Pantai Katembe, pesona pantai eksotis yang diselimuti legenda di Buton - WisataHits
wisatahits

Pantai Katembe, pesona pantai eksotis yang diselimuti legenda di Buton

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Madongka, Kec. Lakudo, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pantai Katembe merupakan salah satu pantai yang memiliki sertifikat sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Buton Tengah yang banyak menarik perhatian wisatawan. Berbagai jenis legenda tentang pantai ini juga menambah daya tariknya bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Konon, pada suatu ketika ada seorang ibu yang melompat ke laut di Pantai Katembe dan meninggalkan anak-anaknya di sana. Kemudian sang ibu berubah menjadi putri duyung. Dalam beberapa bulan, pantai ini diperkirakan akan dilintasi oleh beberapa putri duyung.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai legendaris ini, berikut akan dibahas lebih detail mengenai atraksi, fasilitas, aktivitas menarik, dll. terkait dengan kisaran ini.

Atraksi Pantai Katembe

Aktivitas di Pantai KembbeKredit gambar: Google Maps Saya Instan

1. Memiliki pasir dua nada

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan wisatawan saat mengunjungi pantai adalah pasirnya. Di Pantai Katembe, Anda akan menemukan pasir two-tone. Anda akan menemukan pasir putih dan pasir merah muda di sini. Keindahan ini tentu sulit ditemukan di tempat lain.

Hamparan pasir putih di sini panjangnya sekitar 1,5 km. Partikelnya yang sangat halus membuat pasir ini nyaman di kulit. Namun di beberapa bagian pantai, pasir putihnya akan tampak berwarna merah muda.

Gradasi warna yang indah inilah yang membuat sebagian wisatawan sangat suka berada di kawasan tersebut. Bahkan ada yang tidak segan-segan membawa pulang sebotol pasir sebagai hiasan di rumahnya atau sebagai oleh-oleh.

Pasir pantai yang bertekstur lembut pasti akan aman saat digunakan untuk beraktivitas. Seperti bermain pasir, bermain voli pantai, atau mungkin sekedar bersantai dengan duduk dan berbaring di atasnya. Pasirnya juga sangat aman untuk anak-anak, karena memang Anda tidak akan menemukan pecahan karang yang tajam dan berbahaya.

2. Air di pantai ini sangat jernih

Daya tarik selanjutnya yang juga dimiliki pantai ini adalah air pantai yang terlihat jernih. Selain jernih, air di pantai ini juga sangat bersih. Karena Pantai Katembe merupakan tujuan wisata yang relatif baru, tempat ini belum terlalu populer.

Sedangkan kelestarian alamnya juga masih terjaga luas. Ombak di pantai ini juga tergolong sedang dan kecil, karena berada di perairan Selat Buton. Jika dilihat dari kejauhan, air di pantai ini akan memiliki warna yang sangat indah.

Gradasi warna yang terjadi secara alami dari laut disebabkan oleh arus di perairan pantai. Namun demikian, air di pantai ini benar-benar aman dan tidak akan menyebabkan iritasi atau alergi.

Objek wisata milik Pantai KatembeKredit gambar: Google Maps Dwi Awani

3. Ada sumur legendaris

Tidak hanya legenda putri duyung saja, namun di pantai Katembe ini ada legenda lain yang tak kalah menarik untuk diikuti. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, di pantai ini terdapat sebuah sumur yang sudah sangat tua dan berisi air tawar. Air dari sumur juga selalu mengeluarkan air dan tidak pernah mengering meski di tengah musim kemarau.

Bagi warga sekitar, sumur ini menjadi berkah, apalagi saat musim kemarau. Sumur ini juga menjadi salah satu daya tarik, sehingga membuat Anda ingin datang. Tak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk melihat sumur dan mencicipi airnya.

4. Ada deretan pohon kelapa yang rindang

Saat Anda mengunjungi Pantai Katembe, Anda akan menemukan banyak pohon kelapa yang tumbuh berjejer di tepi pantai. Pohon kelapa membuat pemandangan menjadi indah, dan suasana pantai juga tampak rindang dan sejuk. Anda juga bisa mencicipi kelapa dengan membelinya dari pengelola.

Karena pantai ini terletak di daerah pedesaan, pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan yang unik yang begitu asri. Hal itu pula yang membuat banyak wisatawan betah berlama-lama di pantai. Apalagi bagi yang berasal dari kota besar dan jarang bisa merasakan suasana pedesaan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KetembeKredit gambar: Google MPas Yusuf Informatika

Pantai Katembe terletak di desa Madongka. Jaraknya hanya sekitar 10 km dari ibu kota Kabupaten Buton di Sulawesi Tenggara. Bagi Anda yang berangkat dari pelabuhan, selanjutnya harus menempuh jarak sekitar 30 km untuk mencapai lokasi pantai.

Sedangkan bagi Anda yang menuju ke luar kota, di sini Anda hanya perlu mengikuti jalan lurus ke selatan. Untuk memudahkan mencari lokasi pantai, Anda bisa mengandalkan Google Maps. Nantinya, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diarahkan oleh peta Google.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai KetembeKredit gambar: Google Maps Huda Dee

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Katembe memang luar biasa. Namun, meskipun pantai ini begitu indah dengan segala pesonanya, harga tiket untuk mengunjungi wisatawan hanya Rp 5.000 untuk orang.

Namun, nantinya Anda juga harus membayar biaya parkir. Jika Anda datang ke pantai saat tidak ada penjaga yang jaga, nantinya Anda tidak akan dikenakan biaya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kembbe

Aktivitas di Pantai Kembbe PantaiKredit gambar: Google Maps Arifin Maulid Allex

1. Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Katembe adalah snorkeling. Dengan melakukan aktivitas tersebut tentunya Anda bisa menikmati keindahan yang terhampar di bawah laut pantai.

Ombak lautnya yang begitu tenang tentunya pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang hobi snorkeling. Selain itu, pemandangan bawah lautnya juga sangat kaya dan beragam. Anda akan melihat pemandangan terumbu karang yang begitu indah.

Kelestarian di kawasan pesisir masih sangat terjaga, hal ini juga karena pantai ini merupakan destinasi wisata baru. Masih banyak terumbu karang yang masih utuh.

2. Bersantai sebagai keluarga

Saat Anda mengunjungi pantai ini bersama keluarga, Anda juga bisa bersantai. Pasirnya sangat luas dan landai sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat piknik. Anda dapat menikmati makanan yang Anda bawa dari rumah.

Pantai katembe juga memiliki area berumput. Anda bisa memilih tempat ini untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan deburan ombak.

3. Berenang

Seperti dijelaskan di atas, ombak yang dimiliki pantai ini cenderung tenang dan kecil. Tentunya akan sangat menunjang aktivitas renang. Anda tidak perlu khawatir tersapu ombak saat berenang di sekitar pantai.

Di tempat ini Anda juga bisa bermain air bersama anak dan keluarga. Tidak sedikit wisatawan yang bermain bola atau voli pantai di tempat ini.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantai KetembeKredit Gambar: Google Maps Nirwana Buton Villa

1. Pantai Calista

Rekomendasi akomodasi pertama bagi Anda yang ingin bermalam di suatu tempat di dekat Pantai Katembe adalah Calista Hotel Beach. Tarif untuk hotel ini berada di kisaran Rp 300.000. Dengan menginap di hotel, Anda pasti akan menikmati berbagai fasilitas mewah.

2. Vila Tombol Nirvana

Fasilitas yang disediakan oleh hostel ini adalah tempat parkir yang cukup aman, resepsionis 24 jam, Wi-Fi gratis dan masih banyak lagi. Untuk bisa menginap di tempat ini, harga kamar bervariasi mulai dari Rp 400.000.

3. Resor Matahari Terbenam Bau Bau

Dibandingkan dengan 2 hostel lainnya, hostel ini cenderung lebih murah. Tarif kamar mulai dari 200 ribu. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti parkir yang cukup luas, Wi-Fi gratis, AC, dll.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area pantai KembbeKredit gambar: Google Maps Huda Dee

Fasilitas Pantai Katembe memang tidak selengkap tempat lain. Hal ini dikarenakan pantai ini masih tergolong baru. Oleh karena itu, pemberdayaan wilayah pesisir belum tercapai secara optimal.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena keindahan alamnya sudah cukup memuaskan Anda. Selain itu, terdapat gazebo yang dibangun di area pantai, sehingga bisa digunakan bagi Anda yang ingin bersantai.

Selain itu, untuk fasilitas lain di pantai terutama berupa ruang ganti dan toilet. Dengan fasilitas tersebut tentunya sebagai pengunjung Anda akan merasa nyaman dan tidak akan terganggu selama melakukan berbagai aktivitas di pantai. Ruang ganti yang disediakan juga cukup banyak, jadi di sini Anda tidak perlu khawatir antre.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Pantai Kembe di Buton Tengah yang perlu kamu ketahui. Bagi yang saat ini sedang mencari tempat wisata seru dengan pemandangan yang unik, anda bisa mencoba mengunjungi pantai ini. Daya tarik yang disuguhkan pantai ini memang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Dijamin Anda tidak akan menyesal saat berkunjung ke pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button