Ridwan Kamil membuka Wisata Situ Gede di Kota Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil membuka Wisata Situ Gede di Kota Bogor

Ridwan Kamil membuka Wisata Situ Gede di Kota Bogor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan destinasi wisata Situ Gede di Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil meresmikan salah satu Danau Situ Gede di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Salah satu destinasi wisata milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ini sedang direvitalisasi dengan anggaran Rp 7 miliar.

“Silakan manfaatkan Situ Gede yang sudah direvitalisasi provinsi dengan biaya Rp 7 miliar untuk mendongkrak ekonomi pariwisata,” kata Emil, Kamis (19/1/2023).

Situ Gede merupakan danau alami di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Puslitbang). Setelah direvitalisasi, Situ Gede kini memiliki seluncuran air, jalur jogging, rest area, dan warung kuliner di sekitar danau.

“Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat khusus ini, dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena masyarakat yang berwisata ke Kota Bogor memiliki niat kuliner dan wisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat penduduknya yang memiliki danau seperti ini,” ujarnya.

Menurut Emil, masih banyak danau atau telaga di Jabar yang perlu diperkuat fungsional dan potensi lainnya. Ia berharap peresmian Situ Gede dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Politisi Golkar itu juga berpesan kepada Wali Kota Bogor untuk memperkuat dan meningkatkan potensi wisata di Situ Gede. “Titipkan ke wali, aktifkan, hidupkan kembali kegiatan Agustus, Cap Go Meh, semua yang berhubungan dengan air perahu naga dan lain-lain. Saya rasa itu akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa karena airnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Ahmad Sidik mengatakan, dengan tercapainya kesepakatan tersebut, Pemprov Jabar yakin kawasan itu bisa meningkatkan jumlah wisatawan. Karena letak Situ Gede yang dekat dengan kota, maka kawasan pendidikan seperti IPB University dan akses jalan juga mudah diakses.

Dijelaskannya, Situ Gede merupakan gabungan dari danau-danau di sekitarnya yang terletak di Desa Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Diantaranya adalah Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya penghematan sumber daya air dan pengendalian banjir.

“Ruang lingkup pekerjaan TA 2021 di lokasi ini meliputi pekerjaan persiapan, tempat parkir, jalur pejalan kaki, plaza, jogging track, gerbang, landscape, shelter, toilet, mushola, tempat swafoto, sumber air (perbaikan lereng situ dan pengerukan/normalisasi jalan). Situ Gede),” tutupnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button