Republik Ceko Terpesona Wisata di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Republik Ceko Terpesona Wisata di Jawa Tengah

Gubernur Ganjar Pranowo bersama Konsulat Republik Ceko. (Berita Murian/Istimewa)

Murianews, Semarang – Pemerintah Republik Ceko telah menyatakan minatnya untuk kerjasama di bidang pariwisata di Jawa Tengah. Sejauh ini, Republik Ceko telah menjalin kerja sama dengan Jawa Tengah di bidang pendidikan.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian adalah pariwisata di Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara. Duta Besar Republik Ceko di Indonesia sebelumnya telah mengunjungi Karimun Jawa.

“Dan dia mengatakan itu adalah tempat yang luar biasa. Fantastis. Oleh karena itu beliau ingin menjalin kerjasama di bidang pariwisata dengan Jawa Tengah,” kata Konsul Kehormatan Republik Ceko di Semarang Daniel Budi Setiawan.

Hal tersebut disampaikan dalam acara serah terima Konsul Kehormatan Republik Ceko Semarang pada Jumat (11/11/2022) di Padma Hotel Semarang. Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Hermawan Kertajaya.

Lebih dari 40.000 turis Ceko datang ke Bali setiap tahun. Dengan menjalin kerjasama bidang pariwisata dengan Jawa Tengah, diharapkan pariwisata di Jawa Tengah akan terus berkembang.

“Tempat-tempat wisata eksotik di Jawa Tengah seperti Karimunjawa, Borobudur dan lainnya bisa menjadi favorit mereka,” katanya.

Baca: Soal Wadas, Ganjar Dapat Catatan Positif dari DPR RI

Selain pariwisata, kerjasama di bidang pendidikan juga akan lebih ditingkatkan. Juga kerjasama kesehatan dan lain-lain.

“Ceko memiliki peralatan medis canggih yang dapat dikerahkan di Jawa Tengah, memungkinkan layanan kesehatan menjadi lebih maju dan canggih,” tutupnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Republik Ceko merupakan negara yang penting untuk kerjasama. Banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dengan kolaborasi ini.

“Ada juga banyak warga negara kita. Bahkan, saya punya teman di Ceko yang berasal dari Banjarnegara dan sekarang tinggal di sana,” katanya.

Ceko Ganjar terus dikenal di bidang pendidikan. SMK negeri sudah maju dengan baik.

Ganjar juga menyambut baik minat Ceko menjalin kerja sama di bidang pariwisata. Karena banyak destinasi wisata di Jawa Tengah yang kini sudah dibuat sangat menarik.

“Duta besar dibawa ke Karimunjawa dan tertarik. Kami memiliki banyak poin, kami hanya harus menawarkan mana yang kami inginkan. Termasuk kerjasama di bidang lain, ada industri, kesehatan, pendidikan, budaya dan lain-lain, kita punya semuanya. Nanti kita tawarkan, terserah mereka minatnya di mana,” pungkasnya.

Reporter: Ali Muntoha
Penerbit: Ali Muntoha

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button