Tugumalang.id – Rumah Sedekah NU dan Kantor Umrah PT Kautsar Wisata melakukan ritual ibadah umrah bersama anak yatim piatu. Manasik berlangsung di lantai 4 gedung rektorat kampus Universitas Islam Malang (UNISMA).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh peserta umrah yaitu anak yatim piatu, mitra Rumah Zakat NU dan penggagas Rumah Zakat NU yaitu KH Noor Shodiq Askandar (Gus Shodiq). Umrah bersama anak yatim akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 4 hingga 15 Februari 2022.

Acara manasik diawali dengan kata sambutan oleh Pemrakarsa Rumah Zakat NU Gus Shodiq dan perwakilan Kantor Umrah PT Kautsar Wisata Malang.

Beliau mengatakan bahwa umrah adalah undangan dari Allah, maka kita termasuk anak yatim yang berangkat diundang oleh Allah untuk melakukan umrah di Tanah Suci.

“Jadi karena Allah yang undang, maka Allah SWT menjamin kita yang berangkat dan keluarga yang ditinggalkan. Kami bersama para mitra Rumah Zakat NU nantinya akan mengasuh anak yatim selama umrah. Semoga program ini menjadi berkah bagi seluruh peserta dan panitia yang menangani seluruh aspek program umrah,” kata Gus Shodiq dalam sambutannya.

Sementara itu, perwakilan biro KH Ali Ashari MPd mengatakan, ritual ini nantinya akan mempersiapkan para peserta agar bisa menunaikan ibadah umrah dengan lancar.

Dinas Umrah mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat NU dan Mitra yang telah mempercayakan Dinas Umrah dalam pengawasan program umrah anak yatim.

“Ibadah umrah bukanlah pengganti haji, tetapi pahala umrah sama dengan haji yaitu surga. Kami berharap umrah bersama anak yatim lancar dan membawa kesehatan serta keselamatan bagi seluruh peserta,” ujar KH Ali Ashari MPd saat pembukaan wisata ritual umrah.

Ritual dilanjutkan dengan penjelasan materi pokok tuntunan manasik umrah, termasuk penjelasan cara memakai baju ihram.

Setelah pokok-pokok materi dijelaskan, seluruh peserta melakukan ritual atau praktek langsung rangkaian ibadah umrah oleh seluruh peserta umrah yang dipimpin oleh KH Ali Ashari.

Rangkaian ibadah umrah meliputi rukun umrah yaitu: niat/ihram, tawaf, sa’i, tahallul, tertib. Semua peserta melakukan ritual di bawah bimbingan kantor umrah sampai selesai. Acara diakhiri dengan makan bersama seluruh peserta umrah dan panitia.

“Program umrah bersama anak yatim ini merupakan salah satu program besar Rumah Zakat NU dimana kami bisa umrah bersama guru kami Gus Shodiq dan anak yatim piatu. Sebelumnya anak yatim piatu ini telah melalui proses seleksi, sehingga terpilih 9 anak yatim piatu. Semoga umrah ini lancar dan membawa manfaat bagi kita semua,” kata Agus Susanto, peserta dan mitra Rumah Sedekah NU yang juga koordinator kegiatan ini.

Acara ritual berjalan dengan lancar hingga akhir dan diharapkan dalam umrah semua peserta dapat menjalankan semua rukun umrah dengan sempurna.

Penerbit: Herlianto. SEBUAH

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button