Roadshow Pemulihan Ekonomi di Karangreja, Sukseskan UMKM - WisataHits
Yogyakarta

Roadshow Pemulihan Ekonomi di Karangreja, Sukseskan UMKM

Roadshow Pemulihan Ekonomi di Karangreja, Sukseskan UMKM

tanpa judul

Krjogja.com – PURBALINGGA – Roadshow Pemulihan Ekonomi Kabupaten Karangreja selama tiga hari di Lapangan Desa Kutabawa membawa berkah bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sejak Sabtu pagi (12/3/2022) hingga Senin sore (12/5/2022), para pedagang yang menjual berbagai produk bernilai tinggi harus bolak-balik mengisi kembali stoknya atau yang disebut Restock. Bahkan tak sedikit yang harus mengisi ulang hingga tiga kali.

“Ada ratusan produk berkualitas dari Kabupaten Karangreja, semuanya laris manis bahkan laris manis dibeli pembeli,” kata Kepala Desa Kutabawa Budiyono di alun-alun desa Kutabawa, Senin (12/5/2022).

Barang-barang yang dipamerkan di sejumlah lapak pada roadshow pemulihan ekonomi tersebut merupakan produk para pelaku UMKM dari desa-desa di Kecamatan Karangreja. Misalnya, UKM dari desa Gondang memberikan sapu Glaga, lukisan dari limbah dan berbagai makanan yang dipanggang.

UMKM di desa Tlahab Lor menjual intan berlian, batik ecoprint, mainan anak berupa miniatur truk dan sapu Glagah. Desa Karangreja menjual madu asli lokal, racikan nanas, aneka keripik dan mainan truk remote control.

Desa Kutabawa terutama menjual barang-barang lokal, seperti Seperti aneka sayur kemasan, aneka tembakau, aneka tanaman hias, aneka sambal, keripik daun labu siam, keripik wortel, keripik bayam, kopi samarantu dan lain sebagainya. Dikenal sebagai surganya nanas, Desa Siwarak ikut serta dalam pelestarian berbagai produk olahan nanas seperti setup nanas, dodol nanas, saos nanas dan sirup nanas.

Desa Tlahab Kidul memiliki produk unggulan batik dan talenan Sumba selain jenang jahe, kerak garing, seblak kering, burung puyuh dan lain sebagainya. Sementara itu, Desa Serang sengaja menimbun berbagai produk olahan stroberi, seperti B.: Keripik Daun Stroberi, Selai Stroberi, Saus Stroberi dan Jus Stroberi serta Kopi Arabika Gunung Malang, Kepiting Bayi dan Tie-Dye Ecoprint.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi yang hadir dalam kegiatan roadshow pemulihan ekonomi di Kutabawa pada Senin sore mengatakan, kegiatan serupa yang sebelumnya digelar di tiga desa lainnya merupakan upaya untuk membangkitkan perekonomian yang sempat terpukul akibat pandemi Covid-19. Roadshow Pemulihan Ekonomi diisi dengan kegiatan mempromosikan produk-produk unggulan.

“Dengan adanya kegiatan seperti itu maka kegiatan ekonomi akan bangkit, akan ada transaksi, dan perekonomian akan kembali bangkit,” katanya

Roadshow ini juga menampilkan program pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Purbalingga. Meliputi stimulus bagi kelompok UMKM, kelompok tani dan pelaku pariwisata, skema pasar murah dan skema kartu prakerja Purbalingga. Pada Roadshow Pemulihan Ekonomi Kutabawa, Bupati Tiwi menyerahkan Kartu Prakerja Purbalingga gelombang ketiga kepada mereka yang sudah tidak bekerja tetapi sudah mendapatkan pelatihan untuk terjun ke dunia usaha di Purbalingga.

“Mereka yang tadinya menganggur kini mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Seperti tiga roadshow pemulihan ekonomi sebelumnya, Bupati juga meresmikan renovasi warung sebagai bagian dari program Dandan Warung. Program unggulan Dinperindag menyasar para pemilik toko dari kalangan kurang mampu.

“Hari ini juga ada bazaar sembako senilai Rp 75.000 yang dijual seharga Rp 25.000 untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya,” kata bupati Tiwi. (Rusia)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button