Pantai Goa Cina Malang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Goa Cina Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Terkenal dengan udara segar dan sejumlah wisata alam yang menarik, kota Malang kerap menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Jika Anda menjelajahi Malang bagian selatan, Anda dapat menemukan sejumlah wisata bahari, salah satunya yang dikenal dengan Pantai Goa Cina. Apa yang membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi? Berikut ulasannya.

Atraksi Pantai Goa China

Aktivitas Pantai Goa China di MalangKredit gambar: Google Maps Andik Jaya

Sebelum mengunjungi suatu tempat wisata baru, sudah sewajarnya pengunjung mengetahui daya tarik utama yang wajib dikunjungi oleh tempat tersebut. Namun tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi pantai Goa Cina karena wisata bahari ini memiliki segudang keindahan alam yang tidak akan terlupakan. Dijamin setelah melihatnya, perasaan betah dan tidak ingin pulang pun akan semakin terasa.

Terkenal sebagai pantai dengan sumber daya alam yang masih terjaga dengan baik, inilah salah satu daya tarik pantai yang indah ini. Bahkan pengunjung bisa melihat air laut yang terlihat jernih dan bersih, bercampur lembut dengan gemerisik pasir yang merdu. Sejak kita menginjakkan kaki di sana, angin sepoi-sepoi akan menyambut Anda dengan gembira sambil membawa perasaan segar.

Air lautnya yang jernih bahkan tampak berpadu sempurna dengan warna putih berkilau dari pasirnya yang bersih. Untuk melengkapi hari indah Anda, jangan lupa untuk menjelajahi pantai yang dilengkapi dengan pohon cembrit dan ketapan. Dijamin kehadiran pepohonan rindang ini, mampu menghadirkan kesan sejuk dan segar. Selain itu di tempat yang sama, pengunjung juga bisa melihat deretan tebing-tebing indah di pinggiran pantai.

Daya tarik lainnya datang dari arus laut yang cukup kencang, mengingat arusnya sendiri melintasi tiga arah sekaligus. Ketiga arus tersebut berasal dari timur, barat dan selatan yang kemudian berbenturan saat melintasi pulau Nyonya dan Bantengan. Akibat benturan ketiga arus itu, terdengar suara gemuruh yang keras bahkan dari jauh.

Arusnya cukup kuat, wisatawan tidak diperbolehkan berenang terlalu jauh dari bibir pantai karena takut mengancam keselamatan jiwa. Meski tidak diperbolehkan berenang, wisatawan diperbolehkan bermalam dengan membangun tenda. Jika Anda memang ingin melakukannya, jangan lupa untuk menyiapkan segala keperluan seperti perbekalan selama berada di sana.

Tidak hanya bermain air atau pasir, ternyata di tempat ini wisatawan juga berkesempatan untuk mempelajari sejarah pantai yang indah dan unik ini. Karena sebelum disebut Pantai Goa Cina, dulunya pantai ini bernama Pantai Rowo Indah. Namanya mulai berubah ketika seorang biksu dari Tiongkok datang ke tempat itu pada tahun 1930, yang menjadikan tempat itu sebagai tempat pertapaan.

Bahkan dari kejauhan, ada sebuah gua yang akan menjadi pertapaan biksu. Tragisnya, biksu itu tidak pernah meninggalkan tempat kejadian dan dinyatakan meninggal ketika hanya tulangnya yang ditemukan. Di dalam pertapaan tersebut juga terdapat tulisan Cina di setiap dinding gua dan sebuah mangkuk sebagai pelengkap.

Tarif dan Rute Masuk Pantai Goa China

Jalan Pantai Goa China ke MalangKredit gambar: Google Maps lemah

Pantai indah ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda bisa menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda berangkat dari kota Malang, silahkan arahkan kendaraan ke Malang Selatan yang mengarah ke Gadang dan terus ke Bululawang.

Jika sudah melewati Bululawang, lanjutkan perjalanan menuju Turen dan Dampit hingga sampai di Sumber Manjung Wetan. Selama perjalanan, pengunjung dijamin tidak akan bosan sama sekali meski cukup jauh dari pusat kota. Pasalnya, pemandangan sekitar memang memanjakan mata, apalagi saat tiba di Desa Druju yang menawarkan pegunungan kapur sebagai daya tarik utamanya.

Saat melihat sebuah jembatan besar bernama Bajulmati, kemungkinan besar perjalanan panjang ini akan segera berakhir. Bukan sekedar jembatan, karena jembatan yang menghadap ke muara laut ini memiliki desain yang unik. Panjangnya sekitar 80 meter, sedangkan lebarnya sendiri sekitar 20 meter yang dibagi menjadi dua jalur. Karena keunikannya, tak jarang tempat ini dijadikan sebagai spot favorit untuk berfoto.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, pengunjung akan dikenakan tiket masuk yang cukup user friendly. Hanya perlu membayar sekitar 5000 per orang, Anda sudah bisa menikmati deburan ombak yang terlihat jernih dan bersih sampai puas. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, biasanya akan ada biaya tambahan parkir kendaraan khusus sekitar 5.000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai di Goa China

Aktivitas pantai Goa China MalangKredit gambar: Google Maps Hasan Ny

Meski arus airnya cukup kuat dan berbahaya, hal ini bukan alasan untuk tidak mengunjunginya. Pantai indah ini pun sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, meski sangat disayangkan tidak bisa berenang terlalu jauh ke tengah laut, karena tidak diperbolehkan berenang, wisatawan selalu bisa melakukan serangkaian aktivitas menarik selama liburan. tinggal.

Melakukan olahraga pantai merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan untuk membunuh kebosanan. Beralih dari voli pantai ke sepak bola bisa dilakukan tanpa masalah, karena pantainya cukup luas untuk melakukan kegiatan ini. Saat malam tiba, pantai yang dulunya merupakan taman bermain akan berubah menjadi hostel dengan banyak tenda berjejer.

Tentu, berkemah merupakan aktivitas seru lainnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan. Dengan berkemah selama satu malam, Anda akan merasa lebih dekat dengan alam sambil menikmati pantai dengan nuansa yang berbeda. Pengalaman camping dijamin mungkin ada momen yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Hanya saja wisatawan harus menyiapkan segala keperluannya sendiri untuk bisa bermalam di sana.

Perjalanan tidak akan lengkap tanpa mencicipi kelezatan kuliner khas yang ada di kawasan wisata tersebut. Demi memuaskan perut yang keroncongan, untungnya wisatawan tidak perlu membawa bekal hingga keesokan harinya. Karena di sini sudah tersedia sederet warung yang menawarkan berbagai makanan ringan hingga berat yang bisa memuaskan rasa lapar dan dahaga. Berkat fasilitas tersebut, wajar jika wisatawan merasa lebih nyaman di sana.

Selain mencicipi langsung kuliner di lokasi, ternyata Anda juga bisa membeli berbagai oleh-oleh berupa ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Harga dan jenis ikan yang ditawarkan cukup bervariasi, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan budget Anda. Tak perlu khawatir, secara keseluruhan ikan tersebut dijual dengan harga yang terjangkau. Selain ikan, Anda juga bisa membeli jajanan olahan ikan sebagai alternatif.

Akomodasi di dekat Pantai Goa China

Goa China Beach Inn MalangKredit gambar: Google Maps Wahyu Ardianto

Meski sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, sayangnya masih belum ada hotel atau penginapan sejenis di daerah terdekat. Dengan kata lain, menghabiskan malam dengan mendirikan tenda adalah pilihan terbaik ketika ingin melihat keindahan alamnya lebih terpuaskan. Agar lebih menarik, tak ada salahnya mengajak teman terdekat untuk berkemah bersama sambil menikmati hidup lebih dekat dengan alam.

Jika Anda benar-benar tertarik untuk bermalam, pastikan untuk mengemas semua perlengkapan karena masih belum tersedia persewaan tenda di lokasi ini. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan segala keperluan terlebih dahulu agar penginapan tetap berjalan sesuai rencana semula. Saat berkemah, Anda tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan Anda, karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

Fasilitas yang tersedia di China Goa Beach

Fasilitas Pantai Goa China di MalangKredit gambar: Google Maps hafizh 6154

Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas yang dinilai cukup lengkap untuk memenuhi segala kebutuhan wisatawan. Dari kamar mandi, mushola hingga warung makan yang menawarkan berbagai makanan ringan dan berat, bisa ditemukan dengan mudah. Fasilitasnya cukup lengkap, pengunjung yang ingin berkemah tidak perlu khawatir karena kebutuhannya bisa terpenuhi dengan baik.

Wisata bahari seakan tidak pernah mati, bahkan Malang memiliki sejumlah pantai yang indah, salah satunya bernama Pantai Goa Cina. Namanya semakin terkenal, berkat keindahan alamnya yang luar biasa dan sayang untuk menghilangkannya. Tak jarang kawasan wisata ini dijadikan sebagai tempat berburu foto cantik kekinian. Lokasinya juga dekat dengan pantai lain sehingga cukup mudah ditemukan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button