Ridwan Kamil vs Ganjar Pranowo, Siapa yang Paling “Selera” Gen Z dan Milenial? - WisataHits
Yogyakarta

Ridwan Kamil vs Ganjar Pranowo, Siapa yang Paling “Selera” Gen Z dan Milenial?

INDOZONE.ID — Pemilihan presiden tahun 2024 (Pilpres) masih tinggal hitungan tahun lagi, namun pergerakan para politisi yang diharapkan ikut memperebutkan kursi pertama di negeri ini telah lama menjadi “perang” di media sosial.

Tujuan mereka tidak lain untuk menarik perhatian Gen-Z dan Milenial yang sangat dekat dengan media sosial, terutama Instagram dan TikTok, serta media sosial lainnya seperti YouTube, Line hingga Twitter.

Dari beberapa calon yang namanya mulai mencuat dan diperkirakan akan mencalonkan diri atau dipromosikan sebagai calon presiden pada 2024, bisa dikatakan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil paling rajin pop up. media sosial.

Apa yang dikatakan Gen Z?

Bima Febriyanto, 20, mahasiswi Universitas Gunadarma mengaku tidak mengenal kedua tokoh tersebut, hanya mengetahui bahwa mereka adalah tokoh politik. Sesekali ia melihat postingan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di media sosial.

Namun pada dasarnya Bima tidak terlalu tertarik dan mengikuti isu politik, meski sering melihat aktor politik di situs media sosial seperti Instagram atau TikTok.

“Sejujurnya saya tidak terlalu mengikuti politik dan mungkin saya tidak peduli siapa yang menjadi Presiden Republik Indonesia setelah Jokowi. Saya yakin siapa pun yang akan menjadi presiden pasti akan melakukan yang terbaik,” katanya indozoneSelasa (9/8/2022).

Baca juga: Ilustrasi membuat pangsit mini yang hanya dianggap mainan tapi hasilnya mengejutkan

Sama seperti Bima, Safira Meidina (21) kurang tertarik dengan isu politik. Namun, dia mengaku mengenal Ganjar dengan baik, terutama Ridwan Kamil.

“Saya sering melihat dia (Ridwan Kamil) tampil seperti ini di media sosial. Apalagi kemarin, setelah kejadian anaknya tenggelam, lebih tahu sosoknya,” kata Safira.

Ia pun tertarik dengan konten yang dibawakan Ridwan Kamil karena dinilai sudah diterapkan oleh anak muda.

“Isinya menarik dan kreatif. Ia juga mengikuti tren di Citayam Fashion Week kemarin. Jadi saya lihat dia masih punya jiwa muda,” ujarnya.

Apa kata akademisi milenial?

indozone Coba juga minta pendapat akademisi milenial, seperti: B. Indah Suryawati, dosen Universitas Budi Luhur yang pernah melakukan penelitian tentang popularitas tokoh politik yang berpeluang maju pada Pilpres 2024.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Jogja Yang Lagi Hits Tahun 2022

Memimpin hasil penelitiannya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan nama akun @ridwankamil yang pertama kali mengunggah foto ke Instagram pada 14 April 2012, dengan jumlah pengikut mencapai 14 juta, diikuti hingga 4.469 dan diposting hingga 7.114 (Instagram, 18 Juli 2021).

“Sedangkan Ganjar dengan nama akun @ganjar_pranowo berada di posisi ketiga. Dia pertama kali mengunggahnya ke Instagram pada 29 Oktober 2015 dengan total 3,6 juta pengikut,” jelasnya indozoneSenin (8/8/2022).

Sementara itu, Irmawati Oktavianingtyas, seorang pascasarjana di Universitas Sahid, menilai Ridwan Kamil tampak lebih dekat dan memiliki “rasa” Gen Z dan milenial. Karena ketika Ridwan Kamil membuat konten, lebih kepada Gen-Z.

Soal Ganjar, menurutnya konten yang ditampilkan terlalu dipaksakan dan lebih ke Blusukan meniru gaya Presiden Jokowi, dan menurutnya itu bukan milik kaum milenial, apalagi Gen-Z.

“Sepertinya Ridwan Kamil lebih Gen-Z dan Milenial. Dia pandai membuat konten dan memiliki lebih banyak eksposur ke Gen-Z dan Milenial.

hasil polling

hasil survei indikator politik Indonesia terbaru sangat berbeda dengan lembaga survei lainnya. Indikator tersebut menempatkan Prabowo di urutan kelima, sementara lembaga survei lainnya menempatkan Prabowo di urutan pertama.

Indikator mengatakan sampel mereka sangat berbeda dari lembaga lain. Indikator tersebut hanya menggunakan sampel kelompok usia 17-21 tahun, yang jauh lebih sempit dibandingkan lembaga survei lain yang menggunakan sampel usia 17 tahun ke atas tanpa batasan usia atas (Suara Indonesia, 2021).

Temuan ini juga ditegaskan oleh IPO (Indonesian Political Opinion) yang tidak menentukan batasan usia, namun hingga 97% lebih akurat dibandingkan lembaga survei umum. IPO menemukan lima kandidat teratas Anies Baswedan (15,8%), Ganjar Pranowo (12,6%), Sandiaga Uno (9,5%), Ridwan Kamil (7,9%) dan Agus Yudhoyono (7,1%). Dengan kenaikan 5,7%, Prabowo hanya menempati urutan keenam.

Jadi Anda Gen-Z dan Milenial, jika Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil benar-benar mencalonkan diri sebagai capres 2024, siapa yang akan Anda pilih?

Artikel menarik lainnya:

Lawan politik agama, PSI “ancam” kadernya, kalau mendukung Anies akan terjadi seleksi alam!

Pada tanggal 18 Agustus, Realme Pad Mini siap menebarkan pesonanya di Indonesia

Tidak Jadi Tertunda, iPhone 14 Dirilis Lebih Cepat?

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button