Sandiaga Uno mensyaratkan transportasi untuk industri pariwisata harus aman - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga Uno mensyaratkan transportasi untuk industri pariwisata harus aman

Sandiaga Uno mensyaratkan transportasi untuk industri pariwisata harus aman

JAKARTA, KOMPAS.com- Industri pariwisata sangat erat kaitannya dengan sektor transportasi yang berperan aktif dalam memobilisasi wisatawan.

Saat Anda berkendara dengan aman, Anda menciptakan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Hal ini tentunya mengacu pada transportasi darat seperti sepeda motor, mobil dan juga bus yang sering dijadikan sebagai mobilitas masyarakat untuk bepergian.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, transportasi memegang peranan penting untuk menuju berbagai destinasi wisata, sehingga harus diperhatikan dari faktor keamanan, perlindungan dan kenyamanan.

Baca Juga: Tol Batang-Semarang Terendam Banjir, Jasa Marga Ambil Alih Penanganan

“Kami berharap penyelenggaraan jasa transportasi dapat memberikan pengalaman berwisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi wisatawan. Tentunya kami juga berharap pengelola destinasi bisa menciptakan hal serupa,” ujar Sandiaga seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (1/1/2022).

Oleh karena itu, Sandiaga mengatakan bahwa dukungan berbagai pihak sangat diperlukan untuk bersama-sama menjamin keselamatan wisatawan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan transportasi dan perjalanan wisata.

Kemudian dia juga mengimbau kepada wisatawan untuk menggunakan jasa angkutan wisata yang memiliki izin resmi dan aman untuk dikendarai.

Perusahaan travel juga harus memperhatikan keselamatan wisatawan dengan rutin mengecek unit angkutan yang ada, memperhatikan perizinan yang ada, memperhatikan jumlah penumpang agar tidak melebihi kapasitas, serta waspada terhadap perubahan cuaca dan mengindahkan peringatan dari Federal. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sehubungan dengan bencana alam.

Ilustrasi Bali macet di jalanan saat liburan tahun baru.SHUTTERSTOCK/BHAKTI DHARMA PRAYOGI Ilustrasi Bali macet di sederet jalan saat liburan tahun baru.

Baca juga: Perjalanan Jauh, Waspadai Microsleep

“Selain itu, pengelola destinasi wisata juga harus menyediakan tempat istirahat yang memadai bagi para pengemudi angkutan wisata. Kemudian pemerintah daerah, asosiasi, dan pengguna angkutan wisata membantu memantau penerapan standar manajemen keselamatan transportasi di angkutan wisata dan melaporkannya kepada pihak berwajib jika terjadi pelanggaran,” kata Sandiaga.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button