Terpesona Karimunjawa, Ceko Minat Kerjasama Pariwisata dengan Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Terpesona Karimunjawa, Ceko Minat Kerjasama Pariwisata dengan Jawa Tengah

semarang

Sekitar 40.000 warga Republik Ceko mengunjungi Indonesia setiap tahun. Negara ini menaruh minat pada Jawa Tengah dan bahkan menjadi negara pertama yang memiliki konsul kehormatan di Jawa Tengah, tepatnya di kota Semarang.

Konsul Kehormatan Republik Ceko di Semarang Daniel Budi Setiawan mengatakan Jawa Tengah memiliki banyak potensi, termasuk pariwisata. Beberapa destinasi bisa menjadi destinasi wisata bagi warga Republik Ceko.

“Sejauh ini, 30.000 hingga 40.000 orang telah melakukan perjalanan ke Bali dari Republik Ceko. Jateng bukan seperti Bali tapi ada properti yang dijual,” kata Daniel usai acara serah terima Konsul Kehormatan Republik Ceko dari Hermawan Kartajaya kepada Daniel di Padma Hotel Semarang, Jumat (11/11/2022) malam.

“Tempat-tempat wisata eksotis di Jawa Tengah seperti Karimunjawa, Borobudur dan lainnya bisa menjadi referensi mereka,” tambahnya.

Daniel menjelaskan, Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecec, tertarik menjalin kerja sama terkait pariwisata di Jawa Tengah setelah mengunjungi sejumlah destinasi di Indonesia.

“Dia berada di resor Karimunjawa dan Kura-Kura dan saya bertanya bagaimana kesannya, fantastis dan menakjubkan. Oleh karena itu, diharapkan akan dibangun jalan tol Semarang-Jogja, Jogja-Solo, kemudian ada penerbangan lanjutan dari Bali.“Mungkin destinasi wisata di Jawa Tengah akan terus berkembang,” jelas Daniel.

Kerjasama telah terjalin dengan Czech Republic, untuk Jasa Tengah sendiri kerjasama dapat dilakukan terkait pendidikan dan kesehatan melalui transfer teknologi.

“Republik Ceko punya alat kesehatan yang canggih, sehingga bisa digunakan di Jawa Tengah, sehingga pelayanan kesehatan bisa lebih maju dan canggih,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Republik Ceko saat ini menjadi negara pertama yang memiliki konsulat kehormatan di Semarang. Dengan banyak kerjasama yang saling memungkinkan, bisa menarik negara lain untuk membuka kantor di Jawa Tengah.

“Kami di Semarang berkantor di Graha Siba di Jalan Ki Mangunsarkoro,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Republik Ceko merupakan negara yang penting untuk kerjasama. Di sana banyak warga negara Indonesia dan kerjasama di bidang pendidikan sangat menarik dalam hal sekolah kejuruan.

Selengkapnya di halaman berikutnya…

Tonton Video Kisah Korban Banjir Bandang di Semarang, Properti Terjual Habis
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button