Kabupaten Wotansari Gresik kembangkan wisata di Desa Waduk Citani, visit us! - WisataHits
Jawa Timur

Kabupaten Wotansari Gresik kembangkan wisata di Desa Waduk Citani, visit us!

Kabupaten Wotansari Gresik kembangkan wisata di Desa Waduk Citani, visit us!

HELLO.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Wotansari, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur mengembangkan wisata Desa Waduk Citani (Cinta Tani) sebagai kawasan ekonomi.

Dengan investasi awal Rp 300 juta untuk lahan seluas 2.500 meter persegi dengan total luas tiga hektar, Waduk Citani mulai beroperasi pada 24 Desember 2022.

Waduk Citani yang kini menjadi pusat aktivitas warga terutama untuk berwisata dilengkapi 10 paviliun dan perahu yang mengitari waduk, termasuk 10 warung, termasuk Warkop Noni milik BUMDES Giri Asih.

Baca juga: Hari ini aktor berinisial R menjalani rehabilitasi di Lido

Kepala Desa Wotansari Haryono mengatakan mulai mengembangkan kawasan ekonomi desa sebagai pusat kegiatan dan perekonomian pada akhir tahun 2022.

Rencana awal untuk pasar desa, namun setelah berkonsultasi dengan beberapa pihak disepakati pengembangan desa wisata dan lokasinya diputuskan di waduk desa yang disebut Waduk Cinta Petani, disingkat Citani.

Waduk Citani kini telah menjadi kawasan ekonomi desa Wotansari yang akan beroperasi pada akhir 2022 nanti dengan cara yang sederhana, kata Haryono, Senin, 16 Januari 2023.

Baca Juga: Wacana Periodisasi Gadget Desa Muncul Jelang Demo Apdesi di Jakarta, Ini Tanggapan Legislatif dari Jombang

Haryono yang didampingi Sekretaris Desa Wotansari, Kasman menjelaskan, nilai investasi awal berasal dari bantuan dana (BK) dari Pemkab Gresik. BK Pemkab senilai Rp 300 juta akan digunakan untuk menata dan membangun kawasan waduk serta pengadaan paviliun, termasuk pembangunan 10 kios dan pembangunan taman.

“Untuk saat ini luas yang akan dikembangkan masih dibatasi 2.500 meter persegi atau seperempat hektar dari total alokasi kawasan wisata desa sebesar 30.000 meter persegi atau 3 hektar,” kata Hariyono.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button