Rinjani Color Run 2022 masuk dalam kalender pariwisata tahunan Lombok Timur - WisataHits
Jawa Tengah

Rinjani Color Run 2022 masuk dalam kalender pariwisata tahunan Lombok Timur

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab) telah menjadikan kegiatan Rinjani Color Run (RCR) 2022 yang diprakarsai oleh Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Biro Nusa Tenggara Barat, sebagai kalender pariwisata tahunan daerah.

Kegiatan itu sendiri berlangsung pada 20 Agustus 2022 dan diikuti sekitar 1.000 peserta, ditambah 5.000 peserta minum kopi dari Sembalun atau kaki Gunung Rinjani.

“Acara RCR ini akan kami jadikan event tahunan bagi daerah kita sebagai salah satu sport tourism,” kata Sekretaris Daerah Lombok Timur HM Juaeni Tofik dalam rapat panitia memperingati HUT RI ke-77 Tingkat Kabupaten Lombok Timur tahun 2022, di Selong, Jumat.

Taufik mengatakan, Pemkab Lotim mendukung penuh acara ini dan merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut HUT Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada 31 Agustus mendatang.

“Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati HUT Lotim, begitu juga dengan acara yang akan kita selenggarakan di kemudian hari,” ujarnya.

“RCR bukan sekedar lomba lari, peserta dan masyarakat umum diajak minum kopi sembalun bersama Kemenparekraf Pak Sandiaga Salahudin Uno di ketinggian 1.056 meter di atas permukaan laut,” ujarnya.

Diharapkan dengan hadirnya event ini dapat memberikan dampak positif bagi dunia pariwisata dan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kaki Gunung Rinjani dan Lombok Timur.

“Semoga acara RCR ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal di kawasan Rinjani, khususnya warga Sembalun pascapandemi COVID-19,” ujar Tofik.

Kadispar Lotim Iswan Rahmadi menambahkan, Pemkab Lombok Timur siap mengakomodir kebutuhan panitia RCR untuk membantu menyukseskan acara tersebut.

“Kami siap memenuhi segala kebutuhan panitia RCR di lapangan, toh acara ini juga bertujuan untuk menggairahkan dunia pariwisata yang sempat vakum akibat pandemi COVID-19,” ujarnya.

Ini bukan sekedar bentuk dukungan pemerintah daerah, lanjut mantan Camat Sembalun, termasuk menambahkan RCR ke dalam kalender acara tahunan daerah setempat, seperti Sembalun KOM, Rinjani 100K, festival tenun, festival Dulang dan masih banyak lagi.

Lanjut membaca

“Oleh karena itu kami menantang kesediaan para panitia, kami akan memasukkan RCR ini sebagai event tahunan di daerah kami. Siap menyelenggarakan acara ini lagi tahun depan, kami menunggu konfirmasi dari Kepala Biro LKBN Antara NTB Pak Riza Fahriza yang menggagas RCR,” kata Iswandi.

Semakin banyak peristiwa yang terjadi di suatu daerah, semakin menunjukkan bahwa masyarakat setempat semakin maju dan memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh.

“Bagus, semakin banyak acara yang berlangsung di sini, itu menjadi nilai tambah bagi daerah. Artinya mengangkat perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata,” kata Iswandi.

Selain itu, acara ini digelar dalam rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT RI ke-77 dan HUT Lombok Timur. “Saya mengajak seluruh masyarakat Lombok Timur, termasuk warga Sembalun, untuk mensukseskan dan mendukung acara RCR ini,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor LKBN Antara NTB Riza Fahriza mengatakan, tujuan acara ini tak lain untuk menggairahkan dunia pariwisata dan sektor UMKM di NTB. Selain itu, hingga 5.000 peserta akan menikmati kopi Sembalun bersama di acara ini.

“Ingat, dengan peserta hingga 5.000 orang, kopi ini tidak hanya untuk peserta kompetisi, tetapi juga untuk masyarakat umum. Artinya, semua orang bisa bergabung dan minum kopi khas Sembalun,” kata Riza.

“Kita semua tahu bahwa keindahan alam di NTB luar biasa, tidak ada yang bisa menandinginya. Seperti surga yang dikirim ke bumi. Apalagi dengan Gunung Rinjani,” ujarnya.

Setidaknya, menurut Riza, event ini akan menjadi ikon sport tourism bagi Lombok Timur. “Bahwa ada juga Color Run di Gunung Rinjani setiap tahun sehingga wisatawan lokal, nasional dan internasional memiliki program tahunan untuk Pulau Lombok,” jelasnya.

Sebagai bagian dari acara juga akan ada pameran UMKM dari sektor makanan dan kerajinan.

Pengunjung juga akan menikmati kopi dan hiburan musik mulai dari modern hingga tradisional.

Acara ini berlangsung pada Sabtu 20 Agustus 2022. Sejauh ini, lebih dari 700 peserta telah mendaftar untuk mengikuti RCR 2022.

“Yang mendaftar tidak hanya dari Pulau Lombok, tapi dari berbagai daerah di Indonesia. Yakni dari Bandung, Jakarta, Depok, Malang, Bali, Yogya dan Surabaya,” ujarnya.

Peserta dijamin akan terpukau dengan pemandangan indah yang siap memanjakan mata para peserta.

“Oleh karena itu kami memfokuskan kegiatan kami di Sembalun, Rinjani adalah ikon NTB dan penjualan kami dilakukan di acara Rinjani. Kalau orang menyebutnya Rinjani, orang pasti tahu Lombok,” ujarnya.

Perlu diketahui, peserta kompetisi ini berasal dari sejumlah turis asing. Mereka juga mendaftar untuk Rinjani Color Run dan menikmati lari santai di ketinggian 1.056 meter di atas permukaan laut.

“Bules juga ikut, jadi kami bukan tuan rumah. Selain itu, saya mohon kepada seluruh masyarakat Lombok Timur dan khususnya masyarakat Sembalun atas dukungannya untuk kesuksesan bersama RCR ini,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Antusias Sambut Rinjani Color Run ANTARA NTB 2022

Baca Juga: Pemkab Lombok Timur Dukung ‘ANTARA NTB-Rinjani Color Run 2022’

Baca Juga: Pemprov NTB Dukung Rinjani Color Run ANTARA NTB 2022

Baca Juga: Menparekraf Dibuka, ANTARA NTB Gelar “Rinjani Color Run 2022”

Source: id.berita.yahoo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button