Karnaval Malam Borobudur Malam ini, ribuan orang 'tumpah' di jalanan - WisataHits
Jawa Tengah

Karnaval Malam Borobudur Malam ini, ribuan orang ‘tumpah’ di jalanan

Magelang

Ribuan orang memadati jalur yang dilalui Borobudur Night Carnival (BNC) pada Sabtu malam (27 Agustus). Orang-orang di BNC sudah lama menunggu setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

pemantauan Detik Jawa TengahKarnaval Malam Borobudur dimulai sekitar pukul 20.10 WIB. Peserta berasal dari 20 desa di kabupaten Borobudur dan 10 daerah dari kabupaten/kota Jawa Tengah.

Karnaval Malam Borobudur dimulai dari Kujon Square dan kemudian melewati Jalan Mendang Kawulan. Pasukan Paskibraka menjadi grup pembuka, disusul oleh kontingen dari Kota Semarang yang membawakan tarian Warak Ngendog.

Sesampainya di panggung utama di depan Kantor Kecamatan Borobudur, masing-masing peserta melakukan performance sekitar 5 menit.

Menyusul pementasan tari Warak Ngendok, kontingen dari Kabupaten Pemalang menampilkan pesona kain goyor. Kontingen Kabupaten Banjarnegara kemudian disusul Tari Kidung Serayu dan Kabupaten Demak dengan Dadung Awuk.

Penampilan di panggung utama Borobudur Night Carnival di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu malam (27/8/2022).Penampilan di panggung utama Borobudur Night Carnival di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu malam (27/8/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Setelah itu, peserta melanjutkan perjalanan hingga berakhir di area pasar atau Terminal Borobudur. Camat Borobudur Subiyanto mengatakan Borobudur Night Carnival sudah menjadi agenda tahunan sejak 2018.

“Acara Borobudur Night Carnival telah ditunda selama dua tahun karena pandemi. Ini untuk mengembangkan daya tarik wisata malam (di Borobudur) dan lama menginap (wisatawan di kawasan Borobudur),” kata Subiyanto dalam sambutannya, Sabtu (27/8) malam.

“Peserta Borobudur Night Carnival ini terdiri dari 11 delegasi dari kabupaten/kota,” ujarnya.

Subiyanto menambahkan, dalam suasana pandemi COVID-19, NBC kali ini dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya adalah peserta harus sudah mendapatkan vaksinasi booster.

Karnaval Malam Borobudur tahun ini bertemakan Gumebyaring Ratri Ing Bumi Borobudur. Acara ini diikuti oleh peserta dari instansi pemerintah, 20 desa di Kabupaten Borobudur dan 10 daerah di Jawa Tengah.

Kesepuluh wilayah tersebut antara lain Kabupaten Demak, Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pemalang, Kota Semarang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Cilacap.

Tonton video Busana Candi Borobudur untuk Memperingati Hari Arkeologi
[Gambas:Video 20detik]
(dil/saya)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button