Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong yang direvitalisasi - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong yang direvitalisasi

PORTALJABAR, KOTA DEPOK – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong yang dihidupkan kembali di Desa Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Lahan seluas 8,25 hektar itu kini memiliki fasilitas umum yang aman, nyaman dan menyenangkan. Fungsi lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemda) Jawa Barat untuk menampilkan ruang publik yang berkualitas bagi warga.

“Kami berupaya menyediakan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya kami hadirkan hari ini,” kata gubernur.

Sebelum kebangkitan kembali, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai pengairan sawah dan pemancingan warga.

Perubahan fungsi kawasan juga membuat danau ini kurang menarik. Kini, Rawa Kalong menjadi tempat populer bagi warga Depok karena memiliki bangunan aula, “floating deck”, “vertical garden”, taman untuk lansia, pedestrian street, area UMKM dan fasilitas lainnya.

“Dulu aksesnya sulit, sekarang mudah. Ada alun-alun kecil yang terapung di atas air, sangat instagramable dan membuat warga Depok senang,” ujarnya.

Gubernur mengatakan, yang istimewa dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi adalah adanya “jalan setapak” terapung dan alun-alun kecil di tengah danau.

Warga dapat menggunakan inovasi yang belum banyak digunakan di Indonesia ini untuk membuat ekspresi mode atau “fashion show”. Syaratnya, warga menjaga ketertiban dan kebersihan serta mematuhi aturan Pemkot Depok.

“Inovasi yang paling penting adalah panggung yang mengapung di atas air, tidak banyak di Indonesia,” kata gubernur.

“Warga dipersilakan untuk berekspresi dalam bentuk apapun, yang penting menjaga ketertiban dan kebersihan. Entah itu lomba lukis, pameran rajut, peragaan busana atau apalah, asalkan bagus dan sesuai aturan di Kota Depok. ” dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur dan Walikota Depok, Mohammad Idris, menjajal fasilitas floating deck didampingi selebritis, Bonge Cs.

Gubernur memastikan fasilitas di Situ Rawa Kalong akan terus dilengkapi, misalnya dengan menambah bangku dan kamera pengintai di sejumlah titik.

“Anggarannya terkena dampak Covid-19 jadi nanti yang kurang seperti bank akan ditambah CCTV sampai akhirnya siap,” ujarnya.

Direvitalisasi sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp 20 miliar selama tiga tahun, Pemprov Jabar mendesain Situ Rawa Kalong tidak hanya sebagai ruang publik tetapi juga sebagai destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok.

“Total anggarannya Rp 20 miliar, uang rakyat harus dikembalikan ke rakyat,” katanya.

Keistimewaan Kota Depok sendiri dibandingkan dengan kota lainnya adalah banyaknya telaga atau telaga. Lokasi lain di Kota Depok sedang direvitalisasi secara bertahap.

“Ini bukan yang pertama kali, yang lain kita perbaiki secara bertahap. Banyak yang kita buat untuk warga Depok tercinta, seperti “underpass” Dewi Sartika, masjid di Margonda, hingga tujuh muara yang sedang kita rancang,” imbuhnya.

Source: jabarprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button