Kunjungi Bendungan Ciawi Karya, Ridwan Kamil ingatkan fungsi bendungan sebagai tempat wisata - WisataHits
Jawa Barat

Kunjungi Bendungan Ciawi Karya, Ridwan Kamil ingatkan fungsi bendungan sebagai tempat wisata

Bogor (pilar.id) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proyek bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Senin (25 Juli 2022). Kunjungan Ridwan ke bendungan kering pertama di Indonesia ini untuk memastikan pembangunan bendungan pengendali banjir Jakarta berjalan sesuai rencana.

Bendungan yang digarap PT Brantas Abipraya itu ditargetkan selesai akhir tahun ini dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Keberadaan bendungan ini diyakini bisa menjadi solusi untuk mengatasi banjir yang selalu melanda DKI Jakarta, terutama saat musim hujan.

“Ya, Bendungan Ciawi berbeda dengan bendungan lain, bendungan ini nantinya berfungsi sebagai waduk penampung air karena bendungan ini tidak memiliki turbin atau pintu air dan hanya tergenang saat musim hujan. Saat musim kemarau bendungan ini akan mengering,” kata Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, dalam siaran persnya, Selasa (26/7/2022).

Ia menambahkan, bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki kapasitas volume air 6,05 juta meter kubik dan luas dataran banjir 39,40 hektar.

Ini akan memungkinkannya untuk mengendalikan dan mengurangi banjir hingga 111,75 meter kubik per detik. Oleh karena itu diharapkan bendungan ini mampu menahan dan mengendalikan kelebihan air pada saat curah hujan tinggi.

Anas mengatakan, keberadaan Bendungan Ciawi akan mengurangi banjir di pintu air Manggarai di Jakarta Pusat sebesar 11,9 persen. Bendungan yang bertujuan untuk mengurangi limpasan banjir di Jakarta dengan menghalangi aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum mencapai Bendungan Katulampa yang bermuara di Sungai Ciliwung, bendungan kering ini tidak hanya digunakan sebagai penahan banjir, tetapi juga digunakan sebagai penahan banjir. sebagai Situs yang melayani konservasi sumber daya air.

Lokasinya yang berada di Ciawi, Bogor juga akan menjadikan Bendungan Ciawi sebagai destinasi wisata potensial di Jawa Barat. Bendungan ini akan dilengkapi dengan spot selfie dan jalur jogging untuk pembangunannya.

Tentu hal itu sesuai dengan harapan Ridwan Kamil. Sesampainya di tempat tersebut, ia meminta agar bendungan tidak hanya menjadi sarana pengendalian bencana alam banjir. Ia juga diminta menjadi objek wisata alam yang kekinian atau instagramable. (HDL)

Source: www.pilar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button