Buaya kembali dilepasliarkan di Taman Wisata Seribu Akar Jepara - WisataHits
Jawa Tengah

Buaya kembali dilepasliarkan di Taman Wisata Seribu Akar Jepara

Buaya kembali dilepasliarkan di Taman Wisata Seribu Akar Jepara

Jepara: Seekor buaya milik objek wisata Seribu Akar di Desa Plajan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah telah dilepasliarkan. Buaya sepanjang 2,5 meter itu diketahui sudah tidak ada lagi di kolam penangkaran pagi tadi, Jumat 27 Januari 2023.

Pengelola objek wisata Akar Seribu Priyatin mengatakan, buaya itu dilepas karena kandangnya rusak. Kerusakan itu disebabkan oleh seekor buaya yang melepaskannya dua hari lalu.

“Itu benar, seekor buaya melarikan diri. Lebih kecil dari kemarin. Kandangnya rusak dan kami tidak sempat memperbaikinya, dan tadi malam hujan sangat deras, airnya meluap,” kata Priyatin.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Buaya itu ditangkap kembali di objek wisata tidak jauh dari kandang. Penangkapan itu dilakukan oleh Dinas Pariwisata dengan dukungan warga sekitar.

“Buaya-buaya itu dievakuasi oleh penjaga wisata dan penduduk setempat. Tidak jauh, sekitar 50 meter dari kandang,” kata Priyatin.

Hingga kini, Priyatin belum melaporkan pelepasan buaya tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pihaknya memutuskan untuk mencari pihak selanjutnya yang ingin menitipkan buaya tersebut. Termasuk keinginan untuk dipercaya oleh buaya lain yang berada di rumah Priyatin.

Priyatin berargumen bahwa BKSDA pun tidak memiliki pusat penitipan buaya. Seperti diberitakan dua hari lalu, pihaknya meminta bantuan BKSDA untuk mencarikan loker sebenarnya harus membayar biaya.

“Kemarin mereka ditempatkan di Kebun Binatang Semarang. Saya sendiri menghabiskan Rp 1 juta. Itu mahal,” kata Priyatin.

Priyatin berharap ada orang di tempat yang cocok untuk merawat kedua buaya tersebut. Terutama daerah sebelah agar Priyatin tidak perlu mengeluarkan kocek besar lagi.

(WHS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button